GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

9 Cara Menarik Pelanggan Kembali ke Toko Anda

Pada era digital saat ini, persaingan bisnis ritel kian hari semakin ketat. Banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan transaksi pembelian melalui aplikasi e-commerce. 

Banyak orang yang berpendapat bahwa berbelanja secara online melalui desktop dan smartphone terasa jauh lebih cepat, mudah, dan praktis daripada harus datang langsung ke toko. 

Namun, beberapa konsumen kurang percaya dengan kualitas di toko online, sehingga mereka cenderung lebih tertarik untuk meneliti terlebih dahulu produk yang mereka inginkan sebelum membelinya. Hal ini tak menutup kemungkinan bahwa bisnis ritel masih dapat berkembang di era digital ini.

Cara Menarik Pelanggan ke Toko Anda

Bagaimana cara paling efektif untuk menarik minat pelanggan agar berkunjung ke toko Anda di era digital saat ini? Simak beberapa tips berikut ini!

1. Buat Toko Anda Mendorong Rasa Penasaran bagi Pengunjung

Anda dapat menarik perhatian pengunjung dengan menghias toko Anda agar terlihat dekoratif.  Anda dapat memulainya dengan mengubah wallpaper dari dinding toko dan menambah berbagai hiasan dengan tema yang sesuai dengan konsep toko. Hal ini akan mendorong rasa penasaran pengunjung untuk segera masuk ke toko Anda dan melihat-lihat berbagai produk yang Anda jual.

2. Atur Susunan Tata Letak Setiap Produk di Toko Anda

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyentuh suatu barang meningkatkan kemungkinan untuk membeli produk tersebut, sehingga pemilik toko cenderung menaruh produk unggulannya agar lebih mudah dijangkau oleh calon pembeli.

Pernahkah Anda memerhatikan susunan produk yang dijual di beberapa pasar swalayan?

Beberapa produk, seperti bunga dan roti panggang seringkali dipajang di bagian terdepan, agar setiap pengunjung dapat menjangkau barang tersebut dengan mudah. Selain itu, ada beberapa alasan bunga dan roti panggang diletakkan di depan toko dan mudah dijangkau bagi pengunjung.

Pertama, kedua barang tersebut memiliki profit margin yang tinggi. Kedua, bunga dan roti juga memiliki aroma berciri khas yang dapat mengaktifkan kelenjar ludah Anda. Hal ini akan mendorong tangan Anda untuk langsung memasukkan kedua produk tersebut ke keranjang belanja.

Pasar swalayan juga seringkali menyembunyikan produk susu dan kebutuhan dasar lainnya di tempat paling belakang agar secara tak langsung dapat memaksa pengunjung melewati seluruh toko untuk menjangkaunya.

3. Bersahabatlah dengan Pengunjung Toko Anda

Berikan sambutan terhangat kepada setiap pengunjung saat mereka memasuki toko Anda, perlakukan mereka seperti teman dekat atau bahkan keluarga Anda sendiri. Hal ini akan membuat pengunjung toko Anda nyaman dan merasa dihargai saat berada di dalam toko Anda. Secara tidak langsung juga akan membuat mereka memandang positif terhadap toko Anda. 

Bahkan, Anda pun dapat mencontoh pelayanan beberapa merek besar saat menyambut pengunjung berbelanja yang tak segan untuk menawarkan air, jus, dan snack.  Pelayanan seperti ini akan membuat pelanggan merasa sangat nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu yang cukup lama di toko Anda.

Anda dapat membangun sebuah hubungan yang baik agar mereka dapat mempercayai Anda, layaknya mereka mempercayai teman mereka sendiri.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] A: Amankan Data Usaha & Data Pribadi

Kang Tipu memiliki seribu satu cara magis (manipulasi psikologis) untuk memakan selengkapnya

30 Peluang Usaha Menguntungkan & Modal Kecil

Tahun 2020 bisa jadi momentum untuk Anda memulai usaha sendiri. Dengan hadirnya berbagai selengkapnya