GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Mie Ayam Ceker Afiq: Transaksi dan Pembukuan Lebih Praktis bersama Layanan Gojek

Mie Ayam Ceker Afiq: Transaksi dan Pembukuan Lebih Praktis bersama Layanan Gojek – Pada 2015, Roziqin memulai usaha dengan berjualan mie ayam gerobak keliling. Awalnya, tidak pernah terpikir oleh Roziqin untuk meningkatkan skala usaha dengan cara menyewa ruko. Sampai akhirnya, beberapa teman menyarankan agar Roziqin bergabung dengan layanan Gojek untuk Mitra Usaha. 

Setelah mengikuti layanan Gojek tersebut, tingkat penjualan mie ayam Roziqin meningkat sehingga ia memutuskan untuk menyewa ruko seharga Rp15 juta bersama rekan bisnisnya. Pada 2018, barulah ia membuka ruko Mie Ayam Ceker Afiq dengan modalnya sendiri.

Lalu, apa saja tantangan yang dihadapi Roziqin saat memulai usaha tersebut? Yuk, simak kisahnya!


Awalnya Sepi Pembeli, Lama-Lama Bisa Sewa Ruko Sendiri

Membangun usaha memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Inilah yang dialami Roziqin saat memulai usaha Mie Ayam Ceker Afiq. Berbekal pesan sang ayah agar lebih memilih usaha ketimbang bekerja pada orang lain, Roziqin pun membulatkan tekad untuk berjualan mie ayam ceker.

Ide usaha tersebut datang setelah ia melakukan riset kecil-kecilan tentang jenis makanan yang belum dijual oleh pedagang lain di sekitarnya. Saat itu, ia melihat mie ayam ceker sebagai peluang usaha yang unik dan berbeda dengan pedagang mie ayam lain yang ada di wilayahnya. 

Berbekal peluang tersebut, ia mulai berjualan mie ayam ceker di gerobak. Awalnya, Mie Ayam Ceker Afiq masih sepi pembeli. Beberapa teman Roziqin bahkan menyarankan agar ia berhenti jualan. Namun, dengan penuh kesabaran, ia tetap konsisten berjualan sampai usahanya mulai ramai pembeli.

Ketika usahanya mulai berkembang, tantangan baru kembali datang. Suatu hari, saat ia sedang berjualan dan melayani banyak pembeli, tiba-tiba ia diusir oleh Satpol PP. Inilah yang kemudian mendorong Roziqin untuk nekat menyewa ruko bersama temannya.

Tidak cukup sampai di situ, Roziqin harus menghadapi tantangan selanjutnya dalam menjalankan usaha. Ia bersama rekannya mengalami konflik sehingga mau tidak mau harus mengakhiri kerja sama tersebut dan memilih untuk menyewa ruko dengan modalnya sendiri.


Usaha Makin Lancar Berkat Sistem Pembayaran Digital

Aplikasi Kasir Online

Dengan tekad kuat dan usaha yang gigih, Roziqin akhirnya bisa membangun usahanya secara mandiri hingga akhirnya memiliki karyawan untuk membantunya berjualan. Lagi-lagi, tantangan usaha harus dihadapi Roziqin. Salah satunya terkait sistem pembayaran dan pembukuan.

Menurutnya, kecurangan karyawan merupakan salah satu risiko yang harus diantisipasi untuk menjaga alur kas usaha. Selain itu, kegiatan pencatatan keuangan secara manual juga menjadi tantangan tersendiri bagi Roziqin, terutama jika kegiatan usaha harus dilakukan sampai larut malam.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Roziqin mulai menggunakan sistem pembayaran digital, salah satunya dengan menggunakan layanan GoPay.

“Kalau saya sendiri sih memang lebih suka pakai digital karena memang bisa mengurangi kecurangan karyawan, perincian itu bisa pas daripada kita kayak dulu pas belum pakai ini, pakai manual. Kalau malam kita hitung-hitung, habis berapa dihitung. Kalau kita ada transaksi digital itu kita enak, tinggal lihat saja sudah ada rincian masing-masing,” tutur Roziqin saat ditanya tentang perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan sistem pembayaran digital. 

Jika sebelumnya Roziqin dan karyawan harus menghitung dan mencatat transaksi secara manual, maka kini pembayaran dan pembukuan jadi lebih mudah dilakukan dengan menggunakan layanan Gojek dan pembayaran GoPay.

Berkat kedua layanan tersebut, Mie Ayam Ceker Afiq memperoleh banyak keuntungan, di antaranya:

  1. Transaksi mudah, baik bagi pelanggan maupun Mie Ayam Ceker Afiq;
  2. Tersedia beragam promo menarik bagi pelanggan;
  3. Tingkat penjualan meningkat karena pelanggan semakin banyak; dan
  4. Pencatatan keuangan lebih mudah.

Dengan demikian, usaha Mie Ayam Ceker Afiq pun semakin lancar karena sistem pembayaran lebih praktis dan setiap transaksi tercatat secara otomatis.


Pengalaman Unik Saat Menggunakan Layanan Gojek

Aplikasi kasir

Selain berinovasi dengan menerapkan sistem pembayaran digital, Roziqin juga melihat pentingnya membangun komunikasi antarkaryawan dalam menjalankan usaha. Pembelajaran ini diperoleh Roziqin setelah ia mendapatkan pengalaman unik saat menggunakan layanan Gojek.

Saat sedang ramai pembeli, karyawan Mie Ayam Ceker Afiq salah memberikan pesanan. Pesanan yang seharusnya diberikan kepada pembeli GoFood malah diberikan kepada pembeli offline, begitu juga sebaliknya.

Namun, hal tersebut bisa segera diatasi dengan meminta maaf dan memberikan kekurangan pesanan yang dialami pembeli. Dari pengalaman tersebut, Roziqin mengambil pelajaran bahwa penting untuk menerapkan pola komunikasi yang baik dalam menjalankan usaha, khususnya saat mengelola pesanan.


7 Tips Menjalankan Usaha ala Mie Ayam Ceker Afiq 

Selain mengatasi berbagai kendala yang muncul seperti pengalaman di atas, Roziqin juga berupaya menerapkan beberapa strategi penjualan untuk mempromosikan dan mengembangkan usaha kulinernya.

Hal ini dilakukan untuk menjangkau pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Beberapa strategi yang sudah dijalankan dalam mengembangkan usaha Mie Ayam Ceker Afiq antara lain:

  1. memiliki niat dan tujuan usaha yang jelas;
  2. melihat peluang usaha yang ada dan berbeda dari usaha serupa lainnya;
  3. mempertahankan kualitas produk;
  4. mengikuti tren kebutuhan masyarakat, baik dalam hal menu maupun sistem pembayaran;
  5. memberikan free produk untuk pelanggan loyal setiap bulannya;
  6. sabar dalam menjalankan usaha; dan
  7. mengikuti program Promo Layanan Gojek.

Itulah pengalaman Roziqin dalam memulai dan menjalankan usaha Mie Ayam Ceker Afiq, serta mengembangkan usahanya dengan menggunakan layanan Gojek dan pembayaran GoPay. 

Jika Anda terinspirasi dengan kisah tersebut, jangan ragu untuk mencoba layanan Gojek dan mengikuti program Rekomendasi Promo GoPay yang bisa diakses melalui GoBiz! Aplikasi super ini bermanfaat untuk memudahkan Anda dalam mengelola pesanan, menerima pembayaran nontunai, mengelola usaha, dan mengakses pendanaan modal.Tingkatkan pengalaman berbelanja pelanggan dengan sistem pembayaran GoPay dan jangkau lebih banyak pembeli dengan Rekomendasi Promo GoPay!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya