GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Teknologi, Mana yang Paling Ampuh?

Tingkat kepuasan pelanggan merupakan indikator yang dapat digunakan untuk mengukur level kepuasan terhadap jasa atau produk, sesuai dengan transaksi yang dilakukan konsumen. Semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan, semakin tinggi pula kesetiaan yang akan mereka berikan pada usaha.

Pemilik usaha yang mampu melayani dan meningkatkan pengalaman berbelanja dengan lebih maksimal, tentu akan mendapatkan berbagai keuntungan, diantaranya (1) meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap produk dan usaha Anda, (2) mengurangi churn rates, persentase pelanggan yang berhenti menggunakan layanan atau produk yang Anda tawarkan, serta (3) meningkatkan pendapatan.

Anda pasti setuju bahwa tingkat kepuasan menjadi titik kunci untuk menarik pelanggan baru dalam lingkungan usaha yang begitu kompetitif ini.

Menurut survei pelanggan yang dilakukan oleh PwC, sebanyak 70% pembeli menganggap bahwa kecepatan, kenyamanan, serta konsistensi pelayanan merupakan hal yang dianggap penting dalam menilai tingkat kepuasan pelanggan.

Untuk mengakomodasi semua hal penting tersebut, tentu diperlukan bantuan teknologi yang dapat mempermudah, mempercepat, dan membuat konsisten pelayanan yang diberikan oleh Anda sebagai pemilik usaha. Namun, apa saja hal yang bisa Anda lakukan? 

5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Teknologi

kepuasan pelanggan - seorang pelanggan bekerja di cafe

Di era modern seperti sekarang, penggunaan teknologi sudah tidak bisa dipisahkan dengan aktivitas yang dilakukan manusia. Teknologi terbukti mampu mendukung dan memaksimalkan operasionalisasi usaha, termasuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan.

1. Memaksimalkan pemasaran secara multichannel

Metode pemasaran secara multichannel, baik offline maupun online, menjadi bagian penting untuk memaksimalkan sebuah usaha agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan tepat sasaran.

Strategi pemasaran online melalui digital marketing membantu Anda memenuhi kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka terhadap usaha Anda dengan berinteraksi secara langsung dengan waktu yang tak terbatas, contohnya menciptakan konten interaktif pada media sosial usaha Anda.

Berbagai cara lainnya seperti memberikan loyalty rewards atau mendengarkan feedback dan review dari pelanggan, menjadi hal penting dalam pengembangan usaha Anda. 

Selain itu, penting juga melakukan strategi khusus ketika Anda berinteraksi langsung dengan pelangaan melalui toko offline Anda. Misalnya, terus menjaga kepuasan pelanggandengan memberikan pelayanan berbelanja yang mudah melalui promo khusus di outlet Anda, seperti promo pembayaran dengan GoPay.

2. Menyediakan sarana komunikasi

Komunikasi yang efektif menjadi salah satu kunci utama untuk terus membangun kepercayaan pelanggan terhadap usaha Anda.

Oleh karena itu, penting bagi suatu usaha untuk menyediakan sarana komunikasi yang cepat, mudah, dan responsif demi meningkatkan pengalaman pelanggan saat berbelanja baik secara offline maupun online, serta tentunya membangun citra dan brand image yang lebih baik bagi usaha Anda. 

Memaksimalkan sarana komunikasi melalui platform digital seperti email, SMS, dan Social Networking Sites juga bisa Anda manfaatkan untuk  menjangkau pelanggan secara lebih efektif untuk memberikan update khusus mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Memudahkan dan mempercepat proses transaksi

Kemajuan teknologi saat ini tentunya memunculkan berbagai metode pembayaran baru yang lebih efektif dan modern demi memudahkan kegiatan bertransaksi antara pelanggan dan usaha. Selain perkembangan metode pembayaran nontunai seperti kartu debit dan kredit, pembayaran melalui dompet digital (e-wallet) pun semakin naik daun. 

Pembayaran ini semakin diminati para pelanggan karena kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan sehingga mampu menciptakan pengalaman belanja yang positif dan menyenangkan.

Dengan menyediakan beragam metode pembayaran yang ada, proses transaksi dapat berjalan lebih cepat dan nyaman. Hal, ini tentunya akan meningkatkan kepuasan pelanggan saat melakukan transaksi, bukan?

4. Meningkatkan keamanan saat pelanggan bertransaksi

Nyatanya, teknologi juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dari segi keamanan. Keamanan merupakan faktor utama yang dibutuhkan dalam proses usaha, serta pengoperasian sistem informasi.

Bayangkan, ketika Anda memiliki teknologi yang mengutamakan keamanan, tentu para pelanggan Anda pun juga akan merasa lebih aman dan nyaman dalam melakukan transaksi di outlet usaha Anda. Ketika mereka merasa aman dan nyaman, itu artinya Anda bisa memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan.

Contohnya saat Anda menyediakan pembayaran tanpa kontak langsung seperti GoPay, transaksi pelanggan akan secara otomatis ditujukan pada rekening pemilik usaha. Tentu ini juga meminimalisir tindak kejahatan seperti kehilangan uang tunai berlebihan pada outlet Anda, bukan?

5. Mempermudah operasional usaha

Dengan adanya bantuan teknologi, para pemilik usaha pun dapat mengelola operasional dengan lebih mudah, akurat, dan efisien. Misalnya, Anda mengenal adanya berbagai sistem pengelolaan usaha, seperti sistem kasir, integrasi pembayaran, pencatatan laporan usaha harian secara otomatis, juga dukungan sistem keamanan yang bisa diakses kapan pun.

Tentu, kehadiran teknologi tersebut bukan hanya bisa meningkatkan kepuasan pelanggan atau memberikan nilai tambah bagi konsumen saja, melainkan meningkatkan kepuasan pemilik usaha dalam menjalankan operasional sehari-hari. Apalagi, dengan menggunakan layanan usaha berbasis teknologi, Anda bisa menghemat banyak waktu berharga, lho! Dengan demikian, Anda bisa fokus untuk hal-hal besar seperti rencana usaha jangka panjang, seperti membuka cabang usaha baru.

Nah, tahukah Anda, ada satu teknologi yang bisa Anda andalkan untuk mengakomodasi semua cara di atas. Ya, apa lagi kalau bukan GoBiz?

GoBiz adalah aplikasi dari Gojek yang mampu menjawab semua kebutuhan usaha secara menyeluruh. Melalui GoBiz, Anda bukan cuma bisa menerima pembayaran GoPay atau berbagai jenis e-wallet lainnya melalui satu kode QRIS. Kebutuhan usaha Anda lainnya pun dapat terpenuhi dengan mengintegrasikan segala kebutuhan bisnis Anda hanya dalam satu  aplikasi! Lalu, apa saja manfaatnya? 

  1. Membantu meningkatkan pengelolaan transaksi usaha yang mudah, cepat, dan aman melalui notifikasi real-time pada setiap transaksi yang berhasil dilakukan. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi resiko transaksi fiktif yang ada. 
  2. Memberikan kemudahan pengembangan usaha untuk memperluas jangkauan pelanggan, melalui promo menarik yang tersedia bersama GoPay dan Gobiz. 
  3. Mempermudah operasional bisnis, dengan adanya sistem pengelolaan usaha yang lengkap dan mudah, seperti akses sistem kasir, laporan usaha harian, dan sistem keamanan yang bisa diakses kapan pun, di mana pun. 

Ingin menikmati semua keuntungan tersebut? Anda cukup mengunduh aplikasi GoBiz atau bagi Anda yang telah menggunakan layanan GoPay, silakan login menggunakan nomor ponsel yang  telah Anda daftarkan pada layanan GoPay Anda. Jangan lupa, ajak seluruh pelanggan untuk meningkatkan transaksi nontunai dan nikmati semua kemudahannya!

Klik di sini untuk tahu info selengkapnya atau klik tombol di bawah untuk gunakan solusi dompet digital dengan download aplikasi GoBiz sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya