GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Hindari penipuan yang mengatasnamakan GoBiz/Gojek Indonesia

Mitra Usaha Gojek, yuk terapkan JAGA agar usaha Anda selalu aman dan terhindar dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Apa sih itu JAGA? 

J: Jangan transfer uang ke siapapun  
A: Amankan data usaha & data pribadi
, seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll
G: Gunakan fitur peran pengguna di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda
A: Adukan hal mencurigakan ke mitrausaha@gojek.com

Penting untuk diingat, GoFood/GoBiz/Gojek TIDAK pernah menghubungi Anda untuk melakukan hal-hal berikut dengan alasan apapun:

  1. Melakukan transfer uang
    Pendaftaran GoFood, aktivasi GoBiz, keikutsertaan promo GoFood, pendaftaran GoModal tidak dipungut biaya apapun. Selalu waspada terhadap oknum yang meminta transfer uang mengatasnamakan Gojek dengan iming-iming apapun.
  2. Meminta nomor kartu ATM/debit atau kartu kredit
    Informasi 16 digit nomor kartu ATM/debit atau kartu kredit, termasuk data di dalamnya, seperti masa berlaku, nama pemegang kartu, kode PIN, dan kode CVV (3 angka yang tertera pada bagian belakang kartu) adalah informasi pribadi yang tidak boleh diketahui orang lain.
  3. Meminta kode OTP (One Time Password) dari SMS
    OTP atau yang bisa juga disebut kode verifikasi adalah 4 digit angka yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel Anda yang dapat digunakan untuk login ke akun Gojek atau GoBiz. Pihak Bank juga akan mengirimkan OTP bila terdeteksi adanya percobaan transaksi di akun Bank Anda. Jangan pernah berikan kode ini ke siapapun.
  4. Menanyakan nama gadis ibu kandung
    GoFood/GoBiz/Gojek tidak pernah menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi atau rahasia, seperti nama gadis ibu kandung yang terdaftar pada data pribadi perbankan Anda.

Kenali media komunikasi resmi Gojek. Seluruh pesan yang diberikan secara resmi dari GoFood, GoBiz, atau Gojek hanya dikirimkan melalui media berikut:

  • Email
    Pastikan informasi yang Anda dapatkan dikirim dengan menggunakan email merchant.no-reply@gojek.com atau dengan domain email @go-jek.com/@gojek.com/@aux.gojek.com 
  • Whatsapp
    Periksa nama pengirim pesan Whatsapp yang Anda terima adalah GoBiz dengan centang hijau di sebelah kanan teks GoBiz.
  • Media Sosial
    Seluruh media sosial yang merupakan akun resmi dari GoBiz telah terverifikasi dan dapat dilihat dengan adanya centang biru untuk setiap akunnya.
  • SMS
    Pesan resmi dari Gojek melalui SMS hanya datang dari nama pengirim terdaftar sebagai berikut: “Gojek”, “GO-FOOD”, “GoBiz”, “GoPay”, dan “SPOTS”.

Gojek terus mengimbau seluruh Mitra Usaha agar selalu berhati-hati terhadap berbagai bentuk penipuan. Oleh karena itu, jika Anda mencurigai informasi atau pihak yang mengatasnamakan Gojek, mohon mengkonfirmasi keaslian pesan tersebut dengan menghubungi Pusat Bantuan Mitra Usaha Gojek melalui mitrausaha@gojek.com sebelum melakukan tindakan apapun.

Keamanan adalah tanggung jawab bersama. Pastikan seluruh karyawan Anda turut berperan aktif untuk melindungi usaha Anda dari penipuan.  Selalu ingat dan terapkan langkah JAGA agar usaha Anda #AmanBersamaGojek!

Pastikan seluruh karyawan Anda turut berpartisipasi dalam menJAGA usaha Anda dari modus penipuan apapun!  

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] A: Amankan Data Usaha & Data Pribadi

Kang Tipu memiliki seribu satu cara magis (manipulasi psikologis) untuk memakan selengkapnya

30 Peluang Usaha Menguntungkan & Modal Kecil

Tahun 2020 bisa jadi momentum untuk Anda memulai usaha sendiri. Dengan hadirnya berbagai selengkapnya