GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

CUAN Bersama Gojek Lewat Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda

Hai, Mitra Usaha! Selamat datang di CUAN! Ini merupakan Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda dengan ragam informasi bermanfaat yang bisa dipkratikkan secara langsung, demi memajukan usaha. 

Lewat berbagai artikel dan video yang dapat diakses secara GRATIS, Anda bisa dapatkan ilmu tentang pentingnya transaksi cashless demi kenyamanan pembayaran, kiat kembangkan usaha dengan produk berkualitas, pentingnya pencatatan laporan penjualan otomatis, dan masih banyak lagi kiat-kiat menarik lainnya untuk kembangkan usaha langsung dari pelaku usaha dengan cerita suksesnya.

Pasti sudah tidak sabar, kan? Yuk, simak Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda berikut ini!

CUAN: Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda

1. Kopi Toko Djawa: Tumbuh Pesat Berkat Pelanggan Setia

Bagi Alvin Januardi, pemilik Kopi Toko Djawa, usaha yang dirintisnya ini dapat tumbuh dengan pesat berkat para pelanggan setianya. Berbekal kualitas kopi yang selalu konsisten dan dipertahankan, pelanggan pun tak segan untuk kembali datang. Bhakan, mereka membawa pelanggan-pelanggan baru ke kedainya ini.

“Satu gelas kopi di tempat kami, di Kopi Toko Djawa, saya lihat sebagai suatu kepercayaan. Apalagi dengan banyaknya coffee shop baru di Indonesia yang mungkin setiap minggu bertambah. Maksudnya, walau kita sama-sama kedai kopi, tapi Toko Kopi Djawa ingin bikin level kopinya spesial. Mungkin itu yang bikin kami beda dengan toko kopi lainnya,” ujar Alvin.

Cari tahu bagaimana Kopi Toko Djawa dapat secara konsisten mencuri hati pelanggan dengan membaca artikel selengkapnya di sini.

2. Percetakan Bintang Sempurna: Penuhi Permintaan Pasar dengan Sederet Inovasi

Bermula dari dua mesin fotokopi di tahun 1989, kini usaha percetakan Bintang Sempurna semakin sering berinovasi. Laurensius, penerus usaha keluarga ini, mulai melirik permintaan pelanggan dan tertantang untuk mewujudkannya.

“Dari fotokopi, kami pelan-pelan beralih ke dunia printing, ke dunia cetak, dan sampai saat ini, kami memiliki beberapa divisi. Fotokopi sebagai cikal bakal kami. Kami juga punya divisi large format untuk pencetakan materi yang besar-besar, seperti spanduk dan billboard,” katanya.

Selain berinovasi pada layanan dan berinvestasi pada mesin, usaha ini juga menggandeng berbagai komunitas dan universitas, serta berkolaborasi dengan para pelaku kreatif.

Ayo, cari tahu lebih lanjut bagaimana Bintang Sempurna melancarkan strategi bisnis mereka agar terus jadi andalan konsumen!

3. Klinik Holistik DOA: Ciptakan Pelanggan Loyal Lewat Hal Sederhana

Di Indonesia, pengobatan alternatif masih banyak dicari, salah satunya adalah akupuntur yang mampu membantu penyembuhan banyak pasien. Adalah Klinik Holistik DOA yang dimiliki oleh dr. Dita dan dr. Nesya, yang juga jadi andalan para pelanggan dengan berbagai keluhan.

“Kalau layanan di klinik kami, hanya tersedia pengobatan akupunktur. Tidak ada obat, tidak ada konsultasi di luar penanganan akupunktur itu sendiri. Akupuntur bisa untuk kecantikan, berbagai penyakit, untuk berhenti merokok, bahkan program hamil,” ucap dr. Nesya.

Apa yang membuat para pelanggan ingin kembali dan kembali lagi? Rupanya, usaha ini memberikan pngobatan gratis bagi siapa saja yang membutuhkan setiap hari Jumat, lho! Di sisi lain, dr. Dita dan dr. Nesya juga tak selalu mengejar keuntungan. Mereka lebih ingin para pasien mereka kualitas hidupnya dapat meningkat.

Tak cuma itu, Klinik Holistik DOA juga memperlakukan pasien mereka selayaknya keluarga sendiri. Sesederhana menghargai mereka, menjalin komunikasi dengan baik, bahkan mengirim bingkisan kecil ketika pasiennya berulang tahun. Inspiratif, ya!

4. Ayam Geprek Klinik Rasa: Berani Resign, Berani Sukses

Resign dari pekerjaan utama kadang terdengar menakutkan. Selanjutnya mau bekerja apa, bagaimana agar tetap bisa menghasilkan pendapatan, dan sebagainya. Namun, kecemasan tersebut justru dijadikan motivasi bagi Sri Prihatin untuk membuka usahanya sendiri, Ayam Geprek Klinik Rasa.

Perjalanan awal usahanya tak selalu mulus. Sri harus menumpang di dapur dan meminjam alat-alat masak kepunyaan adiknya, bahkan menerima orderan langsung di teras rumah sang adik.

Berkat ketekunan dan semangat tanpa henti, Ayam Geprek Klinik Rasa berkembang cukup pesat. Kini, ia pun berhasil membuat dapurnya sendiri, bahkan membuat usah abaru bernama Kopi Bestie by Klinik Rasa.

Ayo, ambil inspirasi kisah sukses Ayam Geprek Klinik Rasa dalam menjalankan usaha dari nol hingga mampu membuka usaha baru lainnya!

5. Pancong Ruang Rasa: Banting Setir ke Bisnis F&B Bermodal Nekat

Bermodal nekat karena melihat adanya peluang dalam usaha kuliner, Amri, pemilik Pancong Ruang Rasa pun mencoba peruntungannya.

“Sebenarnya saya tidak punya basic di F&B, masak nggak ngerti, tapi kalau business analyst, product development, saya ngerti. Saya nggak punya experience untuk masak sesuatu yang enak aja. Jadi saya panggil orang yang bisa masak, untuk ngajarin dan bantu untuk develop produknya,” ujar Amri.

Kini, warkop pancongnya makin terdengar di mana-mana. Namun, kata siapa tak ada kendala yang menerpa ketika menjalani usaha?

Di tengah situasi bisnis yang naik-turun, ia pun mencoba beradaptasi agar usahanya ini tetap bisa bertahan. Misalnya, ia mulai memperbanyak varian menu, mengatur jam operasional guna memangkas biaya-biayata yang tak perlu, hingga menyiapkan berbagai strategi promosi.

Simak tips lain bagaimana Pancong Ruang Rasa terus beradaptasi agar bisnisnya tetap dapat hasilkan profit yang diharapkan.

6. Mie Ayam Ceker Afiq: Dari Usaha Gerobakan sampai Punya Ruko Sendiri

Tips Menjalankan Usaha Mie Ayam Ceker Afiq

Roziqin memulai usaha mie ayam gerobak keliling sejak tahun 2015. Namun siapa sangka, karena nekat menyewa ruko dengan teman bisnisnya, juga memutuskan untuk bergabung sebagai Mitra Usaha Gojek, mampu membawanya pada penjualan yang pesat.

Dengan usaha yang gigih, pelan-pelan ia membangun usahanya, bahkan hingga sudah memiliki karyawan untuk bantu berjualan. Namun, namanya juga menjalankan usaha, ada saja tantangannya, termasuk mencatat keuangan penjualan.

Apa yang dilakukan Roziqin untuk mempermudah operasional usahanya? Temukan jawabannya dengan baca artikel tentang Mie Ayam Ceker Afiq, ya!

7. Toteles Bake House: Strategi Jitu Jangkau Banyak Pelanggan

Toteles Bake House 2

Sebelum mendirikan toko kue Toteles Bake House, awalnya Risyanto berjualan donat kentang dengan gerobak. Selama menjalankan usaha, ia pun banyak memperhatikan kompetitornya. Di saat toko kue lain hanya menyediakan produk berdasarkan jumlah pesanan, Toteles Bake House malah menyediakan sekitar 50 jenis kue tradisional yang bisa didapatkan pelanggan dari pagi sampai malam.

Tak heran, Toteles Bake House jadi salah satu toko kue andalan yang banyak dicari pelanggan di Batam. Usaha ini pun punya strategi jitu bagaimana menarik pelanggan lama dan mempertahankan pelanggan baru. Intip kisahnya dengan baca artikel Toteles Bake House, yuk!

8. Waroeng Steak & Shake: Tingkatkan Loyalitas Karyawan Bantu Majukan Perkembangan Usaha

Waroeng Steak & Shake

Pernah tidak dapat omzet sama sekali di awal perintisan usaha, tak membuat Waroeng Steak & Shake menyerah. Sekarang, usaha ini bahkan sudah memiliki 87 cabang di berbagai kota di Indonesia, lho! Apa sih, rahasianya?

Darwoto selaku Marketing Manager PT Waroeng Steak Indonesia membocorkan, manajemen karyawan yang baik adalah salah satu kunci sukses usaha ini. Tak heran banyak karyawan yang sudah bekerja lama di sini.

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana membuat karyawan lebih loyal terhadap usaha Anda? Pastikan Anda membaca kisah Waroeng Steak & Shake, ya!

9. Tian Sen Reflexology & Acupressure: Andalkan Pembayaran Nontunai, Cepat dan Aman!

Tian Sen Reflexology & Acupressure

Tiada usaha yang dapat berjalan mulus tanpa tantangan. Pandemi COVID-19 yang merajalela nyatanya juga berimbas pada Tian Sen Reflexology & Acupressure. Akan tetapi, usaha jasa ini punya strategi jitu. Salah satunya adalah dengan mengandalkan pembayaran nontunai yang terbukti lebih praktis, cepat, dan aman.

Apakah usaha Anda sudah menerapkannya juga? Tak apa jika belum, yuk simak cerita usaha Tian Sen Reflexology & Acupressure dan ambil ilmunya sekarang!

