Pusat Pengetahuan

5 Tips Usaha Kue Kering Jelang Hari Raya Idul Fitri

Sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri tiba, itu berarti peluang bagi Anda yang gemar membuat kue kering. Ini bisa jadi kesempatan untuk usaha kue kering Anda dipesan lebih banyak calon pembeli menjelang hari raya. 

Untuk membuat bisnis Anda semakin laku keras menjelang lebaran nanti, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan dan siapkan sembari menunggu waktu eksekusi membuat kue kering.

5 Tips memulai usaha kue kering

Sebelum membaca ulasan tentang tips-tips yang dapat Anda lakukan, pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi GoBiz untuk menunjang usaha kue kering milik Anda ini.

Dengan fitur yang dapat membantu Anda merekam semua transaksi pembelian serta memudahkan transaksi pembayaran secara online, Anda akan lebih dimudahkan saat berjualan kue kering nantinya.

1. Pilih jenis kue kering yang akan dijual

Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah memastikan jenis-jenis kue kering apa saja yang akan Anda jual nantinya. Anda dapat memilih kue-kue kering khas lebaran yang banyak ditunggu orang-orang menjelang hari raya.

Jangan lupa untuk menyesuaikan juga dengan kemampuan Anda sendiri dalam mengolah panganan ini agar usaha kue kering Anda tetap terasa kualitasnya secara rasa.

Beberapa jenis kue kering ini seperti nastar, kastengels, kue putri salju, dan masih banyak lagi. Selain menyesuaikan dengan kemampuan Anda memasak kue-kue kering ini, sesuaikan juga dengan peralatan memasak yang Anda miliki di rumah. Kalau Anda memiliki modal lebih untuk melengkapi beberapa peralatan, maka tidak jadi masalah. 

Saat memilih jenis-jenis kue kering yang akan Anda jadikan bagian dari usaha kue kering, pastikan juga untuk melakukan riset kecil-kecilan untuk mencari tahu harga setiap toples kue kering di pasaran.

Sehingga, Anda dapat menyesuaikan juga dengan pengeluaran saat akan membeli bahan-bahan untuk membuat kue kering tersebut.

2. Jangan takut melakukan inovasi

Beberapa resep atau jenis kue kering ini juga dapat Anda modifikasi sendiri untuk membuatnya jadi lebih unik, sehingga menarik perhatian calon pembeli. Selain melakukan modifikasi resep kue-kue kering ini, Anda juga dapat melakukan inovasi lainnya untuk membuat usaha kue kering Anda jadi semakin menarik perhatian pembeli.

Salah satunya adalah dengan mengemas kue kering dalam paket-paket hadiah atau parcel yang menarik. Hal ini memudahkan beberapa pembeli yang hendak memberikan bingkisan saat Hari Raya nanti.

Jika Anda memiliki ide-ide lainnya untuk memberikan sentuhan inovasi pada usaha kue kering ini, jangan ragu. Apalagi jika punya peluang bagus dalam meningkatkan pesanan untuk usaha kue kering Anda.

3. Awasi tanggal kedaluwarsa kue kering

Hal lainnya yang juga tidak kalah penting saat memiliki usaha kue kering adalah mengawasi serta mencantumkan tanggal kedaluwarsa kue kering yang Anda buat. Ini penting, karena banyak konsumen yang membeli kue kering pasti akan menanyakan informasi ini. Jadi, jangan lupa cantumkan informasi ini pada toples setiap kue kering yang Anda buat.

Jika Anda memulai usaha dengan kejujuran dan memberikan informasi yang benar, akan ada banyak konsumen yang diuntungkan. Bukan tidak mungkin usaha Anda kemudian akan terus berkembang dan bertumbuh. Terutama dengan adanya pesanan rutin dari pelanggan yang sudah percaya dengan kualitas kue kering buatan Anda ini.

4. Jual kue kering Anda secara online

Jangan ragu untuk berjualan secara online. Kanal-kanal online ini bisa jadi media yang sangat membantu Anda untuk mendapatkan pembeli lebih banyak lagi. Anda dapat memanfaatkan laman media sosial Anda sendiri untuk mempromosikan kue kering buatan Anda. Dengan begitu, usaha kue kering dapat bertumbuh cepat dengan menerima banyak pesanan.

Tidak ada salahnya juga untuk membuka laman pesanan online di aplikasi-aplikasi yang menyediakan fitur pembelian makanan. Apalagi jika Anda sudah memakai aplikasi GoBiz, Anda akan lebih dimudahkan, tidak terkecuali konsumen Anda yang dapat memesan dan membayar langsung dengan aplikasi yang sudah terintegrasi dengan GoBiz tersebut.

5. Optimalkan testimoni baik dari pelanggan 

Saat sudah mendapatkan pembeli, coba tanyakan pendapat serta testimoni dari mereka terkait kue kering yang Anda buat ini. Jika terdapat keluhan, Anda bisa mengetahui kekurangan dari kue kering yang Anda buat atau hal lainnya seperti desain kemasan misalnya. Sehingga, usaha kue kering ini dapat terus berkembang jadi lebih baik.

Sementara testimoni yang baik dari pelanggan bisa jadi alat promosi yang baik buat usaha. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang percaya dengan kualitas kue kering buatan Anda.

Tidak ada salahnya juga untuk mengirimkan sampel kue kering gratis pada teman Anda yang punya banyak pengikut di media sosial untuk kemudian membantu mempromosikan kue kering yang Anda buat ini.

Dengan tips-tips di atas ini, usaha Anda dapat berkembang perlahan-lahan jadi lebih baik. Akan ada lebih banyak pembeli yang akhirnya berkesempatan mencicipi kue kering berkualitas dan enak yang Anda buat. Optimalkan semua tips yang sudah Anda baca, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pula.

Read more about:

Artikel Terkait

14 Tips Kemasan Makanan yang Menarik & Aman untuk Delivery

Di tengah pandemi yang disebabkan penyebaran COVID-19 dan penerapan Pembatasan Sosial selengkapnya

Tingkatkan Penjualan Usaha Kuliner dengan 15 Cara Ini

Saat Anda sudah memulai usaha kuliner dan sudah mulai menguasai tempo operasional selengkapnya