GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Hindari Penipuan yang Mengatasnamakan GoBiz/Gojek Indonesia

Mitra Usaha Gojek, yuk terapkan JAGA agar usaha Anda selalu aman dan terhindar dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Apa sih itu JAGA? 

J: Jangan transfer uang ke siapa pun  
A: Amankan data usaha & data pribadi
, seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll
G: Gunakan fitur peran pengguna di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda
A: Adukan hal mencurigakan lewat menu Bantuan di halaman Lainnya pada aplikasi GoBiz

Kode OTP bersifat RAHASIA, dengan membagikan kode OTP Anda ke pihak yang mengatasnamakan GoBiz/Gojek, maka penipu dapat:
– login ke aplikasi GoBiz usaha Anda
– mengakses data sensitif usaha, seperti jumlah pendapatan usaha & nomor rekening yang untuk pencairan dana
– mengubah menu usaha

Penting untuk diingat, GoFood/GoBiz/Gojek TIDAK pernah menghubungi Anda untuk melakukan hal-hal berikut dengan alasan apa pun:

  1. Meminta kode OTP (One Time Password) GoBiz/Gojek dari SMS
    OTP atau yang bisa juga disebut kode verifikasi adalah 4 digit angka yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel Anda yang dapat digunakan untuk login ke akun Gojek atau GoBiz. Pihak Bank juga akan mengirimkan OTP bila terdeteksi adanya percobaan transaksi di akun Bank Anda. Jangan pernah berikan kode ini ke siapapun dengan alasan apapun.
  2. Melakukan transfer uang
    Pendaftaran GoFood, aktivasi GoBiz, keikutsertaan promo GoFood, pendaftaran GoModal tidak dipungut biaya apapun. Selalu waspada terhadap oknum yang meminta transfer uang mengatasnamakan Gojek dengan iming-iming apapun.
  3. Meminta nomor kartu ATM/debit atau kartu kredit
    Informasi 16 digit nomor kartu ATM/debit atau kartu kredit, termasuk data di dalamnya, seperti masa berlaku, nama pemegang kartu, kode PIN, dan kode CVV (3 angka yang tertera pada bagian belakang kartu) adalah informasi pribadi yang tidak boleh diketahui orang lain.
  4. Menanyakan nama gadis ibu kandung
    GoFood/GoBiz/Gojek tidak pernah menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi atau rahasia, seperti nama gadis ibu kandung yang terdaftar pada data pribadi perbankan Anda.

Kenali media komunikasi resmi Gojek. Seluruh pesan yang diberikan secara resmi dari GoFood, GoBiz, atau Gojek hanya dikirimkan melalui media berikut:

  • Email
    Pastikan informasi yang Anda dapatkan dikirim dengan menggunakan email [email protected] atau dengan domain email @go-jek.com/@gojek.com/@aux.gojek.com 
  • Whatsapp
    Periksa nama pengirim pesan Whatsapp yang Anda terima adalah GoBiz dengan centang hijau di sebelah kanan teks GoBiz.
  • Media Sosial
    Seluruh media sosial yang merupakan akun resmi dari GoBiz telah terverifikasi dan dapat dilihat dengan adanya centang biru untuk setiap akunnya.
  • SMS
    Pesan resmi dari Gojek melalui SMS hanya datang dari nama pengirim terdaftar sebagai berikut: “Gojek”, “GO-FOOD”, “GoBiz”, “GoPay”, dan “GoBiz PLUS (dulunya SPOTS)”.

Gojek terus mengimbau seluruh Mitra Usaha agar selalu berhati-hati terhadap berbagai bentuk penipuan. Oleh karena itu, jika Anda mencurigai informasi atau pihak yang mengatasnamakan Gojek, mohon mengonfirmasi keaslian pesan tersebut dengan lewat menu Bantuan di halaman Lainnya pada aplikasi GoBiz.

Keamanan adalah tanggung jawab bersama. Pastikan seluruh karyawan Anda turut berperan aktif untuk melindungi usaha Anda dari penipuan.  Selalu ingat dan terapkan langkah JAGA agar usaha Anda #AmanBersamaGojek!

Pastikan seluruh karyawan Anda turut berpartisipasi dalam menJAGA usaha Anda dari modus penipuan apapun!  

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Danke Cafe: Saat Seorang Dokter Tak Hanya Ingin Menyembuhkan tapi Juga Ingin Menyajikan Makanan & Minuman

Danke Cafe: Saat Seorang Dokter Tak Hanya Ingin Menyembuhkan tapi Juga Ingin Menyajikan selengkapnya

Piutang Usaha Adalah: Pengertian, Jenis, dan Bedanya dari Utang

Piutang usaha adalah uang yang harus pelangkan bayarkan kepada perusahaan atas barang selengkapnya