Gaet Pelanggan Setia dengan 7 Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Usaha – Bagi sebuah usaha, fokus untuk menciptakan produk terbaik bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan pelanggan setia.
Bagaimana cara Anda berinteraksi dengan pelanggan, menanggapi keluhan, memberikan pelayanan, dan menerima masukan adalah beberapa cara lain yang juga bisa membuat pelanggan datang kepada Anda.
Pengaruh kualitas layanan yang diberikan terhadap kepuasan pelanggan telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Salah satunya adalah survei yang dilakukan pada nasabah kredit Program Usaha Kecil Menengah/Mikro PT Bank Jatim (Persero) Cabang Kraksaan.
Menggunakan enam variabel termasuk variabel fisik, keandalan (proses pelayanan yang tidak berbelit-belit), daya tanggap, jaminan dan empati dapat disimpulkan bahwa semua variabel berhubungan erat dengan peningkatan kepuasan pelanggan. Artinya, semakin baik pelayanan, semakin tinggi tingkat konsumen.
Baca juga: 5 Cara Memahami Pelanggan dengan Lebih Baik
7 Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Usaha Anda
Semua pelanggan akan merasa senang dengan pelayanan yang memuaskan. Anda mungkin pernah merasakan sendiri bagaimana rasa loyal akan muncul ketika Anda mampu memberikan apa yang diharapkan oleh pelanggan. Adanya sikap loyal dari pelanggan lama, bisa menjadi sumber datangnya pelanggan baru untuk usaha Anda, lho!
Lantas, apa langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan usaha? Simak beberapa tips berikut ini!
1. Lakukan pelatihan pada karyawan
Ini dia cara cara meningkatkan kualitas layanan usaha yang pertama. Sebelum Anda memulai usaha dan menempatkan karyawan, pastikan mereka paham dengan tugas dan kewajiban mereka. Berikan pelatihan dan pemahaman mengenai SOP (Standar Operasional Prosedur) usaha Anda.
Ketika karyawan yang berhubungan langsung dengan pelanggan memiliki kinerja baik, ini juga akan menjadi permulaan dalam peningkatan kualitas layanan.
2. Dengarkan pelanggan Anda
Untuk lebih memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda, dengarkan apa yang mereka katakan atau butuhkan. Anda bisa melakukan survei untuk mengukur tingkat kepuasan dan menemukan hal-hal apa yang perlu ditingkatkan dari kualitas layanan Anda.
Selanjutnya, jadikan masukan-masukan yang membangun sebagai bagian dari strategi Anda. Misalnya saja, pelanggan mengeluh tentang pelayanan yang kurang ramah. Maka Anda bisa melakukan pelatihan dan briefing tambahan untuk membuat karyawan Anda bekerja sesuai dengan SOP yang berlaku.
Baca juga: 10 Cara Menarik Pelanggan Kembali ke Toko Anda
3. Berikan dukungan Customer Service (CS) di berbagai kanal
Semakin mudah pelanggan menjangkau Anda, semakin tinggi juga tingkat kepuasan yang mereka rasakan terhadap usaha Anda. Untuk memudahkan pelanggan menghubungi, Anda harus menyediakan banyak kanal customer service (CS).
Pelanggan membeli produk Anda dengan berbagai metode. Ada yang datang langsung ke toko dan ada juga yang membeli secara online. Karena itu, pastikan Anda menyediakan layanan pelanggan di semua kanal pembelian.
Selain dengan menyiapkan tenaga CS yang melayani langsung Anda juga memerlukan dukungan melalui akun media sosial, email, live chat support di situs dan lain sebagainya. Dukungan sistem multikanal ini akan meningkatkan kredibilitas brand dan juga kepuasan konsumen Anda.
Menurut data yang dilansir oleh Survicate.com, sebanyak 64% pelanggan mengharapkan layanan real-time ketika mereka memerlukan bantuan. Artinya, membiarkan mereka menunggu lama untuk memperoleh jawaban tentang cara pemesanan barang mungkin akan membuat mereka membatalkan pemesanan. Jadi, pastikan Anda selalu ada kapan pun pelanggan Anda membutuhkan, ya!
4. Lakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala
Kesalahan dalam usaha adalah hal yang lumrah terjadi. Namun, tidak semua pengelola usaha tahu bagaimana cara menyikapinya. Hal yang perlu diingat adalah sebesar apa pun usaha Anda, jangan pernah ragu untuk mengakui kesalahan dan berusaha memperbaikinya di masa depan.
Jika ada kejadian yang membuat pelanggan merasa dirugikan, memberi solusi sesegera mungkin adalah cara meningkatkan kualitas layanan usaha dengan tepat. Lewat cara ini, Anda bisa memperoleh rasa hormat dan tentu saja kesetiaan dari para pelanggan.
Salah satu contoh bagaimana sikap yang benar saat menghadapi keluhan dilakukan oleh sebuah restoran di Banten. Saat itu, ada pelanggan yang mengeluhkan tentang ulat yang ada dalam salad yang disajikan pihak restoran.
Mereka segera meminta maaf dan menyebut bahwa ulat berasal dari daun selada yang mereka gunakan. Pihak restoran pun berjanji akan bertanggung jawab atas segala kerugian yang dialami oleh pelanggan.
Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Teknologi, Mana yang Paling Ampuh?
5. Menjaga kesopanan dan kesabaran
Saat menjalankan usaha, Anda dan karyawan pasti akan dihadapkan pada berbagai macam pelanggan. Ada kondisi tertentu yang mungkin menguji kesabaran. Tapi jangan sampai situasi ini membuat Anda dan karyawan kehilangan kesabaran.
Ketika Anda menyikapi hal semacam ini dengan sikap positif, Anda tidak hanya menghindari masalah yang semakin pelik tapi juga bisa memberikan bukti bahwa pelayanan Anda berkualitas.
Hal yang sama juga berlaku untuk nilai-nilai kesopanan. Tindakan Anda dan cara Anda melayani semua pelanggan tanpa pandang bulu akan menunjukkan kualitas pelayanan Anda. Apabila diperlukan, lakukan pelatihan untuk membuat karyawan Anda paham betapa penting menjaga kesopanan dan kesabaran.
Baca juga: 15 Tips Menjadi Pengusaha Sukses Dari Nol
6. Belajar dari kompetitor
Kompetitor atau pesaing bukanlah musuh yang harus dihindari. Dari mereka, Anda bisa belajar dari kesuksesan bahkan kesalahan yang mereka buat dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Anda bisa datang langsung ke gerai mereka dan mengamati bagaimana pelayanan yang diberikan.
Tanyakan diri Anda, apakah Anda puas? Jika tidak, kira-kira apakah ada cara meningkatkan kualitas layanan usaha tersebut? Ini bisa menjadi modal penting untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan usaha Anda sendiri.
Jika ada kesempatan, bertanya secara langsung kepada sesama pebisnis juga bisa Anda lakukan untuk memberikan sudut pandang. Temui mereka dalam event-event atau pertemuan komunitas. Di sana, mereka biasanya tidak akan segan berbagi pengalaman yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki
7. Berikan layanan sesuai kebutuhan pelanggan
Bayangkan betapa membosankannya menunggu antrean karena Anda tidak punya cukup tenaga kasir? Atau bagaimana kesalnya harus menunggu lama karena karyawan Anda kurang sigap? Semua ini bisa terjadi karena berbagai alasan, salah satunya adalah dukungan sistem pembayaran yang kurang mumpuni.
Solusi yang bisa Anda tawarkan adalah dengan menyediakan berbagai opsi pembayaran nontunai, seperti dompet digital GoPay, atau mungkin dengan melakukan pembayaran kartu kredit/debit bagi pelanggan.
Dengan GoPay, Anda pun #BisaLebih mudah membuat beragam promo yang mampu memperkuat brand awareness, meningkatkan jumlah transaksi penjualan, mendongkrak omzet, hingga membuat pelanggan makin setia, lho!Ingin mendaftarkan usaha Anda sebagai pengguna GoPay atau ingin membuat promo GoPay secara langsung? Kunjungi halaman ini untuk info lebih lanjut atau klik tombol di bawah, ya.