GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Andalkan Pembayaran Nontunai, Toteles Bake House Siap Penuhi Kebutuhan Pelanggan

Andalkan Pembayaran Nontunai, Toteles Bake House Siap Penuhi Kebutuhan Pelanggan – Sekadar bertahan hidup belum cukup, inilah yang membuat Risyanto atau yang akrab disapa Aris memutuskan untuk memulai usaha di tanah rantau hingga akhirnya memiliki toko kue bernama Toteles Bake House.

Berawal dari berjualan donat kentang di gerobak, usaha toko kue ini kini telah menjadi gerai dengan banyak produk di dalamnya, khususnya camilan tradisional yang siap disajikan kapan saja dan dapat dibeli secara langsung ataupun melalui sistem PO (purchase order).

Jika rata-rata toko kue di Batam hanya buka di pagi hari atau menyediakan produk berdasarkan jumlah pesanan, maka Toteles Bake House membuat terobosan dengan membuka toko roti yang menyediakan sekitar 50 jenis kue tradisional dari pagi sampai malam. 

Menarik, ya? Yuk, kita ikuti kisahnya bersama!


Tantangan Saat Memulai Usaha

Toteles Bake House 2

Menjalankan usaha kuliner sepanjang hari memang bukan hal mudah. Tentu ada tantangan yang harus dihadapi, terutama dalam menjaga kualitas produk agar selalu dalam kondisi yang baik. Apalagi, kue tradisional hanya mampu bertahan selama 1 x 24 jam.

Saat memulai usaha ini, Aris menghadapi tantangan terkait pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan keuangan. Kesalahan manajemen SDM yang terjadi saat merintis usaha membuatnya harus menanggung utang selama setahun. Namun, hal itu tidak menjadi alasan bagi Toteles Bake House untuk berhenti berkembang, lho!

Kesalahan manajemen bisnis ini justru menjadi tonggak awal bangkitnya usaha ini menjadi toko roti yang tidak hanya menjual penganan tradisional, tapi juga memberi manfaat bagi masyarakat. Salah satunya dalam hal memberi kesempatan kerja kepada masyarakat sekitar.

Menurut Aris, salah satu hal penting dalam berwirausaha adalah mindset. “Kalau karyawan punya Rp4 juta harus diirit-irit gimana caranya biar cukup 1 bulan. Kalau di wirausaha itu mindset-nya punya uang Rp1 juta harus gimana caranya biar jadi Rp10 juta,” ujarnya

Dengan pola pikir inilah Aris terus berusaha mengembangkan usahanya agar dapat memberikan produk dan pelayanan terbaik bagi pelanggan.


Pembeli Baru atau Pelanggan Lama? 

dua pelanggan sedang melihat ponsel

Berbicara soal pelanggan, baik pembeli baru maupun pelanggan lama sama-sama penting. Pelayanan yang baik memungkinkan pembeli baru untuk naik level menjadi pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada. Untuk menjaganya, mereka pun melakukan upaya-upaya sebagai berikut.

1. Memberikan pelayanan terbaik

Kualitas pelayanan yang baik merupakan hal penting yang harus dilakukan agar pelanggan semakin yakin untuk membeli produk dari Toteless Bake House. Selain menyediakan produk berkualitas, Toteles juga berupaya meningkatkan pelayanan dengan menyediakan kebutuhan pelanggan lainnya.

2. Menjalin keterlibatan dengan pelanggan

Toteles Bake House tidak akan berkembang jika tidak ada pembeli baru ataupun pelanggan loyal. Untuk itu, Toteles senantiasa membangun hubungan baik dengan pembeli baru dan pelanggan agar usaha tetap berjalan dengan baik. 

Misalnya, jika pelanggan sudah jarang melakukan order, maka mereka akan menanyakan langsung kondisi pelanggan dan menawarkan kembali pelayanannya kepada pihak tersebut.

3. Menargetkan pembeli baru setiap hari

Dalam upaya mengembangkan usahanya, Toteles Bake House tidak hanya menjaga keterlibatan dengan pelanggan, tapi juga berupaya menjangkau lebih banyak khalayak dengan cara menargetkan pembeli baru setiap harinya. 


5 Strategi Marketing Toteles Bake House 

Strategi pemasaran usaha kuliner

Untuk menjangkau pembeli baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan, Toteles Bake House melakukan beragam strategi dalam mempromosikan usahanya, baik secara online maupun konvensional. Beberapa upaya pemasaran yang dilakukan secara online antara lain adalah

  1. mempergunakan berbagai macam platform media sosial sebagai media pemasaran;
  2. memanfaatkan Facebook dan Instagram ads untuk menjangkau lebih banyak pelanggan;
  3. melibatkan influencer atau selebgram untuk membangun brand awareness,
  4. menyiapkan anggaran khusus untuk pemasaran; dan
  5. memberikan promo berupa diskon, gratis biaya potongan kartu debit/kredit, dan penawaran menarik dan menguntungkan lainnya.

Andalkan Pembayaran Nontunai

Jaga Kebersihan Usaha dengan Terima Pembayaran Nontunai di GoBiz - 6 Alasan Anda Perlu Menggunakan GoPay/QRIS

Selain melakukan strategi marketing yang sudah disebutkan di atas, Toteles Bake House juga menjadikan tren pembayaran sebagai salah satu acuan dalam menyediakan metode pembayaran.

Tidak hanya menerima pembayaran tunai, usaha toko roti yang dirintis sejak pertengahan 2016 ini juga berupaya menyediakan beragam pembayaran nontunai bagi pelanggannya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pembeli yang sudah mulai beralih ke digital payment.

Dengan pembayaran nontunai, seperti GoPay dan kartu kredit/debit misalnya, pelanggan dapat melakukan pembayaran secara praktis sehingga transaksi lebih cepat, mudah, dan aman. Selain mengakomodasi kebutuhan pelanggan, pembayaran nontunai juga menjadikan pencatatan keuangan lebih mudah bagi penjual.

Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, Toteles Bake House mengikuti program pembayaran kartu dari GoBiz PLUS yang bertujuan untuk membantu Mitra Usaha Gojek dalam meningkatkan penjualan, mendapatkan pelanggan baru, dan membangun brand awareness kepada pelanggan Gojek. 

Selain memberikan penawaran menarik berupa promo GoPay, Toteles Bake House juga menggunakan strategi promo 2 kali lipat dengan memberikan penawaran dari outlet. Jadi, saat membeli produk Toteles menggunakan GoPay, pelanggan tidak hanya mendapat diskon atau cashback dari GoPay, tapi juga dari Toteles.

Dengan menggunakan sistem pembayaran GoPay, Toteles Bake House memperoleh banyak keuntungan, di antaranya:

  1. transaksi mudah, baik bagi pelanggan maupun Toteles Bake House;
  2. tersedia beragam promo yang mampu menarik lebih banyak pelanggan; dan
  3. semakin banyak pelanggan, penjualan pun semakin meningkat.

6 Tips Berbisnis ala Toteles Bake House

Toteles Bake House 2

Menjalankan usaha memang tidak selalu mudah. Ada risiko kerugian yang mungkin saja diterima. Oleh karena itu, Toteles Bake House berbagi tips berbisnis bagi para pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya, yaitu

  1. menentukan niat dan tujuan usaha;
  2. jika menghadapi tantangan, ingat kembali niat dan tujuan usaha tersebut;
  3. berkumpul dengan sesama wirausaha;
  4. meningkatkan ilmu tentang bisnis;
  5. mengikuti tren kebutuhan masyarakat, termasuk dalam menyediakan pembayaran nontunai; dan
  6. menerima saran dan kritik dari pembeli.

Itulah kisah sukses Toteles Bake House dalam mengembangkan usaha dan pengalamannya dalam menggunakan GoPay. 

Jika Anda terinspirasi untuk mengembangkan usaha bersama layanan GoPay, saatnya beralih menggunakan GoBiz! Aplikasi super ini akan memudahkan Anda dalam mengelola pesanan, menerima pembayaran nontunai, mengelola usaha, dan mengakses pendanaan modal.

Tingkatkan pembayaran nontunai dengan GoPay untuk terus memberikan pengalaman berbelanja yang praktis dan menyenangkan bagi pelanggan! Cari tahu info seputar bisnis lainnya di sini.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya