GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Riset Pasar adalah Cara Jitu PDKT dengan Konsumen, Ini Bocorannya!

Riset Pasar adalah Cara Jitu PDKT dengan Konsumen, Ini Bocorannya! – Riset pasar adalah hal penting untuk dilakukan oleh bisnis. Lagipula, untuk bisa menjual produk atau jasa ke pembeli, Anda harus mengenal dulu siapa orang yang berpotensi menjadi pembeli di toko Anda. Berkenalan bukan berarti Anda harus berteman satu per satu dengan mereka, lho

Riset pasar adalah cara bagaimana usaha Anda bisa lebih dekat ke calon pembeli, bahkan sebelum melakukan penjualan. Nah, Anda ingin melakukan riset pasar namun belum mengetahui bagaimana caranya?

Yuk, simak di bawah ini informasi lengkapnya!

Riset Pasar adalah …

proses riset pemasaran - riset pasar adalah

Riset pasar adalah teknik-teknik yang digunakan dalam upaya mengumpulkan informasi untuk lebih memahami target pasar usaha.

Informasi ini dipakai oleh sebuah usaha untuk merancang produk yang lebih baik, meningkatkan pengalaman pengguna, menyusun strategi pemasaran yang menarik prospek berkualitas, hingga meningkatkan tingkat konversi.


4 Jenis Riset Pasat yang Paling Sering Digunakan

customer service melayani pelanggan

1. Survei

Bentuk penelitian kualitatif ini dilakukan dengan cara menanyakan serangkaian pertanyaan terbuka atau tertutup kepada responden, umumnya lewat kuesioner.

2. Wawancara

Wawancara memungkinkan l diskusi tatap muka (secara langsung dan virtual) sehingga Anda dapat melakukan percakapan alami dan memperhatikan bahasa tubuh orang yang Anda wawancarai.

3. Focus groups

Grup fokus dilakukan dengan memilih beberapa orang yang dipilih dengan cermat sehingga Anda dapat menguji produk, menonton demo, memberikan umpan balik, dan menjawab pertanyaan spesifik.

4. Pengamatan

Penelitian berbasis pengamatan memungkinkan Anda untuk mengamati cara audiens target menggunakan produk atau layanan Anda, apa yang bekerja dengan baik dalam hal UX, hambatan apa yang mereka hadapi, dan aspek mana yang bisa ditingkatkan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.


3 Tips Melakukan Riset Pasar

barista di kedai kopi sedang melayani pelanggan dengan pembayaran cashless - Definisi dan Dampak Cashless Society bagi Pemilik Usaha - cara daftar umkm online

Untuk melakukan riset pasar, ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan, di antaranya:

1. Tentukan Tujuan dan Target Pelanggan

Apa tujuan Anda melakukan riset pasar? Siapa target pelanggan Anda? Jika sudah menjawab kedua pertanyaan tersebut, selanjutnya Anda juga perlu membuat buyer persona.

Buyer persona adalah representasi fiktif dan umum dari pelanggan ideal Anda yang membantu Anda melihat kira-kira seperti apa audiens Anda, memudahkan Anda untuk memahami perilaku belanja mereka, dan mengetahui strategi pemasaran yang tepat. Manfaatnya adalah sebagai pedoman untuk menjangkau dan belajar tentang audiens.

Beberapa karakteristik utama yang harus Anda perhatikan dalam buyer persona adalah: 

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Lokasi pelanggan
  • Pekerjaan
  • Jumlah keluarga 
  • Penghasilan 
  • Tantangan utama

2. Analisis Kompetitor Usaha Anda

Selanjutnya, Anda juga perlu menganalisis kompetitor usaha Anda. Terkadang, sebuah divisi perusahaan mungkin bersaing dengan produk utama Anda, meskipun merek perusahaan fokus di bidang lain.

Contoh, Warunk Upnormal yang menjual makanan berat seperti mie instan dengan topping ternyata juga menjual minuman es kopi kekinian, sehingga bersaing dengan Kopi Kenangan. 

Untuk mengidentifikasi pesaing yang produk atau layanannya tumpang tindih dengan Anda, tentukan industri mana yang Anda kejar. Misalnya pendidikan, konstruksi, media & hiburan, ritel, layanan keuangan, telekomunikasi, pertanian, dan sebagainya.

Temukan istilah industri Anda dan gunakan untuk membuat daftar perusahaan yang juga termasuk dalam industri tersebut guna menganalisisnya.

3. Kumpulkan Pertanyaan Terbuka

Terakhir, Anda juga harus mengumpulkan pertanyaan terbuka yang akan digunakan dalam melakukan riset pasar. Buatlah panduan diskusi untuk memastikan Anda mengajukan semua pertanyaan yang paling penting. Semua pertanyaan yang Anda ajukan harus berupa pertanyaan terbuka.

Mengajukan pertanyaan yang jawabannya antara ya dan tidak membuat Anda berisiko secara tidak sengaja memengaruhi pikiran audiens karena memimpin dengan hipotesis Anda sendiri. Mengajukan pertanyaan terbuka juga membantu Anda menghindari jawaban satu kata yang tidak terlalu membantu riset.


Fitur Google yang Bisa Digunakan untuk Proses Riset Pemasaran

pemilik usaha muda menggunakan laptop untuk bekerja - cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil - cara meningkatkan produktivitas kerja

Untuk mempermudah Anda melakukan riset pasar, ada beberapa fitur Google yang bisa Anda manfaatkan, yaitu:

1. Google Keyword Planner Tool

Ini adalah fitur Google yang dipakai untuk mengetahui informasi seputar keyword (kata kunci) berkaitan dengan produk bisnis Anda.

2. Google Consumer Surveys

Survei secara online ini berguna mengetahui minat konsumen dan sejumlah pertanyaan lainnya.

3. Google Docs

Anda dapat memanfaatkan fitur Google ini untuk membuat polling atau survei online guna mengetahui selera konsumen.

4. Google Trends

Terakhir ada Google Trends yang dipakai untuk mendapatkan informasi mengenai topik yang tengah trend di internet saat ini yang sangat berguna untuk Anda yang memiliki website atau blog dengan topik news.


Mengapa Riset Pasar Penting?

pebisnis muda - analisis kompetitor - prinsip 6m dalam wirausaha

Jangan abaikan pentingnya riset pasar! Beberapa manfaat dari melakukan riset pasar adalah sebagai berikut:

  • Membantu memperkuat posisi bisnis.
  • Meminimalkan risiko investasi.
  • Mengidentifikasi potensi ancaman dan peluang.
  • Membantu menemukan kekuatan dan kelemahan bisnis dan pesaing.
  • Memfasilitasi perencanaan strategis.
  • Membantu melihat tren yang muncul.

Selain itu, salah satu manfaat utama lainnya riset pasar adalah mengerti kebutuhan pelanggan. Contoh, dengan meningkatnya penggunaan pembayaran nontunai pada industri usaha dan target pasar Anda, maka Anda harus menyediakan fasilitas pembayaran nontunai guna menjawab kebutuhan pelanggan Anda.

Itulah informasi mengenai tips melakukan proses riset pemasaran secara jitu yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda sudah menjalankan semua proses di atas?

Selain riset pasar, ada hal lain yang tak boleh Anda lupakan dalam bisnis, yakni urusan operasional. Yuk, andalkan aplikasi GoBiz untuk membantu memperlancar usaha Anda!

Dengan GoBiz, Anda bisa melakukan pendaftaran GoFood agar bisa jualan makanan dan minuman secara online, daftar GoPay untuk menyediakan beragam pembayaran, hingga GoKasir untuk mencatat semua transaksi penjualan!

Dengan begitu, segala hal dalam bisnis bisa lebih dioptimalkan sehingga bisa memberikan hasil yang baik. Yuk, pakai GoBiz sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya