GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Muslimah Maryam Salon: Tak Perlu Pembukuan Manual, Semua Jadi Mudah dengan GoBiz PLUS

Muslimah Maryam Salon: Tak Perlu Pembukuan Manual, Semua Jadi Mudah dengan GoBiz PLUS –  Ketika melakukan perawatan di salon, bukan cuma kualitas pelayanan yang dicari pelanggan, melainkan pengalaman yang memuaskan.

Tentu, pelanggan pasti akan memilih salon yang dapat memenuhi kriteria kenyamanan mereka. Apalagi, untuk para muslimah, salon yang mengkhususkan tempatnya untuk pelanggan perempuan tentu bisa jadi pilihan utama tempat yang mereka cari untuk merawat diri.

Melihat peluang usaha salon yang cukup potensial ini, membuat Ayu Nidia Sari dan kakaknya untuk terjun menseriusi Muslimah Maryam Salon mulai dari tahun 2013. Pengelolaan salon pun diserahkan sepenuhnya kepada Ayu.

https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/muslimah-maryam-salon/
Kiri-kanan: Ayu (pengelola), Tika (terapis), Ervina (pemilik), dan Yuni (stylist)

Bertempat di ruko dua lantai milik sang kakak, Muslimah Maryam Salon pun berdiri. Dalam menjalankan usaha ini, tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari menyiapkan segala kebutuhan salon, mencari pegawai yang tepat, hingga mempelajari seluk-beluk dunia usaha.

Tentu saja, perjalanan Ayu dan kakaknya dalam mengurus salon ini tidaklah mudah. Yuk, simak ceritanya bersama!

Sedikit Demi Sedikit, Lama-Lama Pelanggan Membukit

Sebelum memulai usaha salon ini, Ayu sempat bekerja di bidang pemasaran properti. Siapa sangka, pengalaman tersebut dapat memberikan banyak ilmu pemasaran yang membantunya menarik pelanggan usaha salonnya.

Dua tahun pertama adalah tahun-tahun yang cukup menantang untuk Muslimah Maryam Salon. Dari pelanggan yang masih sedikit, juga pemasukan yang belum begitu terlihat, untungnya tidak mematahkan semangat Ayu. 

Baca Juga: 15 Jenis Usaha yang Menguntungkan dan Pasti Laris 2022

Hingga di tahun ketiga, berbagai upayanya sudah mulai memperlihatkan hasil. Puncaknya, di setiap hari-hari besar seperti menjelang Hari Raya atau Tahun Baru, pelanggan akan berdatangan silih berganti.

“Dua tahun pertama itu agak sulit. Tapi setelah 3 tahun, kami udah coba menikmati, ada hasilnya dari kuantitas pelanggan dan dari pemasukan juga, sih. Apalagi ada momen-momen tertentu kalau salon. Menjelang Hari Raya Idulfitri sama menjelang Tahun Baru itu kuantitas tamu datangnya lebih banyak dan perawatannya juga lebih banyak,” ungkap Ayu.

Namun, layaknya usaha pada umumnya, pasti akan selalu ada rintangan yang menerpa. Saat pandemi datang, Ayu harus memutar otaknya demi mencari solusi atas tantangan-tantangan yang dihadapinya.

Agar Muslimah Mayam Salon dapat terus bertahan, ada banyak hal yang harus disesuaikan dan dilakukan oleh Ayu selama era kebiasaan baru. Apa saja?

  1. Mengubah sistem pelayanan hanya melalui booking, sehingga salon dapat memastikan jumlah tamu yang datang tidak melebihi kapasitas yang disarankan protokol kesehatan.
  2. Meningkatkan kenyamanan pelanggan dengan mengurangi kapasitas pelanggan dan karyawan, menerapkan protokol kesehatan ketat selama berada di salon, serta melakukan sanitasi rutin guna memastikan kebersihan salon agar risiko penyebaran virus dapat diminimalisir dan pengalaman pelanggan senantiasa terjaga.
  3. Meningkatkan promosi di berbagai kanal dengan membuat akun Instagram @salonmuslimahmaryam, melihat kondisi pasar di internet, sharing tren perawatan, hingga mengadakan webinar, untuk jangkau pasar yang lebih luas.
  4. Mendengarkan berbagai kritik dan saran dari pelanggan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan, loyalitas, dan kepuasan pelanggan. Sebab, jika pelanggan sudah merasa puas, sangat mungkin mereka melakukan promosi mulut ke mulut yang dampaknya jadi lebih besar.
  5. Meningkatkan efektivitas operasional melalui digitalisasi, serta meminimalisir metode pembukuan laporan dan keuangan konvensional agar lebih mudah dan cepat.
  6. Mencintai apa yang dikerjakan agar lebih jujur, disiplin, dan maksimal dalam melayani pelanggan sepenuh hati.

Hal-hal inilah yang akhirnya dapat membantu Muslimah Maryam Salon tetap bisa mengoperasikan usaha dengan maksimal, terus mendatangkan pelanggan, dan tentunya senantiasa meningkatkan penghasilan. Dari poin-poin di atas, apakah ada strategi yang pernah Anda terapkan?

Tak cuma itu, ada satu poin menarik lainnya yang dilakukan Muslimah Maryam Salon agar pelanggan tetap setia dan operasional berjalan lebih optimal, yakni melakukan pencatatan otomatis dan penerimaan pembayaran digital lewat GoBiz PLUS. Cari tahu bagaimana GoBiz PLUS bisa bantu usaha salon ini, yuk!

Baca Juga: QRIS Dapat Menerima Pembayaran dari Mana Saja, Ini Penjelasan Lengkapnya


Dari Pembukuan Hingga Pembayaran, Semua Serba Digital

GoBiz PLus

Berbagai tantangan dapat Ayu lalui dengan baik, malah semua memotivasi dirinya agar terus berinovasi dengan usaha yang dirintis sekarang. Salah satunya berinovasi mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju. Inovasi tersebut dimulai dengan bantuan GoBiz PLUS.

Mulai dari melakukan pembukuan laporan digital, hingga menyediakan pembayaran digital seperti GoPay melalui 1 QRIS yang telah menerima segala pembayaran dompet elektronik di Indonesia. Semua hal jadi lebih praktis, hanya dengan satu perangkat serba bisa GoBiz PLUS.

“Kami semua senang tahu ada GoBiz PLUS, tinggal klik klik klik gitu, udah. Semua menunya sudah ada di sana, terus keluar struk. Jangankan saya, karyawan pun mudah memahaminya,” ujar Ayu saat ditanya apa yang dirasakan saat menggunakan layanan GoBiz PLUS. 

Kemudahan demi kemudahan yang dirasakan Ayu ketika usaha Muslimah Maryam Salon ini menggunakan GoBiz PLUS adalah:

1. Pencatatan digital

Sebelumnya, Ayu dan karyawannya harus menulis semua laporan secara manual, yang menurutnya, cukup menghabiskan banyak waktu. Kini dengan GoBiz PLUS, Ayu bisa mendapatkan laporan otomatis yang dikirim melalui email setiap hari. Memantau kinerja Muslimah Maryam Salon pun jadi lebih mudah!

2. Praktis terima pembayaran digital

Dengan GoBiz PLUS, Ayu cukup menggunakan satu perangkat saja untuk melakukan banyak hal. Selain melakukan pencatatan otomatis, ia juga bisa menerima semua jenis pembayaran, mulai dari kartu debit, kartu kredit, hingga GoPay.

3. Pelanggan semakin nyaman karena kemudahan bertransaksi

Dengan menyediakan pembayaran digital, pelanggan pun bisa menghindari kontak fisik, terutama saat membayar dengan uang tunai. Kemudahan bertransaksi ini pun yang jadi salah satu poin plus Muslimah Maryam Salon yang membikin para pelanggan mau kembali dan kembali lagi. Tak heran jika pelanggan semakin bertambah banyak dan loyal pada usaha ini!

Baca Juga: 10 Manfaat Aplikasi Kasir Online bagi Kemajuan Bisnis

Nah, itulah dia pengalaman Ayu dalam menjalankan Muslimah Maryam Salon. Dari usaha ini dapat dipelajari bahwa ketika kita jeli melihat peluang pasar, pasti ada jalan untuk mengembangkannya. Apa pun kondisinya. 

Termasuk dengan menggunakan GoBiz PLUS yang menawarkan segala kemudahannya. Mulai dari pencatatan laporan, penerimaan pembayaran, pengelolaan usaha dengan lebih optimal, dan banyak lagi.

Ingin turut merasakan kemudahan yang dirasakan Ayu ketika mengelola Muslimah Maryam Salon ini? Yuk, pastikan Anda menjalankan strategi di atas dan gunakan GoBiz PLUS, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

#JAGOAturCuan dengan Buka Rekening Jago Lewat GoBiz & Dapatkan Rewards Menarik!

Kabar gembira! Bagi Anda yang ingin mengelola keuangan dengan lebih baik dan selengkapnya

Benarkah Pembayaran QRIS Tingkatkan Penjualan? Ini Rahasianya

Memanfaatkan pembayaran QRIS untuk bisnis akan membuat transaksi jadi lebih praktis. QRIS selengkapnya