Pusat Pengetahuan

Mau Usaha Roti Bakar? Berikut Modal & Rincian Keuntungannya

Usaha roti bakar atau yang lebih akrab dikenal sebagai ropang menjadi salah satu tempat hangout favorit anak-anak muda. Harganya yang bersahabat serta rasanya yang enak menjadikan ropang spot terbaik untuk menikmati malam hari bersama teman-teman.

Bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis baru, usaha roti bakar ini bisa jadi pertimbangan. Lengkap dengan rincian potensi, modal, dan tips, simak cara memulai bisnis roti bakar berikut ini.

Jangan lupa juga untuk mempercayakan operasional bisnis dengan layanan GoBiz yang memiliki fitur-fitur canggih nan praktis. Tidak perlu pusing mencatat pesanan penjualan secara manual atau membuat laporan keuangan yang sulit, GoBiz akan membantu Anda memudahkan segalanya.

Potensi usaha roti bakar

Banyak orang mengabaikan ide bisnis usaha roti bakar karena dianggap terlalu sederhana dan tidak terlalu menguntungkan. Padahal, roti bakar ternyata masih menjadi salah satu menu favorit yang digandrungi anak muda di Indonesia.

Mengapa usaha roti bakar masih begitu eksis di Indonesia hingga kini? Hal ini disebabkan oleh tren pasar, di mana banyak remaja serta dewasa muda yang suka pergi bersama teman-teman mereka untuk sekadar hangout atau ngobrol santai. Tentunya, mereka mencari tempat yang nyaman dengan menu yang murah. Di sinilah letak kesuksesan usaha roti bakar berada.

Roti tawar yang dipanggang menggunakan pemanggang atau dimasak di wajan menghasilkan tekstur renyah dan sensasi smoky. Lebih enak lagi dengan topping pilihan, salah satunya adalah meses yang wajib ada dalam setiap menu roti bakar. 

Tidak hanya itu saja, kini roti bakar juga disajikan dengan variasi topping kekinian yang menjadikannya benar-benar unik. Tentunya tanpa mengurangi rasa dan tetap ramah di kantong.

Memulai usaha roti bakar bisa dianggap mudah karena bahan-bahan yang mudah untuk dibeli di pasaran. Selain itu, hampir semua orang menyukai santapan yang satu ini. Tetapi, Anda tetap harus membuat perencanaan matang. Mari mulai dari menentukan menu roti bakar yang akan dijual.

Variasi menu yang bisa dicoba

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu daya tarik dari usaha roti bakar adalah variasi topping yang beragam. Apa saja kira-kira varian roti bakar yang wajib tersedia dalam usaha roti bakar Anda?

1. Roti bakar coklat keju

Ini dia varian roti bakar yang paling pas di lidah masyarakat Indonesia. Perpaduan meses coklat yang manis dengan parutan keju yang gurih semakin lezat dengan siraman susu kental manis. Anda juga bisa menambahkan selai coklat, bahkan memasukkan parutan keju saat roti dibakar agar keju tersebut dapat meleleh sempurna.

2. Roti bakar coklat kacang

Rasa manis dengan sedikit rasa asin dari selai kacang begitu nikmat di lidah, apalagi dengan tambahan meses coklat yang melimpah. Tidak heran kalau menu roti bakar yang satu ini jadi salah satu favorit pecinta ropang. Anda pun bisa menggunakan selai kacang bertekstur kasar agar tekstur roti bakar lebih renyah.

3. Roti bakar keju, pisang, dan coklat

Enak dan mengenyangkan, menu roti bakar yang satu ini cocok untuk disantap bersama teman-teman. Gabungan rasa dan tekstur yang tercipta bisa buat lidah bergoyang. Paduan roti bakar dengan topping parutan keju, potongan buah pisang, dan taburan meses coklat akan membuat usaha roti bakar Anda semakin ramai pengunjung.

4. Roti bakar kornet keju

Jika biasanya roti bakar yang dijual diberikan topping manis, Anda harus berani tampil beda dan menghadirkan menu roti bakar yang gurih. Mirip dengan sandwich, roti bakar ini penuh dengan kornet dan keju, santapan lezat bagi pengunjung yang kurang menyukai makanan manis. Selain itu, menu roti bakar ini juga bisa dijadikan hidangan pembuka atau menu untuk mengganjal perut saat lapar.

Cara membuat roti panggang

Setelah sudah mempersiapkan menu-menu roti bakar apa saja yang akan disajikan, saatnya bagi Anda untuk menentukan resep roti bakar yang lezat. Komponen utama dari bisnis kuliner yang sukses adalah resep yang enak sekaligus mudah untuk dilakukan. Tidak perlu khawatir, Anda bisa memakai resep berikut sebagai salah satu sajian roti bakar.

Bahan-bahan:

  • 3 lembar roti tawar
  • 3 sdm margarin
  • 3 sdm meses coklat
  • 1 sachet susu kental manis (rasa apa saja)
  • ½ blok keju yang diparut halus

Cara membuat:

  • Siapkan alat pemanggang. Nyalakan tungku api.
  • Jika tidak memiliki alat pemanggang, gunakan teflon dan kompor gas. Lelehkan margarin di teflon.
  • Panggang roti hingga permukaannya mulai berwarna kecoklatan. Kemudian, balik roti hingga kedua permukaannya berwarna coklat gosong.
  • Sajikan roti yang sudah dibakar di atas piring.
  • Beri taburan meses. Lipat menjadi bentuk segitiga. Tambahkan susu kental manis dan parutan keju di atasnya.
  • Roti bakar coklat keju pun siap untuk disantap.

Sangat mudah, bukan? Cukup menggunakan bahan-bahan yang tersedia di berbagai pasar dan toko, Anda sudah bisa memasak roti panggang dalam waktu sekitar 10 menit saja. Roti tawar juga bisa dicelupkan ke dalam campuran telur yang sudah dikocok agar rasanya lebih gurih setelah dipanggang.

Estimasi modal dan keuntungan usaha roti bakar

Kini saatnya untuk melihat estimasi total modal usaha yang harus dimiliki sebelum membuka usaha roti bakar. Mulai dari biaya perlengkapan, sewa tempat, hingga bahan-bahan makanan, semua sudah dihitung dengan perkiraan harga terkini. 

Perlengkapan:

BarangJumlahEstimasi harga
Etalase1 unitRp1,000,000
Kompor1 unitRp300,000
Wadah2 unitRp100,000
Serbet1 unitRp30,000
Piring50 unitRp100,000
Sendok & garpu50 pasangRp100,000
Pisau1 unitRp50,000
Talenan1 unitRp22,000
Nampan 1 unitRp28,000
Meja3 unitRp1,350,000
Kursi16 unitRp1,600,000
Total biaya perlengkapan
Rp4,680,000

Bahan operasional bulanan:

BarangJumlahEstimasi harga
Roti tawar600 pakRp3,000,000
Coklat meses40 pcsRp500,000
Margarin10 pcsRp100,000
Keju30 pcsRp400,000
Pisang15 sisirRp500,000
Susu kental manis50 pcsRp450,000
Gas12 tabungRp200,000
Plastik30 pakRp300,000
Sewa tempat30 hariRp1,500,000
Air dan listrik30 hariRp450,000
Total biaya bulanan
Rp7,400,000

Dari estimasi di atas, bisa dipastikan bahwa total modal yang harus dikeluarkan adalah hasil dari penjumlahan total biaya perlengkapan dengan total biaya operasional bulanan, yakni sebesar Rp12,080,000. 

Daftar-daftar harga tersebut tentunya bisa berubah, tergantung pada kondisi pasar serta kebutuhan usaha roti bakar Anda. Estimasi modal yang harus ditanggung selama 30 hari akan tertutup apabila usaha roti bakar memiliki pendapatan per bulan sebagai berikut.

Harga roti bakar per porsiTarget penjualanTotal pemasukan
Rp15,00040 porsi per hariRp22,500,000
Estimasi modal awal
Rp12,080,000
Keuntungan bersih
Rp10,420,000

Perkiraan keuntungan bersih berikut ini bisa didapatkan apabila Anda menetapkan harga roti bakar per porsi sebesar Rp15,000. Tentunya, harga bisa Anda ubah sesuai dengan menu roti bakar yang disajikan. Selama usaha roti bakar memenuhi target penjualan per hari, maka Anda bisa menutup modal usaha sekaligus mendapatkan keuntungan setiap bulannya.

Tips memulai usaha roti bakar

Sebelum Anda memulai usaha roti bakar sendiri, ada lagi beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menjamin kesuksesan usaha roti bakar tersebut. Berikut tips-tips memulai bisnis yang bisa Anda coba lakukan.

1. Tentukan lokasi strategis

Pelanggan pertama yang Anda miliki pastinya berasal dari daerah di sekitar lokasi usaha Anda. Oleh sebab itu, Anda bisa membuka usaha roti bakar di daerah perumahan atau area kampus yang ramai pengunjung, baik siang maupun malam hari.

Karena warung roti bakar sering dijadikan tempat hangout, Anda harus menyiapkan tempat dengan dekor yang nyaman. Tidak perlu berlebihan, selama tempat tersebut memiliki kursi dan meja, maka sudah cukup.

2. Promosi online dan offline

Tidak bisa dipungkiri bahwa eksistensi bisnis Anda bisa ditunjang melalui media promosi online. Manfaatkan sosial media untuk menarik lebih banyak pelanggan dengan konten-konten menarik, khususnya promo-promo yang sedang berlangsung.

Selain media promosi online, Anda juga perlu untuk melakukan promosi secara langsung. Salah satu contohnya adalah dengan menyebarkan flyer di area sekitar toko. Tentunya, warga sekitar akan mengetahui bahwa ada toko roti bakar baru.

3. Kerja sama dengan partner terpercaya

Partner yang dimaksud bukan hanya partner dalam merintis usaha, tetapi juga termasuk supplier. Anda harus membangun hubungan baik dengan para supplier untuk memastikan kualitas barang tetap terjaga dengan harga yang pas.

Terlebih lagi, Anda perlu mengembangkan bisnis Anda dengan bantuan layanan pesan antar makanan online seperti GoFood atau pembayaran digital seperti GoPay. Fitur-fitur ini akan memudahkan pelanggan untuk membeli roti bakar Anda.

Tertarik untuk merintis usaha roti bakar? Melalui cara dan tips yang sudah dibaca, Anda pun sudah siap untuk merencanakan bisnis. Jangan lupa untuk memanfaatkan layanan GoBiz yang sudah dipercaya oleh banyak lini usaha di Indonesia. Selamat mencoba!

Sumber foto: okezone.com

Read more about:

Artikel Terkait

14 Tips Kemasan Makanan yang Menarik & Aman untuk Delivery

Di tengah pandemi yang disebabkan penyebaran COVID-19 dan penerapan Pembatasan Sosial selengkapnya

Tingkatkan Penjualan Usaha Kuliner dengan 15 Cara Ini

Saat Anda sudah memulai usaha kuliner dan sudah mulai menguasai tempo operasional selengkapnya