GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Cara Daftar GoPay untuk Maksimalkan Usaha Anda

Cara Daftar GoPay untuk Maksimalkan Usaha Anda – Persaingan di dunia usaha saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha di Indonesia, baik skala kecil, menengah, maupun besar. Oleh karena itu, seluruh para pelaku usaha harus dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini dengan cara beralih ke digital. 

Penggunaan pembayaran nontunai di Indonesia juga terus meningkat setiap tahunnya. Terbukti, 69% penduduk Indonesia lebih menyukai pembayaran nontunai karena lebih mudah, aman, dan nyaman digunakan. 

Sayangnya, tidak semua pelaku usaha dapat beralih ke digital dan menerapkan sistem pembayaran nontunai. Beberapa alasan yang membuat mereka enggan beralih adalah karena ketidakpahaman terhadap teknologi atau kurangnya modal yang dimiliki.

Jika Anda termasuk salah satunya, jangan khawatir karena Anda bisa beralih ke digital dengan cara daftar GoPay melalui GoBiz, super app dari Gojek yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha di Indonesia.

Baca juga: 7 Hal Bermanfaat yang Bisa Anda Lakukan dengan GoPay 

Dengan menggunakan aplikasi GoBiz, Anda dapat melakukan pencatatan pesanan secara mudah, menyediakan berbagai macam pembayaran nontunai bagi pelanggan, memberikan promo pada pelanggan, dan meningkatkan penjualan dengan GoPay.


Keuntungan Menggunakan GoPay

Jaga Kebersihan Usaha dengan Terima Pembayaran Nontunai di GoBiz - 6 Alasan Anda Perlu Menggunakan GoPay/QRIS

Berdasarkan survei Ipsos 2020, 58% responden memilih GoPay sebagai e-wallet paling familiar dan 53% pengguna e-wallet menggunakan GoPay secara berulang kali sehingga GoPay menjadi dompet digital dengan pengguna aktif bulanan terbanyak.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan GoPay dalam kegiatan usaha Anda! Dengan layanan tersebut, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut.

  1. Anda bisa menerima semua jenis pembayaran nontunai hanya dengan 1 kode QR yang telah terstandardisasi secara nasional.
  2. Anda bisa melayani pelanggan secara mudah dan cepat sehingga kualitas pelayanan di toko atau usaha Anda pun meningkat.
  3. Semua transaksi yang Anda lakukan akan tercatat secara otomatis, rapi, dan mudah diakses kapan saja dan di mana saja.
  4. Selain mempermudah Anda dalam melakukan transaksi dengan pelanggan, Anda juga bisa menggunakan fitur Rekomendasi Promo dari GoPay untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan loyal.

Cara Daftar GoPay untuk Pemilik Usaha

Untuk bisa memperoleh keuntungan tersebut, Anda harus terlebih dulu mendaftar menjadi Mitra Usaha GoPay. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Download aplikasi GoBiz

Pastikan Anda sudah download aplikasi GoBiz di PlayStore melalui ponsel Android apa pun sebelum mendaftarkan usaha Anda. Dengan GoBiz, Anda bukan hanya bisa menerima pembayaran nontunai, melainkan juga bisa memanfaatkan fitur-fitur menarik lainnya. Hingga kini, GoBiz telah dipercaya oleh lebih dari 500.000 pelaku usaha di Indonesia.

2. Registrasi

Proses pendaftaran Mitra Usaha GoPay dapat Anda lakukan secara mandiri dan GRATIS. Selain itu, data yang Anda berikan pun dijamin keamanannya karena tidak akan digunakan oleh pihak lain di luar perusahaan penyedia layanan GoPay. 

Lakukan registrasi dengan memasukkan data-data atau dokumen yang diperlukan, seperti:

  • Identitas pemilik (KTP/NPWP)
  • Informasi rekening bank (Buku tabungan/rekening koran)
  • Informasi usaha
  • Informasi outlet

3. Verifikasi

Pelajari keuntungan dan ketentuan setiap layanan, lalu pilih layanan/fitur GoPay. Setelah itu, tunggu proses verifikasi selesai selama kurang lebih 2 hari kerja dan ikuti seluruh petunjuk pada aplikasi GoBiz.

Pada tahap ini, Anda akan mendapatkan notifikasi di aplikasi GoBiz dan email terdaftar mengenai apakah data usaha Anda disetujui, perlu diperbaiki, atau ditolak. 

4. Aktivasi

Setelah pendaftaran Anda diverifikasi, tunggu proses aktivasi layanan GoPay dalam jangka waktu maksimal 7 hari kerja. Setelah aktivasi selesai, Anda akan mendapatkan kode QR untuk menerima pembayaran GoPay dan uang elektronik lainnya.


Tips Memasukkan Data Saat Daftar GoPay

Sering kali calon mitra usaha GoPay gagal mendaftarkan usahanya karena kesalahan saat mendaftar atau memasukkan dokumen yang diperlukan. Untuk mencegah kesalahan tersebut, pastikan Anda memperhatikan hal-hal berikut.

1. Identitas pemilik

Masukkan data sesuai petunjuk yang tertera pada layar dan perhatikan cara pengambilan foto KTP, foto diri dengan KTP, serta informasi terkait identitas pemilik lainnya sesuai gambar yang tertera. Pastikan Anda mengambil foto sejelas mungkin, tidak buram, gelap, atau terpantul cahaya.

2. Informasi rekening bank

Isilah data rekening yang akan digunakan untuk mencairkan dana usaha Anda, lalu klik verifikasi. Jika nama pemilik rekening bank tidak sama dengan nama pemilik usaha, Anda diwajibkan untuk upload dokumen pendukung seperti buku tabungan atau rekening koran.

3. Syarat dan ketentuan

Jangan lupa untuk membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, termasuk rincian biaya layanan. Hal ini diperlukan agar Anda tidak menghadapi masalah terkait syarat dan ketentuan layanan GoPay di kemudian hari.


Cara Aktivasi GoPay Melalui GoBiz

Untuk dapat menerima pembayaran GoPay, pastikan akun GoBiz Anda sudah dapat menerima pembayaran melalui QRIS. 

Jika Anda sudah mengaktivasi fitur Kasir, QRIS sudah bisa langsung Anda gunakan untuk menerima pembayaran dengan cara berikut.

  1. Pilih tab Kasir
  2. Pilih menu yang ingin dipesan pelanggan, lalu tekan tombol ungu
  3. Periksa kembali daftar pesanan, lalu pilih menu Pembayaran
  4. Pilih metode pembayaran Kode QR (QRIS)
  5. Arahkan pelanggan untuk melakukan scan QRIS
  6. Transaksi berhasil

Jika Anda belum mengaktivasi fitur Kasir, segera lakukan aktivasi dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih Tagih, masukkan nominal, dan pilih Metode pembayaran
  2. Pilih metode pembayaran GoPay – QRIS
  3. Arahkan pelanggan untuk scan QRIS
  4. Pembayaran berhasil, mitra usaha bisa mencetak struk pembayaran
  5. Transaksi tercatat secara otomatis pada tab Transaksi

Demikian cara daftar GoPay dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mendaftar. Untuk mengembangkan usaha Anda, bergabunglah dengan lebih dari 700 pemilik usaha yang sudah meningkatkan penjualan hingga 140% melalui Program Promo GoPay!

Klik di sini untuk cari tahu info lebih lanjut tentang GoBiz atau klik tombol di bawah untuk download aplikasi GoBiz sekarang!

Jangan lupa untuk follow Instagram @gopaypartners untuk dapatkan info-info menarik lainnya, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Mau Jadi yang Pertama Dapat Informasi Seputar GoBiz? Ke BizTips Aja!

Memanfaatkan teknologi pendukung seperti GoBiz demi kelancaran operasional tentu bisa selengkapnya

Aktifkan Pembayaran Kartu Kredit di GoBiz PLUS dan Nikmati Keuntungannya!

Bisa dibilang, pembayaran dengan menggunakan kartu kredit di Indonesia cukup menjanjikan selengkapnya