GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Potensi Usaha Kecil Menengah(UKM) & 9 Contohnya

Usaha Kecil Menengah atau UKM adalah tonggak pemasukan ekonomi daerah yang kini jadi perhatian pemerintah karena pertumbuhannya yang sehat.

Tidak hanya sempat menyelamatkan Indonesia saat krisis ekonomi melanda dunia, usaha kecil menengah ini juga jadi kontributor penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Berikut beberapa hal yang patut Anda perhatikan untuk mengenal lebih jauh potensi usaha yang satu ini.

Apa perbedaan UKM dan UMKM?

Untuk mengenali UKM lebih jauh Anda perlu memastikan bahwa UKM berbeda dengan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Secara definitif sudah jelas berbeda apalagi secara aset dan omset keduanya. Beberapa peraturan pemerintah yang mengatur kebijakan serta regulasi untuk memperjelas perbedaan keduanya.

Salah satu perbedaan yang paling mudah dipahami adalah, bahwa UKM ini merupakan kegiatan ekonomi rakyat dengan skala yang lebih kecil serta memenuhi kriteria kekayaan bersih paling banyak 200 juta rupiah tidak termasuk tanah atau bangunan usaha.

Selain itu hasil penjualan tahunan paling banyak senilai 1 milyar rupiah. Sementara UMKM hanya memiliki kekayaan bersih paling banyak 50 juta rupiah tidak termasuk tanah atau bangunan usaha, dengan hasil penjualan tahunan paling banyak 300 juta rupiah.

9 Jenis usaha kecil dan menengah

Memulai UKM bisa saja terlihat sulit, namun bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Mengingat industri UKM di Indonesia sendiri yang juga terus bertumbuh, serta banyaknya peluang di sekitar. Namun, apa saja yang termasuk dalam UKM? Anda dapat mempertimbangkan beberapa ide berikut.

1. Usaha kuliner

Industri kuliner jadi contoh ide UKM yang pasti sering Anda dengar. Karena industri ini memang industri yang tidak akan pernah mati, justru terus berkembang jadi makin kreatif di pasar sekarang. Sebagai buktinya, industri kuliner di Indonesia sendiri menyumbangkan produk domestik bruto ekonomi kreatif paling tinggi di antara sektor lainnya. 

Usaha kecil di bidang ini bahkan banyak dilakukan tanpa memiliki bangunan khusus yang didedikasikan sebagai rumah makan dimana orang dapat berkunjung.

Dengan memanfaatkan hadirnya beragam jasa antar di dalam kota, Anda dapat memulai usaha kuliner dari rumah. Belanja bahan, memasak menu-menu nikmat dan menarik, lalu berpartner dengan aplikasi online yang memungkinkan konsumen memesan makanan Anda dengan jasa antar.

Anda juga dapat menggunakan jasa dari GoBiz untuk membantu Anda melakukan operasional kerja UKM Anda dengan lebih optimal. Dengan mempelajari salah satu fitur mesin kasir GoBiz, Anda dapat mengamankan penjualan dengan teknologi yang mudah digunakan dan diaplikasikan pada kebutuhan usaha Anda.

2. Bisnis fashion

Ide berikutnya datang dari lini fashion. Industri yang tidak pernah mati ini selalu berproses secara dinamis di pasar dengan tren dan inovasinya. Didukung dengan pasar Indonesia yang aktif melakukan belanja produk-produk fashion ini terutama di lapak-lapak online.

Cakupan industri fashion yang luas juga memungkinkan Anda mengembangkan ide ini lebih spesifik dengan memilih trademark produk Anda sendiri. Beberapa di antara produk fashion yang dapat menjadi opsi Anda ini seperti pakaian, aksesoris, tas, topi, juga sepatu. 

Jika sebelum berniat memulai UKM Anda sendiri sudah memiliki minat di industri ini dengan memperhatikan tren outfit serta minat pasar di Indonesia, Anda tidak perlu ragu untuk memulai. Anda dapat memilih untuk menjual brand lokal atau internasional dengan memanfaatkan lapak online, atau bahkan memulai lini fashion Anda sendiri.

3. Bisnis fotografi dan videografi

Memulai UKM di bidang jasa yang satu ini memungkinkan bagi Anda yang memiliki kemampuan dan kualitas hasil baik. Karena jasa fotografi dan videografi ini membutuhkan kemampuan estetik yang tinggi, value usaha Anda akan diukur dari sini.

Tidak hanya sebatas memiliki kamera profesional atau paham cara menggunakan aplikasi editor foto. Nilai estetika inilah yang akan membuat usaha di bidang fotografi dan videografi Anda lebih menonjol.

Didukung dengan kemajuan era digital seperti ini, Anda tidak hanya dapat menjual jasa Anda untuk memotret atau mengabadikan momen-momen penting di acara resmi, konser, atau pernikahan.

Anda juga dapat menjual hasil foto Anda secara online atau mempertimbangkan untuk mengunggah hasil video Anda di kanal online seperti Youtube sebagai salah satu content creator

4. Bisnis produk kosmetik & skin care

Terhitung sejak tahun 2017 industri kecantikan dengan produksi kosmetik dan skin care ini terus meningkat berdasar catatan dari Kementerian Perindustrian. Dari catatan yang sama juga menunjukkan bahwa pasar kosmetik dan skin care ini didominasi oleh industri kecil dan menengah.

Ini adalah indikasi progress yang sehat dan bukan tidak mungkin industri kecil dan menengah di pasar kosmetik dan skin care akan terus menguat.

Anda dapat mengambil bagian di dalam industri ini dengan membuat UKM produk kosmetik dan skin care atau salah satu dari keduanya. Selain itu, saat Anda akan memulai usaha di bidang kosmetik dan skin care, Anda tidak hanya dapat menyasar konsumen wanita, tetapi juga konsumen pria. Mengingat perawatan wajah sekarang sama pentingnya bagi kedua gender.

5. Bisnis penginapan

Pelesir sekarang resmi jadi tren kebutuhan, terutama bagi kaum milenial. Didukung dengan informasi perjalanan serta review dari traveler lain, tidak sedikit orang yang tertarik berlibur sendirian atau bersama beberapa teman dengan sistem budgeting yang ekonomis. Termasuk memilih layanan penginapan murah di destinasi wisata yang dituju.

Anda dapat memilih ide ini sebagai UKM yang dapat Anda jalankan, dengan menyewakan sebagian kamar di rumah Anda dengan gaya Airbnb, atau justru menggunakan satu bangunan yang Anda miliki untuk dijadikan sebagai penginapan murah yang juga dapat Anda daftarkan ke penyalur penginapan online murah. Beberapa di antaranya seperti Reddoorz, OYO, Airy, atau Airbnb.

6. Produk perawatan bayi

Merintis UKM dengan fokus produk baby care ini ternyata jadi salah satu usaha yang memiliki peluang yang cukup tinggi. Ini didukung dengan data yang didapatkan oleh Sigma Research Indonesia di tahun 2017, di mana data ini menunjukkan bahwa pasar untuk produk memiliki nilai yang fantastis. Industri produk baby care ini di Indonesia bernilai hingga Rp88 triliun.

Begitu besar peluang profit pada industri ini dapat Anda jadikan ide usaha kecil dengan menjual kembali beberapa jenis produk baby care ini. Mulai dari pakaian si kecil, mainan yang interaktif dan ramah anak, perlengkapan bayi, sampai ke produk-produk kesehatan untuk bayi. Pastikan juga Anda memiliki range jenis desain, ukuran, dan warna untuk memungkinkan personalisasi kebutuhan konsumen.

7. Bisnis furniture

Tidak sepopuler beberapa ide sebelumnya, contoh ide UKM yang satu ini belum banyak yang melakukan. Namun, jika Anda memiliki pengalaman serta minat di bidang furniture ini, Anda dapat memiliki usaha kecil dengan menghasilkan produk furniture. Karena jenis usaha ini memiliki jaminan jangka panjang jika dijalankan dengan tepat dan relevan dengan kebutuhan pasar.

Untuk membantu Anda saat menjalankan UKM furniture ini, Anda dapat memasarkan produk Anda secara online dengan menyertakan jasa antar atau jasa pasang untuk memberikan value pada layanan Anda.

Anda juga dapat memilih strategi yang lain seperti menggunakan sistem Online to Offline (O2O). Memungkinkan konsumen memesan furniture secara online, dan mengambil sendiri furniture mereka di workshop Anda.

8. Make Up Artist

Satu lagi ide UKM di bidang jasa yang dapat Anda pertimbangkan jika Anda memiliki minat serta bakat yang mumpuni di bidang ini. Industri kecantikan sekali lagi melahirkan potensi dalam pertumbuhannya yang kian hari kian masif, yakni jasa Make Up Artist atau lebih dikenal dengan akronimnya, MUA. 

Kemampuan serta minat Anda terhadap kosmetik, skin care, dan merias wajah dapat Anda investasikan pada ide usaha  yang satu ini. Tidak hanya dibutuhkan pada acara-acara tertentu, MUA kini juga dibutuhkan untuk kepentingan pengambilan gambar baik foto maupun video, bahkan dijadikan sebagai konten online.

Anda juga dapat mendaftarkan diri Anda ke beberapa situs daring yang menyalurkan jasa MUA profesional untuk menambah jam terbang Anda dalam usaha ini.

9. Jualan buku

Salah satu keuntungan di era digital adalah peluang usaha yang sama besarnya bagi pengusaha kecil atau pengusaha besar dengan brand yang sudah lebih dahulu populer.

Karena Anda dapat memanfaatkan platform-platform online sebagai lapak untuk menjangkau lebih banyak orang, dan ini juga berlaku bagi ide UKM untuk menjadikan buku sebagai produk usaha Anda.

Dari sebegitu banyaknya buku yang dijual di toko-toko buku besar, masih ada saja buku yang tidak didapat di sana. Anda dapat mengambil peluang ini dengan merintis usaha kecil untuk menjual buku-buku lama, buku bekas, bahkan buku langka secara online.

Dengan tetap menyertakan beberapa buku populer juga ke dalam list produk Anda dengan bertindak sebagai distributor dari penerbitan tertentu semisal. 

Read more about:

Artikel Terkait

16 Ide Usaha Jualan Online Yang Banyak Dicari Pembeli

Tidak semua orang punya modal dan niat yang cukup untuk membuka bisnis sendiri. Ada selengkapnya

7 Inspirasi Usaha Kuliner Home Industri Modal Kecil

Memulai usaha kuliner dengan menjalankan usaha rumahan atau home industri bisa jadi selengkapnya