GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Diamond Dental Care: Lindungi Kesehatan Bersama dengan Layanan Pembayaran Nontunai

Diamond Dental Care: Lindungi Kesehatan Bersama dengan Layanan Pembayaran Nontunai – Klinik gigi merupakan salah satu tempat yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh banyak orang melakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengecek kondisi kesehatan gigi mereka.

Di Kota Bogor, salah satu klinik gigi yang memiliki pasien yang cukup banyak adalah Diamond Dental Care. Klinik yang didirikan secara mandiri oleh drg. Masayu Rubianti, MKM ini mulai beroperasi sejak 2017.

Awalnya, drg. Masayu membuka praktik dengan menyewa ruko di wilayah Taman Pajajaran. Seiring berjalannya waktu, dokter yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas Tanah Sereal Kota Bogor ini akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah ruko di wilayah tersebut sebagai tempat praktiknya.

Lantas, bagaimana perjalanan drg. Masayu dalam menjalankan kliniknya? Yuk, simak kisahnya!


Suka Duka Membuka Klinik Pribadi

Strategi promosi penjualan

Tidak semua dokter memiliki modal yang cukup untuk dapat membuka klinik pribadi. Hal ini juga yang dialami oleh drg. Masayu. 

“Saya mulai berpraktik itu mulai dari nol. Jadi, memang benar-benar dengan modal yang kecil dan alhamdulillah sekarang sudah bisa berjalan dengan baik dan mempunyai pasien yang cukup dan lumayan banyak,” terang drg. Masayu saat ditanya tentang awal mula Diamond Dental Care berdiri.

Namun, ternyata, pengalaman paling mendalam yang pernah dialami drg. Masayu bukan perihal bisnis. Baginya, profesi dokter adalah ibadah karena setiap dokter sudah seyogianya bertugas membantu orang-orang yang membutuhkan keilmuan dan keahliannya. 

Itulah sebabnya, ia akan dengan senang hati memberikan layanan gratis kepada pasien tidak mampu yang datang ke kliniknya.

Di balik pasien yang cukup banyak dan memberikan banyak kebahagiaan, drg. Masayu juga memiliki duka mendalam yang sampai kini tidak bisa dilupakannya. 

Pada 2016, ada seorang pasien yang datang ke kliniknya. Saat itu, ia belum sampai ke klinik sehingga penanganan pasien terlambat dilakukan. Meski sudah berupaya membawanya ke rumah sakit, pasien tersebut tidak terselamatkan.

“Dia meninggal di depan pintu masuk klinik saya karena serangan jantung. Saat itu, saya belum datang sehingga dia tidak ditangani dengan cepat, terlambat dibawa ke rumah sakit, dan akhirnya dia meninggal ketika saya bawa ke rumah sakit,” tutur drg. Masayu.

Namun, hidup harus terus berjalan. Kejadian tersebut tidak lantas membuat drg. Masayu larut dalam duka. Ia justru semakin semangat membantu orang-orang di sekitarnya agar senantiasa sehat.


Strategi Diamond Dental Care untuk Memberikan Layanan Terbaik bagi Pasien

Perilaku konsumen di era digital

Dalam menjalankan praktiknya, drg. Masayu tidak hanya mengandalkan informasi dari mulut ke mulut. Meski layanannya sudah dikenal banyak orang, ia tetap mengalokasikan anggaran khusus untuk mengiklankan kliniknya.

Misalnya, secara digital, drg. Masayu sudah mulai menggunakan media sosial Instagram dan grup WhatsApp untuk menyebarluaskan informasi terkait layanan Diamond Dental Care. 

Selain itu, ada beberapa strategi yang juga dilakukan dokter senior yang satu ini agar kliniknya tetap memberikan layanan terbaik bagi para pasien. Apa saja?

1. Menjalin komunikasi intens dengan pasien

Bukan hanya berkomunikasi soal kesehatan, drg. Masayu juga rutin memberikan informasi terbaru terkait layanan Diamond Dental Care. Uniknya, ia juga bahkan senantiasa memberi ucapan selamat kepada para pasien yang sedang berulang tahun. Anda juga bisa melakukan cara ini untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, lho!

2. Mengundang pasien atau konsumen klinik ke acara-acara tertentu

Jika ada sebuah kegiatan khusus yang diselenggarakan Diamond Dental Care, maka drg. Masayu akan dengan senang hati mengundang pasien dan konsumennya untuk datang ke acara tersebut. Baginya, pasien dan konsumen juga adalah bagian dari keluarga.

Kegiatan seperti ini bisa juga Anda lakukan untuk membangun keterlibatan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka. 

3. Mendukung pembayaran nontunai

Drg. Masayu mengakui bahwa di era digital ini, sistem pembayaran juga berperan penting dalam memberikan kenyamanan bagi pasien. Untuk itu, ia juga menyediakan fasilitas pembayaran nontunai seperti pembayaran dengan kartu debit/kredit atau dompet digital melalui QRIS GoPay.

Selain ketiga poin tersebut, ada lagi satu strategi yang sudah direncanakan oleh drg. Masayu, tapi belum sempat direalisasikan. Strategi ini adalah membuat website khusus Diamond Dental Care untuk memudahkan komunikasi atau janji temu pasien secara online.

Baca juga: 14 Cara Mempromosikan Produk dengan Efektif


Awal Mula Tertarik Menyediakan Fasilitas Pembayaran Nontunai dari Gojek

Diamond Dental Care

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu strategi drg. Masayu dalam memberikan layanan terbaik bagi pasiennya adalah dengan menyediakan fasilitas pembayaran nontunai. Apalagi, saat ini, hampir 90 persen pasien sudah menggunakan metode pembayaran tersebut.

Berawal dari seringnya melihat mesin pembayaran nontunai saat datang ke restoran, drg. Masayu kemudian terinspirasi untuk menggunakan layanan tersebut di kliniknya. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk menggunakan layanan GoBiz PLUS dari Gojek.

GoBiz PLUS merupakan perangkat kasir multifungsi yang bisa digunakan untuk mengelola semua pesanan dan transaksi usaha, serta mencetak struk pembayaran nontunai seperti QRIS GoPay dan pembayaran kartu debit/kredit dari satu perangkat.

Saat mendaftar layanan tersebut dari aplikasi GoBiz, ia mengaku tidak menemukan kesulitan apa pun. “Cukup mudah. Mendaftar, langsung disurvei dan langsung dipasang, dan langsung dibuka aplikasi GoPay-nya (GoBiz PLUS -red).”


Andalkan Layanan Pembayaran Nontunai untuk Lindungi Kesehatan Bersama

Meningkatkan layanan pelanggan - gobiz plus

Selain mengakomodasi kebutuhan pasien dan pelanggan dalam bertransaksi, drg. Masayu juga mengandalkan pembayaran nontunai untuk melindungi kesehatan petugas klinik dan pasiennya, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. 

Merujuk pada imbauan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengurangi penggunaan uang kertas yang bisa menjadi sarana penyebaran COVID-19, metode pembayaran nontunai tidak hanya bisa menjadi solusi pembayaran, tapi juga solusi untuk melindungi kesehatan bersama. 

Dengan pembayaran nontunai, baik petugas klinik maupun pasien, akan dapat meminimalisasi kontak langsung seperti halnya pada pembayaran tunai sehingga terhindar dari penularan COVID-19.

Nah, Anda juga bisa menerapkan pembayaran nontunai seperti yang dilakukan Diamond Dental Care untuk melindungi karyawan dan pelanggan Anda dari penularan COVID-19!

Baca juga: Jaga Kebersihan Usaha dengan Terima Pembayaran Nontunai di GoBiz


Pengalaman Diamond Dental Care Saat Menggunakan Layanan Gojek

GoBiz PLUS - fitur pembayaran kartu

“Respon dari pasien dan konsumen itu sangat antusias. Dalam arti, mereka juga langsung mendapatkan struk pembelanjaan atau struk pelayanan tindakan dari saya secara cepat dan jelas. Begitu juga menu-menu yang ada di situ bisa kita input secara mudah, jadi tidak terlalu sulit,” ucap drg. Masayu terkait pengalamannya dalam menggunakan GoBiz PLUS.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan apa saja keuntungan yang diperoleh Diamond Dental Care setelah menggunakan layanan ini, di antaranya:

1. Lebih cepat dan praktis

Setelah menggunakan layanan perangkat kasir GoBiz PLUS, aktivitas transaksi Diamond Dental Care yang tadinya berjalan cukup ribet bisa dipermudah karena proses transaksi lebih cepat dan detail informasinya bisa langsung dikirimkan melalui email.

2. Antusiasme pasien meningkat

Drg. Masayu mengaku banyak pasien yang antusias melakukan pembayaran nontunai melalui kartu kredit/debit dan GoPay. Selain karena transaksinya cepat dan mudah, rata-rata pasien juga termotivasi untuk melakukan pembayaran nontunai karena banyaknya promo menarik seperti diskon atau cashback.

3. Kegiatan administrasi klinik lebih efektif dan efisien

Setelah aktif mengimplementasikan pembayaran nontunai di klinik Diamond Dental Care, tidak ada lagi masalah dengan proses pembayaran, terutama ketika harus mencari uang kembalian. 

Melalui beragam fitur yang mempermudah pelayanan pelanggan, pengelolaan keuangan, serta pengelolaan operasional, setiap kegiatan usaha dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien, mulai dari proses administrasi yang lebih jelas dan langsung terdata sampai pembukuan yang dapat dicek secara berkala, baik harian maupun bulanan.

Itulah pengalaman drg. Masayu dalam menjalankan Diamond Dental Care serta menggunakan layanan pembayaran nontunai dari Gojek untuk membantu proses transaksi dan administrasi klinik yang tidak hanya bermanfaat bagi petugas klinik, tapi juga para pasien. Inspiratif, ya?

Bagi Anda yang juga membuka praktik layanan kesehatan, strategi pelayanan yang dilakukan drg. Masayu ini bisa jadi inspirasi, lho.Nah, jika Anda juga tertarik untuk menggunakan layanan Gojek dan menyediakan fasilitas pembayaran nontunai GoPay melalui GoBiz, yuk daftar GoPay sekarang dan temukan berbagai rekomendasi promo menarik untuk kembangkan usaha Anda!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya