Pusat Pengetahuan

Hindari penipuan yang mengatasnamakan GoBiz/Gojek Indonesia

Mitra Usaha Gojek, yuk terapkan JAGA agar usaha Anda selalu aman dan terhindar dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Apa sih itu JAGA? 

J: Jangan melakukan transfer dana kepada rekening atas nama pribadi  
A:
Amankan data usaha & data pribadi, seperti kode OTP, kartu ATM, dan kredit
G:
Gunakan fitur pengaturan peran pengguna untuk tiap karyawan usaha Anda, seperti kasir, manajer, atau pemilik dan penanggung jawab usaha
A:
Adukan informasi mencurigakan dengan segera menghubungi mitrausaha@gojek.com 

Pastikan seluruh karyawan Anda turut berpartisipasi dalam menJAGA usaha Anda dari modus penipuan apapun!  

Kami ingin mengimbau Anda untuk selalu berhati-hati karena GoBiz dan Gojek Indonesia TIDAK pernah menghubungi Anda untuk melakukan hal berikut dengan alasan apapun:

  1. Meminta nomor kartu ATM atau kartu kredit
    Informasi nomor kartu ATM atau kartu kredit, termasuk data di dalamnya seperti masa berlaku, nama pemegang kartu ATM dan kartu kredit, ataupun PIN dan kode CVV (3 angka yang tertera pada bagian belakang kartu); adalah informasi personal Anda.
  2. Meminta kode OTP (One Time Password) dari SMS
    Biasa disebut dengan kode verifikasi, yaitu 4 digit angka yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel Anda, yang dapat digunakan untuk melakukan login ke akun Gojek atau GoBiz Anda. Pastikan bahwa hanya Anda dan/atau usaha Anda yang dapat mengakses akun Anda.
  3. Menanyakan nama gadis ibu kandung
    Gojek tidak pernah menanyakan hal-hal yang sifatnya pribadi atau rahasia seperti nama gadis ibu kandung yang terdaftar pada data pribadi perbankan Anda.
  4. Melakukan transfer dana
    Pastikan bahwa Anda berhati-hati terhadap permintaan transfer dana dalam kondisi atau iming-iming apapun yang mengatasnamakan Gojek

Karyawan dan petugas Gojek tidak akan pernah menanyakan PIN, kode OTP, nama gadis ibu kandung, dan identitas lainnya. Semua informasi tersebut sangat bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh pengguna (atau mitra merchant ybs). 

Seluruh pesan yang diberikan secara resmi dari GoBiz atau Gojek Indonesia hanya dikirimkan melalui media komunikasi berikut:

  • Email
    Pastikan informasi yang Anda dapatkan dikirimkan dengan menggunakan email merchant.no-reply@gojek.com atau dengan domain email @go-jek.com/@gojek.com/@aux.gojek.com saja. 
  • Whatsapp
    Periksa nama pengirim pesan Whatsapp yang Anda terima adalah GoBiz dengan centang hijau di sebelah kanan teks GoBiz.
  • Media Sosial
    Seluruh media sosial yang merupakan akun resmi dari GoBiz Indonesia telah terverifikasi dan dapat dilihat dengan adanya centang biru untuk setiap akunnya.

Gojek terus mengimbau seluruh mitra usaha yang tergabung dalam ekosistem Gojek agar selalu berhati-hati dalam bertransaksi. Oleh karena itu, jika Anda mencurigai informasi atau pihak yang mengatasnamakan Gojek, kami mengimbau Anda untuk mengkonfirmasi keaslian pesan tersebut dengan menghubungi Pusat Bantuan Mitra Usaha Gojek melalui mitrausaha@gojek.com sebelum melakukan tindakan apapun.

Ayo terapkan tips-tips di atas agar usaha Anda #AmanBersamaGojek!

Read more about:

Artikel Terkait

14 Tips Kemasan Makanan yang Menarik & Aman untuk Delivery

Di tengah pandemi yang disebabkan penyebaran COVID-19 dan penerapan Pembatasan Sosial selengkapnya

Tingkatkan Penjualan Usaha Kuliner dengan 15 Cara Ini

Saat Anda sudah memulai usaha kuliner dan sudah mulai menguasai tempo operasional selengkapnya