10. Diamond Dental Care: Utamakan Keamanan Pelanggan dan Karyawan Saat Pandemi

cara daftar gobiz plus - diamond dental care - pembayaran nontunai gojek

Bagi usaha kesehatan apa pun, termasuk klinik gigi, pasti mengutamakan keamanan pelanggan dan juga para karyawan, apalagi di masa pandemi.  Diamond Dental Care yang berlokasi di Bogor ini pun harus mencari cara supaya karyawannya dapat memberikan layanan terbaik sehingga para pelanggan pun merasa nyaman dan mau terus kembali ke kliniknya.

Mau tahu bagaimana usaha ini memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan? Jawabannya ada di sini.

11. Muslimah Maryam Salon: Berani Investasi pada Teknologi Pembayaran

Berinovasi bisa menjadi salah satu cara agar bisnis terus maju dan dikenal masyarakat secara luas. Muslimah Maryam Salon pun tak segan untuk berinvestasi pada teknologi yang akan memudahkan usahanya untuk membuat laporan penjualan secara otomatis, juga menyediakan pembayaran digital melalui satu perangkat serba bisa seperti GoBiz PLUS.

Apa manfaat lain GoBiz PLUS dan bagaimana layanan ini juga bisa memajukan usaha Anda? Muslimah Maryam Salon membocorkannya untuk Anda di artikel ini.

12. KLINBAR Koin Laundry: Pentingnya Manajemen Karyawan demi Berikan Layanan Terbaik

Berencana untuk membuka usaha laundry Anda sendiri? Tenang, KLINBAR Koin Laundry punya 3 tips praktis yang bisa Anda coba, nih! Setelah itu, ada hal lainnya yang perlu Anda perhatikan juga, misalnya memberikan pelatihan kepada karyawan, sampai melakukan manajemen karyawan agar mereka pun bisa memberikan layanan terbaik.

Jennifer, pemilik KLINBAR Koin Laundry sudah membocorkan rahasianya di artikel ini. Sudah membacanya?

13. Miss Poe Viet Eatery: Pembayaran Cashless Sama-Sama Bikin Penjual & Pelanggan Happy

Menurut Ernawati Poedjiono, pemilik sekaligus kepala dapur sentral Miss Poe Viet Eatery, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuka usaha kuliner. Apa saja? Mulai dari modal usaha, lokasi yang strategis, menu-menu pilihan, hingga pemasok bahan baku terbaik.

Tak lupa, penting baginya untuk bisa merambah penjualan online agar target pasar semakin luas. Tentunya, dengan dilengkapi oleh pembayaran cashless yang manfaatnya pun sudah dirasakan sendiri oleh Erna.

“Enak deh, jadi customer juga happy, kita juga happy. Sama-sama win-win solution,” kata Erna.

Dapatkan inspirasi lebih banyak tentang bagaimana mengelola usaha kuliner lewat perjalanan Erna dalam membangun Miss Poe Viet Eatery, yuk!

14. Apotek PHARM 24: Lewat Kritik dan Masukan, Mampu Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Boleh dibilang, kritik dan masukan pelanggan adalah bahan bakar bagi usaha untuk terus maju dan berkembang, tak peduli apa tantangan yang dihadapi. Hal itu pulalah yang membuat Apotek PHARM 24 ini senantiasa bertahan.

Siapa sangka, dari kritik dan masukan yang didapat, usaha yang berlokasi di Yogyakarta ini mampu berikan pelayanan yang optimal dan solutif. Bahkan, sampai bisa meningkatkan kepuasan para pembeli, lho! Tak heran, apotek ini selalu ramai dikunjungi pelanggan setia!

Simak artikel ini untuk tahu bagaimana cara lain untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

15. Danke Cafe: Seimbangkan Pekerjaan Utama dengan Bisnis Kedai Kopi

Menyeimbangkan antara pekerjaan utama dan kesibukan berbisnis memang bukan hal yang mudah. Namun, bukan berarti ini tak mungkin! Yuk, sontek pengalaman sukses Ngurah Bagus Jayantha dalam membangun Danke Cafe di Bali.

Selain belajar dari buku dan menemukan mentor yang tepat, usaha ini dapat bertahan lantaran inovasi yang dilakukan, hingga menggunakan teknologi tepat yang mampu mendukung perkembangan bisnis.

Cari tahu bagaimana pemilik Danke Cafe tetap dapat menjalankan profesi utamanya, sekaligus mengembangkan bisnisnya hingga sekarang di sini!

Bagaimana, inspirasi usaha apa saja yang sudah Anda dapatkan? Semoga dapat bermanfaat bagi kemajuan usaha Anda, ya. Pastinya, jangan lupa untuk selalu manfaatkan berbagai produk dan layanan Gojek, mulai dari GoPay, GoBiz PLUS, GoFood, dan banyak lainnya!

Semoga sukses!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Mie Ayam Bangka Bintaro, Mentor GoFood yang Mentransformasi Bisnis Keluarga Tradisional jadi Digital

Mie Ayam Bangka Bintaro, Mentor GoFood yang Mentransformasi Bisnis Keluarga Tradisional selengkapnya

Mau Dapatkan Transaksi Pertama dan Bikin Usaha #JadiMAJU?

Halo Partner GoFood! GoFood Anda baru aktif? Selamat, Anda sudah mengambil langkah awal selengkapnya