GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

3 Tips Kolaborasi Bisnis Agar Usaha Makin Dikenali

3 Tips Kolaborasi Bisnis Agar Usaha Makin Dikenali – Di tengah menggeliatnya UMKM di Indonesia yang sangat aktif selama beberapa tahun terakhir, pemilik usaha harus cerdas dalam menentukan strategi pemasaran. Dengan ribuan—bahkan jutaan—kompetitor yang ada, tentu perlu trik khusus agar produk tersebut menjadi yang dipilih pelanggan.

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan penjualan—yang tentunya akan berdampak pada pendapatan—adalah melalui kolaborasi bisnis. Metode ini sudah banyak dilakukan oleh pelaku usaha, bahkan oleh pemain bisnis berskala besar sekalipun.


Mengapa Penting Menjalankan Kolaborasi Bisnis?

komunitas bisnis online - membangun relasi dengan sesama pemilik usaha - jabat tangan - Tips Kolaborasi Bisnis

Sederhananya, Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Terutama jika masih merintis dengan resource terbatas—baik dari segi modal finansial maupun SDM—maka memanfaatkan resource yang dimiliki oleh pihak lain akan sangat membantu bagi kemajuan UMKM Anda. Seperti contoh, Anda membuat usaha dessert box kekinian

Anda tentu menyadari bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang memiliki produk ini, bukan? Artinya, Anda perlu melakukan promosi dan menggaet atensi masyarakat untuk memilih produk Anda dibandingkan produk yang sudah ada sebelumnya.

Melakukan promosi konvensional seperti menyebar brosur memang kurang efektif dan efisien untuk diterapkan pada masa sekarang. Namun, tidakkah mengelola sendiri media sosial cukup? 

Di era kini dengan pesaing UMKM lain yang terus bermunculan, sulit jika Anda hanya mengelola sendiri.  Anda bahkan harus menguasai berbagai teknik digital marketing yang luar biasa kompleks apabila ingin meraup laba dengan cepat.

Hal serupa juga berlaku jika Anda merupakan pelopor dessert box di sebuah daerah. Anda tetap memerlukan promosi untuk membuat masyarakat mengenali kehadiran produk usaha tersebut—dan tetap harus menguasai teknik digital marketing jika ingin melakukannya sendiri. 

Sementara itu, bandingkan dengan pihak lain yang sudah mempunyai “pasar” (dalam hal ini misal seorang pemilik akun Instagram dengan follower sebanyak 100 ribu). Jika Anda melakukan kolaborasi dengan pihak tersebut, artinya Anda sudah bisa “mengiklankan” produk usaha Anda ke follower tersebut.

Dalam kata lain, kolaborasi bisnis dapat mempercepat peluang Anda meraup pasar yang lebih luas sehingga meningkatkan potensi terjadinya sales lebih cepat.


3 Tips Kolaborasi Bisnis Agar Usaha Makin Cepat Dikenali

Tips Kolaborasi Bisnis

Meski terlihat menjanjikan, Anda tetap perlu mempertimbangkan beberapa hal saat akan melakukan kolaborasi bisnis.  Lakukan hal-hal kolaboratif yang memang dapat membantu meningkatkan usaha Anda. 

Ingat bahwa kolaborasi harus bisa memberi manfaat kedua belah pihak alias win-win solution sehingga masing-masing pihak tak ada yang dirugikan sesuai kesepakatan.

Jika Anda masih baru akan mencoba berkolaborasi, perluas jaringan. Anda bisa bergabung ke komunitas bisnis dan mulailah menjalin relasi dengan anggotanya. Selain itu, perluas wawasan dengan mengikuti webinar dan membaca berbagai artikel bisnis seperti di blog GoBiz.

Nah, jika Anda sudah siap untuk berkolaborasi dan, lakukan beberapa tips kolaborasi bisnis ini agar makin maksimal.

1. Manfaatkan Banyak Platform Media Sosial  

Ini dia tips kolaborasi bisnis yang pertama. Jumlah pengguna media sosial aktif di Indonesia per Januari 2021 mencapai 160 juta. Artinya, lebih dari separuh penduduk Indonesia yang menjadikan media sosial sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, baik melalui Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan lain-lain.

Manfaatkan seluruh platform tersebut untuk meningkatkan penjualan produk UMKM Anda. Anda bisa berkolaborasi dengan partner yang dipilih dengan menyajikan konten yang menarik minat masyarakat agar membeli produk tersebut dan menyebarkannya di berbagai platform.

Anda bisa berkolaborasi dengan komunitas atau influencer untuk promosi dan meningkatkan brand awareness. Perbanyak promo dengan melakukan lomba, giveaway, kuis, dan sebagainya. 

2. Memilih Partner Kredibel

Anda juga perlu memikirkan image seperti apa yang ingin ditampilkan kepada masyarakat atas produk yang ditawarkan. Pilih pula partner yang sesuai dengan identitas produk UMKM Anda.

Seperti misal, Anda membuka kedai makan. Jika ingin menggunakan jasa influencer, akan lebih pas jika Anda berkolaborasi dengan influencer yang memang kerap melakukan membuat konten di bidang kuliner.

Hal ini tidak harus, tentu saja. Namun, kepercayaan masyarakat tentu akan lebih terbangun kuat jika memang ‘pakar’-nya yang berbicara, bukan?

Adapun untuk menginisiasi kolaborasi ini, cara yang perlu Anda lakukan berbeda-beda sesuai karakter dan ketentuan dari calon partner.

Sebagai langkah awal, Anda bisa menghubungi dulu (baik melalui pesan teks, DM, email, maupun telepon) ke pihak yang ditargetkan. Setelah itu, mereka biasanya menentukan apa saja yang harus Anda siapkan—beberapa mungkin hanya perlu berdiskusi, sementara beberapa lainnya mungkin perlu dilengkapi dengan proposal atau dokumen pendukung.

3. Pilih dan Ciptakan Momen yang Tepat

Timing merupakan faktor lain yang bisa Anda pertimbangkan agar promo makin optimal.

Seperti contoh, Anda menjual produk makanan dan usaha B menjual minuman. Lakukan kolaborasi dengan usaha untuk membuat paket hampers di momen Idulfitri atau Natal dengan mengombinasikan menu terbaik dari kedua belah pihak.

Contoh lainnya, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan atau instansi X untuk memberikan promo. Berikan voucher potongan harga bagi karyawan perusahaan tersebut untuk membeli makanan Anda di periode tertentu seperti tanggal 25-5 setiap bulannya (batas waktu gajian). 

Selain hari-hari besar yang lazim, Anda bisa memberi promo untuk segmen pelanggan tertentu secara bergantian. Misal, Anda bisa memberi potongan harga untuk pelanggan yang datang bersama keluarga pada hari anak, diskon untuk guru bagi tenaga pendidik di hari guru, dan sebagainya.

Jenis promo yang Anda gunakan sangatlah bervariasi. Sebagai referensi, di samping paket bundling (seperti makanan + minuman contohnya) yang lebih hemat, Anda juga bisa menambahkan promo yang tak kalah menarik seperti cashback jika membayar dengan GoPay maupun kartu (khusus untuk di outlet offline).

apa itu gobiz plus dari gojek

Nah, bicara soal kartu, sudahkah Anda menggunakan GoBiz PLUS dari GoBiz? GoBiz PLUS merupakan perangkat kasir serba bisa, yang dapat membantu mempermudah urusan transaksi dan pembayaran usaha Anda. Termasuk apabila pelanggan ingin melakukan pembayaran kartu debit/kredit.

Tak cuma itu, GoBiz PLUS juga bisa digunakan untuk mencetak struk tanpa perangkat tambahan. Perangkat ini pun bisa jadi solusi pembayaran yang mudah, tanpa harus melakukan permintaan mesin EDC ke bank, lho!

Tertarik untuk mencoba GoBiz PLUS dan merasakan manfaatnya bagi usaha?

Itulah dia tips kolaborasi bisnis yang Anda terapkan ketika menjalani usaha. Sudah siap untuk kembangkan bisnis lebih cepat dengan kolaborasi-kolaborasi yang menguntungkan?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya