GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

3 Cara Meningkatkan Brand Exposure Usaha Anda

3 Cara Meningkatkan Brand Exposure Usaha Anda – Branding merupakan salah satu elemen penting yang perlu dilakukan oleh pemilik usaha. Hal ini khususnya sangat diperlukan bagi usaha kecil terutama yang baru saja mulai.

Pada dasarnya, branding merupakan usaha yang Anda lakukan untuk menciptakan karakter atau identitas sebuah merek dan dikenal oleh konsumen. Makin kuat upaya yang dilakukan, makin besar kesempatan produk Anda menjadi top of mind bahkan brand dominance di benak konsumen.


Apa Itu Brand Exposure?

Pengertian branding - cara meningkatkan brand exposure usaha Anda

Brand exposure merupakan salah satu cara yang Anda lakukan dalam branding. Dalam definisi yang lebih sederhana, brand exposure adalah kegiatan yang Anda jalankan untuk mengiklankan produk yang ditawarkan.

Tujuan brand exposure tentunya memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat umum sehingga terbentuk brand awareness (kesadaran masyarakat terhadap merek atau produk yang Anda tawarkan). 

Adapun tahapan dalam brand awareness adalah sebagai berikut.

  1. Brand recall: Konsumen dapat mengingat nama merek produk Anda.
  2. Brand recognition: Konsumen dapat mengenali perbedaan antara produk Anda dengan produk lainnya (misal dapat menyebut ciri pada kemasan atau logo).
  3. Top of mind awareness: Konsumen akan langsung mengingat merek Anda saat diberi pertanyaan atau trigger lainnya tentang kategori produk.
  4. Brand dominance: Konsumen hanya dapat mengingat satu nama merek dalam kategori produk tertentu (misal menyebut produk ‘A’ saat yang dimaksud adalah air mineral).

Baca juga: 5 Masalah UMKM dan Cara Mengatasinya


Mengapa Meningkatkan Brand Exposure Penting untuk UMKM?

umkm di indonesia - usaha kuliner - cara daftar bantuan umkm online (1)

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda tentu sudah dapat cukup memahami betapa pentingnya brand exposure dalam usaha, bukan?

Nyatanya, jumlah UMKM di Indonesia ada jutaan. Dalam satu daerah yang sama saja, sangat mungkin ada ribuan usaha mikro serupa.

Kalau sudah begitu, maka Anda pun harus bisa setidaknya menunjukkan eksistensi UMKM yang dimiliki melalui brand exposure. Bagaimana mungkin usaha Anda bisa berkembang jika orang bahkan tidak tahu apa yang Anda lakukan, bukan?

Jika branding telah kuat, maka Anda setahap lebih mudah untuk bersaing dengan kompetitor. Anda pun dapat berfokus dengan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan loyalty customer sehingga konsumen akan melakukan pembelian ulang—dan terus menerus—pada Anda.


Bagaimana Cara Meningkatkan Brand Exposure?

cara meningkatkan brand exposure usaha Anda

Pemasaran merupakan upaya yang akan selalu dijalankan oleh setiap pemilik usaha. Bagi Anda pelaku usaha kecil khususnya baru memulai, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengakselerasi perkembangan usaha.

1. Mengikuti Event

Cara meningkatkan brand exposure yang pertama ialah dengan aktif mengikuti berbagai event seperti bazar. Kegiatan semacam ini umumnya dihadiri oleh banyak orang sehingga ada kesempatan untuk Anda memperkenalkan produk secara langsung.

Tentunya Anda pun perlu selektif dalam memilih event semacam apa yang akan dihadiri. Pilihlah event yang memang sesuai dengan target pasar sehingga tepat sasaran.

Giatlah dalam mencari informasi tentang penyelenggaraan event semacam ini seperti dengan bergabung ke dalam komunitas UMKM. Jika memungkinkan, Anda bahkan bisa menawarkan diri untuk menjadi sponsor sebuah acara untuk memperoleh exposure lebih kuat.

2. Manfaatkan Media Sosial

Mustahil rasanya zaman sekarang memulai UMKM dengan target tinggi tanpa memanfaatkan media sosial. Faktanya, merek-merek besar dan ternama sekalipun kini juga hadir di beragam media sosial.

Teknologi ini memungkinkan Anda menjangkau pasar lebih luas dengan cara lebih praktis. Dibandingkan menyebar brosur, Anda akan lebih menghemat biaya, waktu, dan energi dengan melakukan promosi efektif di media sosial (beberapa di antaranya bahkan gratis).

Namun tentu saja, Anda harus rajin dalam melakukan promosi di platform digital ini. Pelajari pula beberapa teknik pemasaran yang optimal sesuai masing-masing platform yang dipilih. 

Keberadaan Anda di media sosial juga merupakan satu cara untuk meningkatkan engagement dengan konsumen. Melalui kanal ini, Anda pun lebih mudah untuk melakukan riset produk sesuai kelompok konsumen, berkomunikasi dengan konsumen, hingga menganalisis kompetitor.

3. Melakukan Kolaborasi

Cara meningkatkan brand exposure untuk UMKM yang masih berskala kecil ialah dengan melakukan kolaborasi dengan brand lain yang lebih besar.

Brand yang lebih besar mempunyai pasar yang lebih luas sehingga brand exposure akan lebih cepat tercapai. Tentunya, Anda harus cermat dalam memilih brand lain yang bakal menjadi rekan kolaborasi.

Kredibilitas brand kolaborasi Anda akan turut memengaruhi impresi konsumen terhadap produk Anda sendiri. Selain itu, pastikan bahwa kerja sama yang dilakukan bersifat win-win solution bagi kedua belah pihak.

Di sisi lain, Anda juga bisa berkolaborasi dengan komunitas atau penyedia layanan usaha seperti Gojek, dengan memanfaatkan aplikasi GoBiz untuk memudahkan usaha Anda!

Daftar GoBiz bisa jadi solusi tepat untuk membantu peningkatan brand exposure Anda. Aplikasi yang satu ini telah menjalin kolaborasi dengan ratusan ribu UMKM lainnya dengan menghadirkan berbagai fitur lengkap untuk mendukung usaha.

Apa alasan lain wajib menggunakan GoBiz?

  1. GoBiz turut mendukung metode pembayaran nontunai, seperti pembayaran dengan GoPay, atau pembayaran kartu debit/kredit dengan GoBiz PLUS. Tahukah Anda, pembayaran nontunai sangat disukai pelanggan karena kecepatan dan kepraktisannya!
  2. GoBiz juga menyediakan berbagai promo menarik yang dapat membantu para pemilik usaha menjaring pelanggan lebih luas lagi. Misalnya, ada promo cashback dari GoPay bagi para pelanggan setia.
  3. GoBiz juga menyediakan pencatatan transaksi pembayaran nontunai secara otomatis sehingga Anda tak perlu repot-repot merekap transaksi satu per satu. 

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan layanan pembayaran nontunai di outlet Anda? Yuk, saatnya gunakan GoPay dan GoBiz PLUS, lalu tingkatkan terus transaksinya! Siapa tahu, dengan menyediakan metode pembayaran yang praktis ini, brand exposure Anda juga bisa semakin meningkat!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya