GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Customer Service: Mengapa Penting untuk Kemajuan Usaha Anda?

Customer Service: Mengapa Penting untuk Kemajuan Usaha Anda? – Produk yang berkualitas harus diimbangi dengan customer service yang baik. Ini merupakan rumus paling dasar dalam proses mengembangkan suatu usaha.

Customer service merupakan bantuan kepada pelanggan yang diberikan sebelum, selama, dan setelah melakukan pembelian produk. Pelanggan bisa memperoleh kesan positif melalui interaksi dengan customer service.

Jika sebuah usaha tidak memiliki customer service, pelanggan bisa saja terganggu atau merasa kurang puas saat berbelanja. Hal ini dapat terjadi karena pelanggan tidak terlayani secara maksimal.


8 Manfaat Customer Service untuk Kemajuan Usaha Anda

customer service

Pelaku usaha perlu menyadari pentingnya kehadiran dan peran agen customer support dalam rantai bisnis. Tujuan utamanya agar usaha makin maju dan berkembang.

Nah, apa saja alasan penting menyediakan agen customer service?

1. Membantu menjelaskan produk kepada calon pelanggan

Salah satu tugas agen customer service adalah menjelaskan tentang produk kepada calon pelanggan. Hal ini penting, apalagi jika produk belum terlalu dikenal orang.

Calon pelanggan yang awam biasanya membutuhkan informasi yang lebih lengkap mengenai produk sebelum membeli produk. Mereka dapat bertanya kepada agen customer support

Jika customer support tidak tersedia pada tahap ini, calon pelanggan bisa saja tidak jadi membeli. Hal ini karena mereka masih ragu terhadap produk.

Baca juga: 8 Cara Agar Usaha Berjalan Lebih Efisien

2. Melakukan pendekatan persuasif kepada calon pelanggan

Informasi mengenai produk bisa saja dimuat di website usaha. Calon pembeli dapat membacanya secara langsung tanpa harus berinteraksi dengan agen customer service.

Akan tetapi, tanpa kehadiran agen customer support saat proses penjualan, Anda akan kehilangan kesempatan melakukan pendekatan persuasif kepada calon pelanggan.

Pendekatan persuasif berguna untuk menambah tingkat penjualan produk. Melalui pendekatan ini, calon pelanggan dapat lebih terdorong melakukan pembelian. 

3. Membantu memetakan kebutuhan pelanggan

Tidak sedikit pelanggan yang masih bingung menentukan produk yang akan dibelinya. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pengenalan terhadap produk.

Seorang agen customer service dapat membantu calon pelanggan untuk mengambil keputusan berdasarkan kebutuhan dan ketersediaan produk.

Karena itu pula, agen customer support perlu benar-benar mengenal produk yang dimiliki. Hal ini akan membantu dalam memberikan saran terbaik kepada pembeli.

Baca juga: Tunai VS Nontunai: Mana yang Lebih Disukai Pelanggan?

4. Melakukan interaksi dengan pelanggan

Saat melakukan proses jual beli, ada interaksi yang terjadi. Begitu pula sebelum dan sesudah proses jual beli.

Interaksi antara penjual dan pembeli merupakan hal yang tak boleh diabaikan. Melalui interaksi ini, penjual dapat memperkenalkan produk sekaligus menciptakan kesan yang positif bagi pembeli.

Interaksi juga dapat menciptakan kedekatan antara pihak pelanggan dan penjual. Hal ini berpengaruh penting terhadap nilai merek suatu produk.

5. Memberikan informasi diskon atau keuntungan lain

Seorang agen customer support juga memiliki kesempatan untuk menyampaikan diskon atau promo yang sedang dilakukan.

Informasi ini dapat mendorong pelanggan untuk membeli produk atau menyebarkan informasi tersebut kepada calon pelanggan lain.

Baca juga: 5 Cara Memahami Pelanggan dengan Lebih Baik

6. Merespons komplain dari pelanggan

Beberapa produk bisa saja bermasalah. Jika produk ini diterima pelanggan, tak heran jika komplain akan muncul.

Pada garis terdepan, seorang agen customer service yang akan menangani komplain dari pelanggan. Mereka harus dapat mendengarkan masalah yang terjadi sebelum memberikan solusi. 

Komplain tidak selalu berarti buruk. Jika ditangani dengan benar dan tepat, komplain dapat dimanfaatkan untuk memajukan usaha.

Sebaliknya, jika sebuah usaha tidak memiliki pelayanan pelanggan yang baik untuk menangani komplain, pelanggan akan kecewa. Hal ini bisa berdampak terhadap nilai merek usaha.

7. Melayani pelanggan dengan cepat

Seorang agen customer service juga diharapkan memiliki kemampuan untuk melayani pelanggan secara cepat. Sebagai bagian dari usaha yang berhadapan langsung dengan pelanggan, skill ini sangat penting. 

Baca juga: 10 Cara Menarik Pelanggan Kembali ke Toko Anda

8. Membantu pelanggan menggunakan produk lebih optimal

Setelah membeli produk, tak sedikit pula pelanggan yang bingung saat menggunakannya. Karena itu, keberadaan agen customer service akan membantu pelanggan dalam memahami produk serta menggunakannya secara optimal. 

Contohnya, Anda adalah Mitra Usaha Gojek pengguna layanan GoPay atau GoFood yang ingin menerima pembayaran kartu debit/kredit di outlet. Maka, customer service pun bisa menyarankan Anda untuk menggunakan GoBiz PLUS.

GoBiz PLUS adalah sebuah perangkat pelengkap kasir yang dapat digunakan untuk mencetak struk pembelian secara praktis, serta menerima pembayaran nontunai, seperti dengan QRIS atau kartu debit/kredit.

Tentu, Anda pun harus menjelaskan keunggulan-keunggulan produk secara optimal. Misalnya, karena GoBiz PLUS telah menggunakan built-in printer dan kompatibel dengan aplikasi GoBiz, jadi saat menggunakan perangkat ini, Anda tidak perlu lagi membeli perangkat ekstra untuk kebutuhan cetak struk. 

Apabila pelanggan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut, Anda bisa memberikan pemaparan lebih lengkap yang mudah dimengerti. Misalnya, jika pelanggan tertarik untuk tahu soal GoBiz PLUS, bisa mengunjungi halaman ini atau menonton video di bawah ini.

Hmm … ternyata, customer service sangat dibutuhkan oleh setiap usaha, ya! Apakah Anda sudah memiliki agen customer service yang tepat? Semoga usaha Anda bisa berjalan dengan lancar dan kemudahan-kemudahan di atas bisa Anda dapatkan, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya