GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Apotek PHARM 24 Waringin: Puluhan Tahun Bangun Kepercayaan dan Makin Kuat Berkat GoPay

Apotek PHARM 24 Waringin: Puluhan Tahun Membangun Kepercayaan dan Makin Kuat Berkat GoPay – Kesehatan adalah hal mahal yang sudah jadi kebutuhan penting bagi setiap orang. Ketika tindakan preventif seperti berolahraga dan rajin makan makanan sehat sudah dilakukan, menambah asupan gizi dan vitamin juga tak boleh terlupakan. Tak heran jika kehadiran apotek pun jadi solusi sehat yang juga banyak dicari masyarakat.

Dua tahun terakhir, industri farmasi menjadi salah satu ladang usaha yang sangat menjanjikan karena banyaknya permintaan obat-obatan, alat penunjang kesehatan, serta suplemen yang dapat membantu penyembuhan pasien COVID-19.

Yuyun Yustina, M.Psi,Psikolog - apotek pharm 24 waringin (1)

Yuyun Yusina Yunita, Manajer PHARM 24 Group pun tak menampik hal tersebut. Beberapa tahun belakangan ini ia merasa permintaan produk kesehatan memang meningkat. Hal tersebut  pun memberikan dampak positif bagi usaha apotek ini.

“Kalau untuk PHARM 24 sendiri, bisa dibilang dampaknya positif ya, karena kemarin di masa-masa pandemi itu justru yang dicari memang terkait dengan perbekalan kesehatan, seperti obat dan alat kesehatan,” aku Yuyun.

Nyatanya, meningkatkan permintaan konsumen pun juga mampu meningkatkan jumlah pendapatan yang dihasilkan. “Kalau mau bicara dari sisi omzet, bisa dibilang lumayan ya, (naik) 2,5 kali lipat dari biasanya,” katanya.

Tak heran bila usaha yang berlokasi di Yogyakarta ini bisa terus eksis. Namun, namanya juga usaha, pasang-surutnya pasti ada.

Baca Juga: Cara Mulai Terima Pembayaran GoPay QRIS


Keuntungan Tak Datang Tanpa Hadirnya Tantangan

Apotek Pharm 24 Waringin Puluhan Tahun Bangun Kepercayaan dan Makin Kuat Berkat GoPay

Apotek PHARM 24 pun tak luput dari dampak pandemi. Yuyun sebagai manajer pun merasa juga harus melindungi para karyawannya agar tetap bisa melayani pelanggan dengan maksimal. Guna meminimalisir risiko tertular sakit, protokol kesehatan dijalankan secara ketat, mobilitas karyawan dikurangi, dan kesehatan karyawan terus dijaga tanpa terkecuali.

Bukan cuma dari segi karyawan, Apotek PHARM 24 Waringin juga harus menghadapi tantangan, terutama ketika para pelanggan membutuhkan obat-obatan yang dipesan, tapi mereka masih takut bepergian.

Solusi yang ditawarkan adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan semua pelanggan agar kepercayaan terhadap apotek ini tetap terjalin. Misalnya, Yuyun tak pernah lupa untuk menanyakan kritik, masukan, ataupun kepuasan pelanggan akan layanan yang diberikan. Semuanya ia terima dengan baik dan jadikan sebagai pelajaran ke depannya.

Berbekal pelayanan yang optimal dan solutif, kepuasan pelanggan pun mampu digenggam. “Kami ada untuk melayani” jadi mantra sakti yang membuat Yuyun dan segenap karyawan Apotek PHARM 24 memberikan layanan terbaik. Jika pelanggan senang berbelanja di usaha ini, Yuyun pun juga turut senang.

Di sisi lain, ada cara tersendiri yang dilakukan guna mempromosikan Apotek PHARM 24 agar  terus selalu diingat masyarakat. Apalagi, usaha di bidang farmasi ini memiliki kode etik perihal promosi apa yang boleh dilakukan, seperti tidak boleh memberikan klaim yang menyesatkan, menyampaikan klaim berlebihan, promosi terselubung, atau menutup-nutupi perbandingan berbagai produk.

“Apotek itu tidak seperti bidang usaha lain yang bisa kita promosikan dengan leluasa, karena ada kode etik yang harus diikuti. Bagaimana cara supaya kita menjadi pilihan, kita memberikan pelayanan yang excellent, kalau bisa di atasnya excellent,” ujarnya.

Intinya, kepuasan para pelanggan adalah kunci promosi terbaik yang tidak hanya membuat pelanggan lama tetap loyal, tapi juga mampu menarik pelanggan baru.

Baca Juga: QRIS Dapat Menerima Pembayaran dari Mana Saja, Ini Penjelasan Lengkapnya


Memodernisasi Sistem Teknologi demi Kemajuan Pesat

Apotek Pharm 24 Waringin Puluhan Tahun Bangun Kepercayaan dan Makin Kuat Berkat GoPay

Memasuki usia 32 tahun, tentu membuat Apotek PHARM 24 terus mencari cara bagaimana agar bisnis ini bisa bertahan dan terus melayani masyarakat. 

Berbagai upaya telah dilakukan, misalnya melihat bagaimana kompetisi usaha di sekitar, menyusun strategi bisnis agar tetap dapat adaptif dengan perkembangan zaman., melengkapi sarana dan prasarana dengan baik, dan tentu saja merekrut SDM yang unggul.

Tak heran, Apotek PHARM 24 yang sudah berdiri sejak 1990 dan dimulai dari gerai pertama mereka di Jalan R.E. Martadinata, Wirobrajan, kini berhasil menambah 9 cabang lainnya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Dulunya, Yuyun mengaku bahwa usaha ini masih dijalankan dengan sistem konvensional yang dinilainya kurang memberikan dampak besar bagi kemajuan usaha. Seiring perkembangan zaman, ia pun mulai tergerak untuk membenahi sistem agar operasional bisnis semakin lancar.

Apotek Pharm 24 Waringin Puluhan Tahun Bangun Kepercayaan dan Makin Kuat Berkat GoPay

Ia pun mencoba untuk memodernisasi sistem teknologi Apotek PHARM 24 Waringin, mulai dari

  1. Menyediakan pembayaran elektronik untuk kemudahan bertransaksi;
  2. memulai sistem pemesanan online agar pelanggan lebih mudah berbelanja dan karyawan lebih gampang terima pesanan;
  3. menawarkan pengantaran pesanan menggunakan layanan online seperti GoSend; hingga
  4. Mengadopsi pembayaran cashless dengan GoPay.

“Saat pandemi, kami mengutamakan (pembayaran) cashless. Kalau ada pelanggan yang nggak punya aplikasinya (aplikasi Gojek untuk pakai GoPay), mereka langsung bela-belain untuk download supaya bisa melakukan transaksi menggunakan GoPay. Pada akhirnya, penggunaan GoPay itu berdampak pada peningkatan pendapatan,” tukas Yuyun.

Mengetahui bahwa penggunaan GoPay sangat mudah dan menguntungkan, baik untuk pelanggan maupun pemilik usaha, Yuyun bercerita bahwa GoPay sudah diterapkan di hampir semua cabang Apotek PHARM 24. 

Bila ditelisik, tingginya penggunaan GoPay ini dikarenakan kemudahan dari kedua belah pihak, bahkan bisa membantu untuk meminimalisir kontak fisik yang sangat mendukung protokol kesehatan di masa sekarang.

Baca Juga: 15 Tips Menjadi Pengusaha Sukses Dari Nol

Tak hanya itu, promo-promo GoPay juga dinilai sangat menguntungkan pelanggan. “Mereka menyambut baik, apalagi kalau ada promo, ada cashback, ada diskon, apa pun itu. Itu sangat membuat antusias mereka,” ceritanya.

Sebagai informasi, promo-promo yang diberikan kepada pelanggan juga bisa Anda terapkan di bisnis Anda. Caranya mudah, pastikan Anda cek secara berkala halaman Promo dan ikuti Rekomendasi Promo GoPay setiap bulannya.

Lantas, bagaimana keuntungan yang didapat pelaku usaha?

Apotek PHARM 24 Waringin

“Dengan kehadiran GoPay, sebagai pelaku usaha kami sangat terbantu. GoPay memudahkan customer membayar, membuat customer repeat order, juga memberikan pengaruh pada pendapatan apotek. Kemudian, dari segi pelaporan dan perhitungan pendapatan juga akan lebih mudah ketika merekapnya. Kami tidak perlu ribet lagi menghitung uang secara manual,” tuturnya.

GoPay sungguh hadir bukan cuma untuk menawarkan kemudahan, melainkan juga untuk mendorong kemajuan usaha. Apabila Anda juga ingin merasakan keuntungan yang sama seperti yang dirasakan Apotek PHARM 24, pastikan Anda tidak ragu untuk daftar GoPay!

Semoga bisnis Anda berjalan lebih lancar dan kepercayaan pelanggan semakin kuat seiring perjalanan Anda dengan GoPay!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

#JAGOAturCuan dengan Buka Rekening Jago Lewat GoBiz & Dapatkan Rewards Menarik!

Kabar gembira! Bagi Anda yang ingin mengelola keuangan dengan lebih baik dan selengkapnya

Benarkah Pembayaran QRIS Tingkatkan Penjualan? Ini Rahasianya

Memanfaatkan pembayaran QRIS untuk bisnis akan membuat transaksi jadi lebih praktis. QRIS selengkapnya