GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis Jasa Saat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang kesehatan tradisional. Sejak memulai usaha pada 2013 di Solo, hingga kini mereka tak pernah berhenti berinovasi mengikuti perkembangan zaman.

Terlebih di tengah pandemi ini, berbagai upaya menyesuaikan bisnis dengan keadaan pasar dan ekonomi pun semakin gencar dilakukan.

Perwakilan Marketing & Partnership dari Tian Sen Reflexology & Acupressure, Joko Ismanto, berbagi beberapa tips strategi bisnis yang mereka terapkan selama pandemi. Harapannya, strategi-strategi ini juga dapat membantu para pemilik usaha lain untuk terus bertahan saat pandemi.

Andalkan Pembayaran Nontunai Saat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure

Bicara soal awal mula perjalanan usaha ini, Tian Sen Reflexology & Acupressure menerapkan gaya pemasaran yang benar-benar konvensional. Mulai dari mengumpulkan nomor ponsel, promosi melalui pesan, hingga membagikan brosur.

Tidak hanya upaya pemasaran yang konvensional, tapi metode pembayarannya pada waktu itu pun masih memakai sistem pembayaran tunai.

Namun, beda era, beda strategi. Kini Tian Sen Reflexology & Acupressure juga bergerak secara digital, termasuk menambahkan metode pembayaran nontunai atau cashless.

Strategi ini dianggap sangat cocok dengan situasi pandemi karena mengurangi kontak fisik sekaligus praktis bagi pemilik usaha dan para pelanggan. Selain itu, metode tersebut juga memudahkan penerapan promosi seperti cashback.

Walau begitu, tak dapat dimungkiri bahwa selama proses menyesuaikan diri dengan perubahan strategi usaha tersebut, Tian Sen Reflexology & Acupressure menemui berbagai tantangan. Bahkan mereka sempat mengalami suatu kegagalan yang kemudian dijadikan pembelajaran untuk bekerja lebih baik lagi. 


Fokus pada Customer Experience

Tian Sen Reflexology & Acupressure

Tian Sen Reflexology & Acupressure bercerita bahwa fokus pada customer experience adalah bagian penting dalam strategi bisnis mereka. Dengan fokus mendengar dan memenuhi keinginan serta kebutuhan pelanggan, mereka pun dapat mencari dan mempersiapkan strategi baru yang lebih tepat sasaran.

Contohnya seperti memberi info jam-jam ketika outlet sedang tidak begitu ramai agar pelanggan merasa cukup aman untuk datang langsung. Pelayanan di outlet juga akan merekomendasikan pelanggan untuk melakukan pembayaran nontunai demi meminimalisir kontak fisik. Tentunya sambil tetap menjalankan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah.

Beberapa permintaan dari pelanggan juga dijadikan masukan penting, misalnya perihal kebersihan dan kenyamanan selama proses treatment berlangsung. Hal-hal yang dapat meningkatkan kualitas layanan atau produk pun selalu diperhatikan dan dieksekusi, seperti kebersihan ruang serta sarana dan prasarana.

Tian Sen Reflexology & Acupressure menciptakan ruang gerak lebih luas agar memungkinkan pelanggan untuk tetap menjaga jarak selama berada di outlet.

Kondisi pasar di tengah pandemi memang tidak menguntungkan, tapi bisnis dituntut harus bisa beradaptasi. Itulah kenapa di samping menyesuaikan strategi, penting pula memastikan karyawan untuk mendapatkan vaksin serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dengan begini, ada jaminan keamanan dan kenyamanan tambahan juga bagi pelanggan.


Menjalankan Loyalty Program 

Selain tips di atas, Tian Sen Reflexology & Acupressure juga membagikan tips pemasaran mereka, yang salah satunya adalah menjalankan loyalty program. Program khusus tingkatkan kesetiaan pelanggan ini dimanfaatkan untuk memberikan info terkini terkait pembaruan layanan, jasa, serta promo menarik yang dapat dinikmati pelanggan.

Misalnya, ada promo pembayaran dari GoPay. Ketika pelanggan banyak memanfaatkan promo ini, pemilik usaha pun jadi lebih mudah untuk menawarkan beragam jenis promosi dan cashback untuk pelanggan yang konsisten menggunakan jasa usaha ini.

Ya, promosi seperti ini dirasa menguntungkan pengusaha dan juga pelanggan pada saat bersamaan. Itu sebabnya Tian Sen Reflexology & Acupressure tidak hanya menginformasikan, tapi juga mengedukasi pelanggan tentang transaksi aman serta keuntungan melakukan pembayaran via GoPay dan ragam pembayaran dompet digital lainnya melalui satu QRIS. Hal ini pun jadi win-win solution untuk kedua belah pihak.

Baca juga: 9 Keuntungan Membuat Promo GoPay untuk Usaha

Penerapan pembayaran nontonai dari GoPay ini pun ternyata mendapat respons yang baik dari pelanggan dan tentunya sesuai kebutuhan pasar juga. Selain lebih simpel dan aman, layanan ini pun praktis.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan Rekomendasi Promo GoPay untuk memikat pelanggan Anda sebagaimana yang berhasil dilakukan oleh Tian Sen Reflexology & Acupressure. Apalagi, pemilik usaha bisa cek mutasi tanpa harus print out ke bank karena sekarang bisa cek langsung di aplikasi GoBiz.

Tak cuma menerima pembayaran GoPay melalui GoBiz, usaha ini juga manfatkan fitur GoBiz lainnya untuk menjalankan usaha. Contohnya seperti GoKasir, layanan pencatatan transaksi digital, serta fitur manajemen pendapatan bisnis yang tertata lebih rapi, mudah diakses, dan dibaca.

Dengan penggunaan layanan-layanan dari GoBiz ini, mereka pun merasa bahwa biaya-biaya yang dikeluarkan untuk strategi pemasaran atau promosi pun bisa terukur dan terpantau dengan baik.

Ya, inilah yang jadi alasan tambahan untuk mulai menjadikan GoBiz sebagai partner bisnis dan GoPay sebagai bagian dari sistem pembayaran usaha yang lebih efisien.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga ingin merasakan banyak kemudahan saat menggunakan berbagai fitur layanan GoBiz dan GoPay? Yuk, daftar sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya