GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Strategi Pemasaran Online Selama Ramadan Agar Laris

7 Strategi Pemasaran Online Selama Ramadan – Ramadan adalah momen spesial yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat Muslim. Selain itu, Ramadan juga jadi momen emas bagi banyak usaha untuk meraup lebih banyak keuntungan.

Pastinya Anda pun sedang mencari cara untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan di bulan puasa, kan? Nah, mari kita simak 7 strategi pemasaran online berikut ini yang bisa Anda lakukan di bulan Ramadan. 

7 Strategi Pemasaran Online Selama Ramadan untuk Meningkatkan Penjualan

5 Cara Pemilik Usaha Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan - analisis kompetitor

1. Buat promo spesial Ramadan

Ramadan di tahun 2021 ini memang sedikit berbeda, terbukti dari survei Katadata Insight Center (KIC) yang menunjukkan bahwa prioritas utama masyarakat kini adalah pengelolaan keuangan yang pintar. Jadi, tidak heran kalau promo spesial Ramadan semakin banyak diserbu oleh masyarakat.

Karenanya, Anda pun harus siap membuat promo spesial yang tidak hanya hemat, tetapi juga menarik perhatian. Misalnya, Anda bisa menghadirkan promo diskon menjelang Lebaran, promo beli satu gratis satu, atau promo bundling yang bisa dijadikan hampers Lebaran. 

2. Perkuat online presence

Tren stay at home lifestyle yang masih berlanjut di momen Ramadan kali ini pun harus Anda manfaatkan untuk terus memperkuat online presence dari usaha Anda.

Bagaimana caranya? Anda bisa uplod konten-konten menarik di media sosial usaha Anda. Lalu, kembangkan juga online presence melalui channel penjualan online yang baru, misalnya penjualan lewat e-commerce atau lewat GoFood bagi usaha kuliner.

Terakhir, pastikan usaha Anda selalu aktif secara online untuk membalas pertanyaan atau tanggapan dari pelanggan, ya!

Baca juga: 7 Cara Promosi di Instagram untuk Pemula

3. Rancang campaign Ramadan yang menarik

Momentum Ramadan memang sangat spesial di Indonesia sehingga masyarakat pun selalu menanti kampanye pemasaran spesial Ramadan.

Nah, biasanya kampanye pemasaran ini berupa video. Hal utama yang wajib Anda lakukan adalah memahami perilaku konsumen Anda. Dengan begitu, Anda pun bisa merancang kampanye yang tepat sasaran.

Misalnya untuk usaha kuliner kekinian, Anda bisa fokus membuat video yang lucu, nyeleneh, dan viral.

4. Atur ulang jadwal posting media sosial

Kegiatan berpuasa membuat jadwal sehari-hari ikut berubah. Kalau biasanya orang-orang sudah tidur lelap di pukul 3 subuh, di bulan puasa malah ada banyak sekali orang yang aktif di media sosial di pukul 3 subuh karena harus sahur.

Karena itu, Anda pun perlu mengatur ulang jadwal posting di media sosial. Jam makan siang sudah bukan lagi prime time untuk upload konten, sekarang Anda bisa fokus posting di sore hari menjelang berbuka dan saat sahur.

Supaya lebih mudah, sebaiknya Anda menggunakan fitur ads berbayar agar bisa melihat insights media sosial. 

5. Jalin kerja sama dengan influencers

Berkaitan dengan upaya untuk meningkatkan online presence bisnis Anda, Sekarang ini, masyarakat lebih percaya dengan rekomendasi produk dari para influencers.

Kuncinya, Anda harus pintar-pintar dalam memilih influencers yang akan diajak kerja sama untuk memasarkan produk maupun jasa Anda. Kaitkan image influencers dengan target pasar Anda.

Jika produk menyasar ke generasi muda, bisa memilih influencers yang tengah digandrungi anak muda juga, ya!

Baca juga: 7 Cara Menghasilkan Uang Sampingan Saat Puasa

6. Hadirkan produk baru edisi Ramadan

Masyarakat selain menyukai promo, ternyata juga suka menyerbu produk limited edition. Ada kepuasan tersendiri ketika mereka berhasil mendapatkan produk spesial yang dijual terbatas.

Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjual produk baru edisi Ramadan.

Sebenarnya Anda tidak perlu sampai memproduksi produk baru, bisa juga dengan melakukan repackaging dengan desain kemasan unik. Pastikan juga bahwa produk baru ini berkaitan dengan momen Ramadan, seperti misalnya menu makanan dengan saus kurma.

7. Optimalkan layanan pesan antar

Berdasarkan data dari ADA digital agency, ternyata masyarakat Indonesia selama Ramadan di tengah pandemi lebih memilih untuk makan di rumah saja. Namun, bukan berarti usaha kuliner akhirnya jadi sepi pembeli, lho!

Karenanya, bagi Anda yang merintis usaha ini, tak ada salahnya, lho, untuk mencoba layanan pesan antar makanan seperti GoFood agar Anda bisa jangkau lebih banyak pelanggan dan terima lebih banyak orderan!

Untuk menikmati layanan GoFood, Anda hanya perlu daftar GoBiz dengan download aplikasinya di Play Store, kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Selain bisa menikmati layanan GoFood, dengan daftar GoBiz pun Anda juga bisa terima berbagai pembayaran nontunai dengan GoPay, menggunakan fitur GoKasir, dan banyak lagi.mengakses point of sale, serta mengajukan pinjaman. Mudah, cepat, dan aman. Mari kembangkan bisnis Anda di bulan Ramadan bersama GoBiz!

Tunggu apa lagi? Yuk, jalani strategi promosi online di atas dan bergabunglah dengan GoBiz!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Danke Cafe: Saat Seorang Dokter Tak Hanya Ingin Menyembuhkan tapi Juga Ingin Menyajikan Makanan & Minuman

Danke Cafe: Saat Seorang Dokter Tak Hanya Ingin Menyembuhkan tapi Juga Ingin Menyajikan selengkapnya

Piutang Usaha Adalah: Pengertian, Jenis, dan Bedanya dari Utang

Piutang usaha adalah uang yang harus pelangkan bayarkan kepada perusahaan atas barang selengkapnya