GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Tips Kolaborasi Usaha Kuliner

5 Tips Kolaborasi Usaha Kuliner – Kolaborasi kini jadi salah satu langkah inovatif untuk mengembangkan usaha jadi lebih baik. Hal ini juga berlaku bagi usaha kuliner yang Anda rintis.

Ini adalah salah satu dari sekian banyak manfaat berkolaborasi dan bergabung dalam komunitas usaha. Benar sekali, bentuk kolaborasi bisnis yang bisa Anda lakukan adalah dengan bergabung dalam komunitas bisnis, baik offline maupun online.

Jenis-jenis kolaborasi tidak hanya dengan bergabung dalam komunitas bisnis online atau offline saja, tetapi juga termasuk kerja sama dalam bundling produk, promosi, kolaborasi event, dan lain sebagainya.

Bentuk kerja sama yang mengesampingkan kompetisi demi meraih keuntungan yang lebih besar untuk kedua belah pihak yang terlibat dalam kolaborasi tersebut.

Topik mengenai tips kolaborasi usaha kuliner ini juga jadi perbincangan hangat dalam sesi NGOPI Live Streaming bersama partner GoFood pada 21 Mei 2021 lalu.

Lucky dari Brookland Coffee Jakarta menyempatkan diri untuk berbagi tips kolaborasi usaha kuliner. Ada banyak tips bermanfaat yang dibagi di sana yang akan dijabarkan di bawah ini.

5 Tips Kolaborasi Usaha Kuliner

Tren bisnis kopi

1. Kenali Kelebihan dan Kekurangan

Sebelum berkolaborasi, penting bagi Anda untuk mengenali kelebihan dan kekurangan usaha kuliner Anda.

Kelebihan dari usaha Anda tentunya akan menjadi nilai jual tersendiri yang membuat pemilik usaha lain tertarik menjalin kerja sama. Lalu, kekurangannya juga perlu diteliti agar bisa meminimalisir potensi kerugian.

Tidak hanya kelebihan dan kekurangan bisnis sendiri, bisnis calon partner Anda juga perlu Anda kenali dengan baik. Lucky juga menekankan hal yang sama, “Sebaiknya antara usaha Anda dan calon partner kolaborasi berada di level yang sama sehingga bisa menghasilkan kolaborasi yang saling mendukung.”

2. Perkuat Kepercayaan dan Komunikasi

Berkolaborasi berarti Anda juga harus siap untuk menjalin komunikasi dan memperkuat kepercayaan satu sama lain. Landaskan kerja sama ini dengan komunikasi yang jelas dan transparan.

Dengan begini, kepercayaan dan saling hormat juga dapat tercipta dengan lebih baik. Komunikasi adalah hal penting dalam sebuah komunitas bisnis, dan ini dimulai dari diri Anda sendiri untuk menciptakan suasana kerja yang baik.

Mulailah dengan menentukan tujuan kolaborasi dengan jujur dan mengedepankan keuntungan untuk kedua belah pihak. Libatkan sumber daya manusia (SDM) terbaik yang dapat dipercaya dalam kerja kolaborasi ini. Berkomunikasilah sesuai dengan tanggung jawab kerja tanpa melebih-lebihkan atau mengurangi fakta. 

3. Komitmen Terhadap Kualitas Produk Kuliner

Saat berkolaborasi dalam usaha kuliner, seharusnya ada satu fokus yang sama antara Anda dan partner kerja, yakni komitmen untuk menghadirkan kualitas produk kuliner yang baik. Tidak hanya soal kualitas rasa, tetapi juga proses produksi yang aman dan bersih. 

Baca juga: 15 Cara Meningkatkan Penjualan Usaha Kuliner

Berikutnya baru mempertimbangkan soal tren kuliner sekarang. Hal ini perlu juga diperhatikan agar usaha kuliner yang dikerjakan bisa tetap relevan. Tidak hanya di dalam komunitas bisnis online atau offline, tetapi juga relevan bagi target pasar yang hendak disasar.

4. Terbuka dengan Ide-Ide Baru

Dalam komunitas bisnis, Anda sudah pasti akan didorong untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif. Mulai dari soal produksi, operasional, sampai promosi usaha kuliner itu sendiri.

Tidak selamanya Anda menjalankan usaha dengan cara atau rumus yang berulang. Sementara waktu terus berputar, konsumen dan tren juga berubah. Jadi, jangan tertutup dengan ide-ide baru.

Baca juga: 5 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Bisnis

Usaha F&B milik Lucky pernah berkolaborasi dengan sosok desainer yang memiliki lini usaha berbeda dari yang dikelola Lucky. Namun, kolaborasi sukses bisa lahir karena pikiran yang terbuka dengan ide-ide baru.

Usaha kuliner yang dikelola Lucky akhirnya mengeluarkan merchandise edisi terbatas yang didesain oleh partner kolaborasinya. Menarik, bukan?

5. Membangun Koneksi

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah membangun koneksi, dimulai dengan komunitas bisnis itu sendiri. Ada banyak pemilik usaha atau vendor dalam komunitas bisnis yang bisa dijadikan partner kolaborasi. Mungkin tidak sekarang, tetapi bisa saja terjalin kolaborasi di masa depan.

Membangun relasi di komunitas bisnis online atau offline juga memberi Anda kesempatan untuk diskusi seputar usaha kuliner, seperti ide baru, inspirasi produk, atau tren pasar.

Adanya komunitas bisnis jadi bukti kalau berkolaborasi membawa peluang yang lebih baik daripada sekadar bersaing dalam bisnis.

Komunitas usaha yang bisa Anda jadikan sarana kolaborasi adalah Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Komunitas ini memiliki puluhan ribuan anggota mitra usaha yang tersebar di seluruh Indonesia.

KOMPAG dibuat sebagai ruang belajar usaha bersama, supaya usaha kuliner Anda bisa terus berkembang. Seperti sesi NGOPI Live Streaming ini, Anda bisa mendapat lebih banyak insight dari para pemilik usaha yang sudah lebih berpengalaman.

Untuk bisa bergabung dengan KOMPAG, Anda terlebih dahulu harus menjadi Partner GoFood. Klik di sini untuk tahu cara daftar GoFood. Kemudian, klik tombol di bawah untuk gabung dengan KOMPAG. Selamat berkolaborasi bersama!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya