GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

30 Bisnis Kuliner dengan Modal Ringan & Menguntungkan

Bisnis kuliner saat ini sangat diminati oleh masyarakat. Alasannya adalah bisnis ini banyak dicari dan seolah tidak akan pernah mati. Meski begitu, persaingan di ranah usaha kuliner pun juga tinggi. Jika Anda sedang mencari ide untuk memulai bisnis kuliner, berikut inspirasinya:

Sedang Cari Ide Bisnis Kuliner?

Tetapi dalam memulai bisnis apapun, apabila Anda tidak benar-benar serius dan kreatif, bisa jadi bisnis akan mengalami penurunan omzet bahkan bisa gulung tikar. Agar hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya Anda praktikan beberapa tips berikut saat membuka bisnis kuliner.

6 Tips Memulai Bisnis Kuliner Anda Sendiri

1. Pertahankan cita rasa yang dibuat

Hal paling utama yang wajib diperhatikan saat ingin membuka bisnis kuliner adalah bagaimana strategi Anda dalam mempertahankan cita rasa yang dibuat.

Berikan kesan pertama yang menarik kepada pelanggan maupun calon pelanggan baru Anda dengan rasa terbaik dari resep yang dibuat. 

Ingat, banyak usaha kuliner yang terpaksa tutup karena para pemiliknya tidak bisa menjaga dan mempertahankan cita rasa terbaiknya.

Misalnya saja, pada saat memulai usaha kuliner dalam skala kecil masih terasa enak, namun ketika banyak pesanan rasanya jadi tidak konsisten.

Padahal, resep yang digunakan pun sama. Jika ini terus terjadi bukan tidak mungkin usaha kuliner Anda akan tertinggal oleh kompetitor.

2. Pilih bahan baku terbaik

Menyambung dari poin di atas, dalam mempertahankan cita rasa dalam usaha kuliner, selain dibutuhkan kemampuan khusus dalam mengolah makanan, bahan baku juga sangat berpengaruh.

Untuk masalah bahan baku ini sebaiknya Anda jangan mencoba ambil risiko dengan memilih dari kualitas yang kurang baik. Sebab, hal tersebut akan berpengaruh pada kualitas produk.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar jeli dalam memilih bahan baku pembuatan produk kuliner. Contohnya saja memilih daging, sayur, dan buah segar dari toko maupun distributor yang terpercaya.

3. Buat kemasan yang unik

Selanjutnya pikirkan juga mengenai kemasan unik untuk produk usaha kuliner Anda. Kemasan ini berkaitan erat dengan bentuk maupun logo hingga label yang dibuat.

Sebisa mungkin, buatlah logo maupun label produk kuliner Anda semenarik mungkin dan mudah untuk diingat oleh para pelanggan. Sebaiknya juga jangan terlalu memainkan warna yang terlalu ramai.

Kemudian, hindarilah meniru produk atau kemasan dari kompetitor. Alih-alih akan membuat pelanggan tertarik, justru menganggap Anda meniru produk lain. Buatlah kemasan yang berbeda dan belum pernah dibuat sebelumnya.

4. Terus lakukan inovasi terbaik

Inovasi merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha. Tanpa inovasi mungkin saja bisnis kuliner Anda tidak akan berjalan dengan baik.

Anda pun akan tertinggal dari kompetitor dan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar akan sangat sulit dicapai.

Untuk mencari ide dalam mengembangkan inovasi ketika membuka bisnis kuliner adalah melihat tren yang sedang berjalan.

Setelah melakukan inovasi, maka Anda pun perlu untuk mempertahankan kualitas produk tersebut. Menjaga konsistensi merupakan bagian tersulit bagi para pengusaha kuliner.

Terutama terkait konsisten rasa, inilah yang menjadi poin sangat penting. Itulah mengapa mempertahankan cita rasa menjadi panduan paling atas dalam ulasan ini.

5. Perhatikan harganya

Masalah harga juga menjadi faktor tersendiri dalam berbisnis kuliner. Sebaiknya, Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu terhadap produk yang Anda jual.

Survei ini dapat dilakukan dengan cara melihat berapa harga yang dijual untuk produk kompetitor. Sebaiknya, Anda sesuaikan antara bahan baku yang digunakan untuk produk kuliner yang Anda jual.

Janganlah menjual dengan harga tinggi terlebih dahulu. Khususnya jika Anda baru membuka usaha kuliner tersebut. Justru di awal-awal, berilah dengan harga yang tidak begitu tinggi untuk menarik calon pelanggan.

Di sini, Anda pun harus pandai memainkan harga, sebab jika menjual dengan harga terlalu tinggi jelas pelanggan Anda merasa keberatan.

Lalu, jika menjual dengan harga terlalu murah akan merusak harga pasar dan dianggap sebagai persaingan tidak sehat. Jadi, berikanlah penawaran dengan harga bersaing.

6. Kemudahan layanan pelanggan

Terakhir, dalam membuka bisnis kuliner penting bagi Anda memberikan kemudahan pelayanan kepada para pelanggan. Mengingat pelayanan adalah modal utama ketika berbisnis.

Termasuk pula dalam bisnis kuliner. Dengan adanya pelayanan yang mudah, membuat pengunjung akan mempertahankan brand Anda sebagai pilihan mereka. 

Ada banyak cara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan ini. Misalnya saja dengan memberikan promosi khusus di hari tertentu. Terlebih lagi jika Anda mengeluarkan varian produk baru.

Selain itu, juga bisa dengan memberikan kemudahan dalam hal metode pembayaran. Khusus untuk cara satu ini memang menjadi pertimbangan tersendiri bagi para pelanggan di era digital seperti saat ini.

Salah satunya Anda bisa menggunakan GoBiz dalam memudahkan transaksi bisnis kuliner.

Keunggulan dari aplikasi kasir online ini adalah kenyamanan dalam memonitor bisnis, mudah dan aman untuk transaksi pembayaran, dan Anda pun tidak perlu melakukan perhitungan secara manual.

Sebab semua dilakukan secara otomatis, sehingga lebih mudah dalam memantau omzet bisnis dengan laporan penjualan yang bisa dikirim setiap harinya.

30 Inspirasi Bisnis Kuliner di Sekitar Anda

Sampai saat ini, bisnis kuliner masih menjadi usaha menjanjikan. Usaha satu ini tidak akan pernah ada matinya dan selalu ramai peminatnya. Maka, tak heran bila sebagian besar orang ingin memulai usaha kuliner ini. Bagi Anda yang masih bingung untuk membuka usaha kuliner, berikut beberapa rekomendasi yang bisa dicoba.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3 4

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya

Lindungi Data Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai di Aplikasi GoBiz versi 3.19

Tahukah Anda? Keamanan data sensitif usaha Anda, seperti total pendapatan, rincian selengkapnya