GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Promosi Usaha untuk Pelanggan, Ini 5 Manfaatnya

Promosi Usaha untuk Pelanggan, Ini 5 Manfaatnya – Pelanggan mana, sih, yang tak tertarik dengan adanya promo? Entah dalam bentuk diskon, cashback, paket hemat, atau beli 1 gratis 1, semuanya pasti berpotensi memengaruhi psikologi pelanggan untuk makin mempertimbangkan pembelian. Bukan begitu?

Studi dari Claremont Graduate University menemukan bahwa diskon mampu meningkatkan hormon oksitosin pelanggan. Pasalnya, pelanggan akan melihat diskon sebagai sebuah kesempatan menguntungkan karena bisa membeli barang dengan lebih hemat.

Itulah mengapa, dengan membuat promosi usaha untuk pelanggan, hal ini akan memberi asosiasi yang positif terhadap brand Anda. Wah, menarik, ya?  

Namun sebelum itu, Anda sebagai pemilik usaha tentunya harus terlebih dahulu menyediakan anggaran untuk promosi usaha, jika ingin usaha makin dikenal pelanggan. Pasalnya, memberikan promo berarti mengurangi margin yang bisa Anda peroleh, sehingga penting untuk melakukan perhitungan tersebut secara matang. 

Agar Anda makin yakin membuat promosi usaha, yuk, simak dulu beberapa manfaat memberikan promo menarik bagi pelanggan!

Baca Juga: Usaha Bangkrut sering Disebabkan 7 Hal Ini


5 Manfaat Membuat Promosi Usaha

Promosi Usaha untuk Pelanggan, Ini 5 Manfaatnya

Pada dasarnya, promo merupakan sebuah investasi bagi usaha Anda. Maka layaknya investasi, Anda pun berkesempatan memperoleh berbagai keuntungan darinya, antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan brand awareness

Jika Anda baru merintis usaha, maka goal yang perlu Anda capai adalah brand awareness. Adapun yang dimaksud dengan brand awareness adalah kondisi masyarakat yang mengetahui dan mengenali produk Anda di pasaran. 

Pertanyaannya kemudian, bagaimana cara untuk meningkatkan brand awareness ini?

Status Anda sebagai “pemain baru” barangkali akan menimbulkan keraguan di hati dan benak konsumen untuk mencoba. Sering kali, mereka seperti harus bertanya-tanya: Apakah uang yang mereka keluarkan sepadan dengan kualitas produk yang belum terlalu banyak review-nya? 

Di sinilah, kehadiran promo dapat mematahkan pandangan itu dan meningkatkan brand awareness usaha Anda. Pertimbangannya, pelanggan akan merasa lebih berkenan untuk mencoba produk yang belum familier ketika ada kesempatan mendapatkannya dengan penawaran lebih rendah.

2. Meningkatkan jumlah pelanggan baru

Berikutnya, manfaat lain dari promo menarik untuk usaha Anda ialah meningkatkan jumlah pelanggan baru. Seiring dengan meningkatnya brand awareness, jumlah pelanggan baru pun bisa terus bertambah.

Seperti contoh, Anda menjual seporsi nasi lalapan ayam dengan harga Rp15 ribu. Jika modal total yang Anda keluarkan untuk produk tersebut adalah Rp9 ribu, maka Anda memiliki margin (laba) sebesar Rp6 ribu.

Anda kemudian bermaksud memberi promo potongan harga sebesar 20%, sehingga harga jual satu porsinya menjadi Rp12 ribu. Artinya, margin yang Anda peroleh setiap penjualan seporsi nasi lalapan ayam promo adalah Rp3 ribu.

Apabila Anda berhasil menjual nasi lalapan ayam dengan margin Rp6 ribu sebanyak 10 porsi atau margin Rp3 ribu sebanyak 20 porsi, maka keuntungan yang Anda peroleh secara nominal memang sama.

Namun, itu artinya, Anda berhasil mendatangkan lebih banyak pelanggan baru untuk mengetahui dan mencoba produk Anda.

3. Meningkatkan jumlah transaksi berkat promosi usaha

mencatat Transaksi Keuangan Perusahaan secara otomatis

Akan tetapi jika dibedah lebih lanjut, nominal yang Anda peroleh untuk setiap porsi ayam dengan harga promo tentulah lebih kecil dibandingkan harga asli. Kalau begitu, bukankah pengurangan margin tersebut justru merugikan pihak penjual? 

Nyatanya tidak selalu demikian. Selama Anda menetapkan harga promo tetap dalam batas margin (tidak impas dengan harga modal), maka Anda tetaplah untung. 

Namun, seperti yang disebutkan di awal tadi, potensi keputusan pelanggan untuk membeli barang dengan iming-iming promo akan lebih besar dibandingkan membeli barang dengan harga normal.  Jadi, kemungkinan jumlah pembeli saat Anda menawarkan harga yang lebih hemat akan meningkat.

Oleh sebab itu, Anda tak perlu takut merugi. Toh, bukan rahasia lagi bahwa banyak usaha besar yang berhasil merajai persaingan karena menerapkan kunci sederhana: Margin lebih kecil, kuantitas lebih besar.

Baca Juga: 5 Komponen Wajib untuk Cetak Struk Kasir

4. Meningkatkan jumlah pelanggan setia

kepuasan pelanggan - seorang pelanggan bekerja di cafe - cara memahami pelanggan

Ini dia manfaat memberikan promo menarik selanjutnya. Pelanggan selalu ingin layanan yang praktis dan nyaman. Baik dari segi pembayaran, layanan, maupun dari segi produk yang sesuai tren masa kini.

Makin puas pelanggan dengan produk dan layanan yang diberikan, makin besar peluang mereka akan menjadi pelanggan setia.

Di sisi lain, banyak pelanggan yang juga menyukai promo yang bisa didapat dari layanan pembayaran nontunai, lho! Untuk itu, tak ada salahnya bila Anda mencoba GoBiz PLUS, produk kasir yang bisa digunakan untuk menerima pembayaran nontunai, termasuk GoPay atau kartu debit dan kredit, serta dilengkapi perangkat untuk mencetak struk. 

Memberikan promosi usaha yang menarik untuk pelanggan, tentu bisa membuat mereka setia pada usaha Anda.

Yuk, lihat rekomendasi promo apa saja yang bisa Anda buat di halaman ini.

5. Mempermudah pencatatan keuangan

Transaksi dengan cara manual harus membuat Anda bekerja lebih banyak dalam melakukan pencatatan. Namun dengan pembayaran digital di GoBiz, Anda bisa melakukan pencatatan dengan lebih rapi dan mudah, serta serbaotomatis.

Promo menarik juga sering kali tersedia bagi para Mitra Usaha Gojek untuk meningkatkan transaksi pembayaran kartu. Mari terus tingkatkan usaha Anda melalui berbagai promo pembayaran bagi pelanggan Anda! 


Bagaimana, menarik bukan? Itulah dia beberapa manfaat memberikan promosi usaha menarik bagi pelanggan, khususnya melalui aplikasi dan perangkat GoBiz PLUS. 

Maka dari itu, yuk, nikmati berbagai manfaat di atas dan tingkatkan terus pembayaran nontunai Anda! Ayo, coba GoBiz PLUS sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya