GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Miss Poe Viet Eatery: Nikmatnya Semangkuk Pho, Senikmat Berbisnis dengan GoBiz PLUS

Miss Poe Viet Eatery: Nikmatnya Semangkuk Pho, Senikmat Berbisnis dengan GoBiz PLUS – Ada sebuah perkataan yang berbunyi, “the way to a man’s heart is through his stomach”. Artinya, jalan menuju hati seseorang adalah melalui perutnya), yang dapat diartikan pula bahwa dengan makanan, Anda dapat membuat seseorang jatuh hati pada Anda.

Itulah kenapa, usaha makanan adalah salah satu bidang usaha dengan tingkat kesuksesan yang lebih besar dibandingkan usaha lainnya. Mulai dari makanan kaki lima, sampai restoran bintang lima sekalipun, akan berpotensi ramai diminati. Mengapa?

  1. Orang-orang bisa saja berhenti membeli pakaian, gadget, dan banyak hal lainnya, tapi tidak dengan makanan.
  2. Setiap ada tren makanan terbaru, kebanyakan orang akan berbondong-bondong mencobanya.
  3. Apa pun kegiatannya, pasti akan ada makan-makan terselip di antara kegiatan lainnya.
  4. Hidup yang menyenangkan adalah hidup yang dipenuhi dengan makanan enak!

Potensi itulah yang diraih oleh Ernawati Poedjiono, pemilik sekaligus kepala dapur sentral Miss Poe Viet Eatery. Hobinya memasak dan kecintaannya pada hidangan Vietnam, telah membawanya terjun untuk mendalami bisnis makanan yang terbilang sukses digemari oleh banyak pecinta kuliner di Surabaya.

Miss Poe Viet Eatery Nikmatnya Semangkuk Pho, Senikmat Berbisnis dengan GoBiz PLUS

Namun, memulai usaha tidak semudah itu. Banyak sekali hal yang harus dikaji dan dipertimbangkan agar dapat dijalani dengan baik dan mudah, seperti:

  1. modal awal usaha yang nominalnya sesuai untuk level usaha makanan Anda,
  2. cari lokasi usaha yang sekiranya banyak dikunjungi dan dilewati calon pembeli,
  3. tentukan menu andalan melalui penelitian di lapangan mengenai makanan seperti apa yang sedang digemari, pilih menu yang belum banyak dijual, agar tidak membangun persaingan yang terlalu ketat, dan
  4. pilih pemasok bahan baku terbaik yang sesuai dengan modal juga proses produksi.

Nah, untuk Anda yang tertarik membangun usaha makanan ataupun yang sudah menjalankan usaha Anda, Erna memiliki banyak cerita dan tips berbisnis yang bisa dicontoh. Yuk, simak bersama!

Baca Juga: 15 Bisnis Makanan Online & 7 Tips Menjalankannya


Ke Mana pun Pergi, Makanan Vietnam Selalu di Hati

Bermula dari pengalaman Erna selama studi dan tinggal di luar negeri, ia banyak mencoba berbagai hidangan Vietnam yang akhirnya menjadi hidangan favoritnya bersama suami. Percampuran rasa yang mirip dengan makanan khas Thailand dan Cina, membuat Erna dan suami jatuh cinta. Tak heran, ke mana pun mereka pergi, makanan Vietnam yang selalu dicari.

Erna pun mulai mereplikasi beberapa hidangan Vietnam yang ia coba, seperti Bánh Mì, roti lapis yang mirip baguette dengan karakteristik rasa Asia.

Sepulangnya ke tanah air, Erna melihat tidak banyak pilihan restoran yang menjual hidangan Vietnam, terlebih di Surabaya, Erna merasa hal ini adalah kesempatan baginya untuk membuka restoran Vietnam dan memperkenalkan hidangan-hidangan kesukaannya.

Oleh karena itu, dalam mencari peluang bisnis, perlu dilakukan observasi menyeluruh terhadap kebutuhan pasar yang ada.


Sama Seperti Bayi, Bisnis pun Dimulai dengan Merangkak

Miss Poe Viet Eatery tentu tidak tiba-tiba memiliki banyak peminat dan dapat bersaing seperti saat ini. Erna sebagai pemilik tahu betul bagaimana usaha yang dikembangkannya kadang mendapatkan beberapa batu sandungan. 

Miss Poe Viet Eatery

Menurutnya, rintangan terbesar kadang muncul dari dapurnya sendiri dalam hal menjaga kualitas makanan juga pelayanan. Menjaga konsistensi serta kualitas hidangan bukan hanya syarat usahanya bisa merangkak naik dan besar seperti sekarang, melainkan juga jadi kewajiban yang terus dijaga konsistensinya.

“The food has to speak on its own”, itu yang sering menjadi pegangan Erna selama ini. Baginya, pada akhirnya bisnis kuliner itu harus bisa menjual hidangan yang enak dan diterima baik oleh konsumen.

Maka, ia pun banyak melakukan market research untuk masalah taste, testing, trial yang cukup lama untuk menemukan formulasi dan rasa yang tepat agar hidangannya bisa dinikmati semua konsumen. 

Karena jenis hidangan yang dipilih oleh Erna bisa dibilang niche atau target pasar yang cenderung lebih spesifik, Erna tidak bisa sembarangan menjalankan usahanya, banyak langkah ekstra yang harus diambil, contohnya:

  1. berani mengambil risiko karena hidangan yang disediakan bukanlah hidangan yang memiliki banyak penggemar,
  2. terus belajar dari kritik dan saran yang diberikan oleh para pelanggan,
  3. ketahui betul akan niche usahanya agar tidak membuat kesalahan dalam mengambil keputusan usaha, dan
  4. lebih fleksibel dalam mengikuti perkembangan pasar.

Di sisi lain, pelayanan langsung kepada konsumen juga menjadi perhatian khusus yang tidak bisa dilepaskan. Kolaborasi antara lezatnya hidangan dan baiknya pelayanan, memungkinkan Miss Poe Viet Eatery tumbuh dan berkembang melalui promosi lewat word of mouth, strategi promosi yang dirasa paling efektif sejauh ini.

Strategi word-of-mouth ini merupakan strategi pemasaran yang memungkinkan informasi terhadap usaha baik dan buruknya disampaikan dari secara sadar dan tidak sadar. Oleh karena itu, pelaku usaha harus sangat berhati-hati dalam hal ini. 

Baca Juga: Contoh Label Makanan dan 7 Tips Membuatnya


Mau Offline atau Online, Semua Bisa

Miss Poe Viet Eatery Nikmatnya Semangkuk Pho, Senikmat Berbisnis dengan GoBiz PLUS

Agar konsumen lebih mudah menjangkau hidangan Miss Poe Viet Eatery, Erna merasa sangat terbantu dengan adanya online food delivery karena mampu memperluas target pasarnya. Tren memesan makanan secara online tidak hanya dapat mendongkrak penjualan, tetapi juga ikut membangun brand awareness usaha kuliner yang sudah berdiri sejak 2018 ini.

Bukan cuma itu, tren pembayaran cashless juga dianggap mampu mendukung laju bisnisnya. Hal tersebut berawal ketika ada banyak pelanggan yang tidak membawa uang tunai yang cukup dan mulai menanyakan apakah bisa melakukan pembayaran dengan GoPay.

Tren pembayaran cashless ini pun kian diminati bukan hanya karena masih banyak yang khawatir  terpapar virus COVID-19 di era pandemi atau banyak yang semakin sadar untuk meminimalisir kontak langsung.

Ini juga merupakan upaya Erna untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman bagi semua pegawainya. Wah, menarik dan bisa ditiru usaha Anda, ya!


GoBiz PLUS Rekan Terbaik UMKM

Memang tak dimungkiri, menjalankan UMKM membuat Erna harus berpikir lebih praktis dan efisien di berbagai aspek penting usahanya. Bukan cuma pegawai, melainkan transaksi pelanggan dan restorannya.

Sejak menggunakan GoBiz PLUS, perangkat kasir serba bisa untuk usaha, transaksi penjualan pun semakin mudah. Bukan cuma dari sisi pelanggan atau penjual, melainkan dari segi operasional usaha itu sendiri. Apa saja yang dirasakan Miss Poe Viet Eatery?

1. Pencatatan laporan keuangan secara digital dan otomatis

Karena GoBiz PLUS sudah terintegrasi dengan GoKasir, Erna pun merasa perangkat ini bisa membantu karyawannya dalam mencatat laporan keuangan digital, tanpa perlu lagi bekerja manual. Pengecekan laporannya juga bisa dilakukan real-time sehingga mempermudah operasional usaha.

Dengan demikian, ia dan karyawannya pun bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

2. Dapat menerima berbagai pembayaran digital

Dengan GoBiz PLUS, Erna tak perlu repot mengurus berbagai mesin transaksi karena dengan perangkat GoBiz PLUS, Miss Poe Viet Eatery dapat menerima pembayaran digital dari berbagai dompet digital melalui QRIS, seperti GoPay.

Tak hanya itu, dengan perangkat serba bisa tersebut, Erna dengan usahanya dengan mudah menerima pembayaran kartu debit/kredit untuk memenuhi kebutuhan pembayaran pelanggan. 

3. Kemudahan dan kenyamanan maksimal bagi para pelanggan

Dilansir dari hasil survei yang dilakukan oleh Youtap, pembayaran menggunakan QRIS dan dompet digital selama pandemi mengalami peningkatan sebesar 51% di Indonesia. Melihat adanya perubahan perilaku konsumen tersebut, akhirnya 60%-70% transaksi di Miss Poe Viet Eatery pun dilakukan secara cashless atau nontunai.

Dengan transaksi cashless, Erna juga dapat mengurangi risiko penyebaran virus yang dapat merugikan karyawannya, juga para pelanggan.

“Enak deh, jadi customer juga happy, kita juga happy, sama-sama win-win solution,” tutur Erna.

4. Usaha berkembang berkat promo cashback

GoBiz PLUS menurut Erna sangat membantu mendorong usaha UMKM-nya berkembang pesat karena semua kebutuhannya bisa diakomodir secara tepat. Yang menarik, penggunaan GoBiz PLUS ini mampu membuat penjualan bisnisnya meningkat karena pelanggan mendapatkan banyak promo seperti cashback jika melakukan pembayaran dengan GoPay.

Pelanggan lebih antusias ketika datang dengan lebih dulu menanyakan promo yang sedang berlangsung. Baik bagi penjual maupun pembeli jadi bisa sama-sama untung, kan?

Tak heran bukan, kenapa Miss Poe Viet Eatery jadi salah satu restoran Vietnam favorit di Surabaya?

Seru, ya, mengikuti perjalanan Miss Poe Viet Eatery? Bagaimana, apakah Anda mendapatkan inspirasi untuk terus mengembangkan usaha agar lebih baik dan menguntungkan? Pastikan Anda mengikuti tip & trik di atas dan selalu maksimalkan potensi usaha Anda dengan GoBiz PLUS, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

#JAGOAturCuan dengan Buka Rekening Jago Lewat GoBiz & Dapatkan Rewards Menarik!

Kabar gembira! Bagi Anda yang ingin mengelola keuangan dengan lebih baik dan selengkapnya

Benarkah Pembayaran QRIS Tingkatkan Penjualan? Ini Rahasianya

Memanfaatkan pembayaran QRIS untuk bisnis akan membuat transaksi jadi lebih praktis. QRIS selengkapnya