GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Cara Mempertahankan Pelanggan agar Tetap Setia

5 Cara Mempertahankan Pelanggan agar Tetap Setia – Pelanggan setia adalah salah satu aset terbesar yang dimiliki oleh tiap usaha. Apalagi di tengah persaingan dagang yang makin ketat, kesetiaan pelanggan terhadap produk usaha yang Anda tawarkan adalah kunci penting untuk menjaga keberlangsungan usaha.

Karena itu, tak heran jika berbagai program customer loyalty pun dimainkan oleh pelaku usaha—termasuk mereka yang telah berskala besar sekalipun. Kalau Anda juga ingin menjaga keberlangsungan dan memenangkan persaingan usaha, mulailah menyusun berbagai strategi untuk membuat pelanggan setia. 


Apa Itu Customer Loyalty?

kepuasan pelanggan - seorang pelanggan sedang menikmati kopinya di cafe - Cara Mempertahankan Pelanggan agar Tetap Setia

Customer loyalty dapat didefinisikan secara sederhana sebagai ukuran seberapa besar pelanggan atau pelanggan akan kembali menggunakan produk Anda.

Pelanggan yang setia akan membeli lagi produk yang Anda tawarkan meski produk tersebut tidak sedang dalam periode diskon atau promo lainnya.

Pelanggan yang loyal pun akan merekomendasikan produk Anda kepada lingkungannya dengan cuma-cuma—keluarga, sahabat, atau bahkan orang lain yang tak terlalu dikenal sekalipun.

Hal tersebut dapat mendatangkan quality referral dan ulasan positif dari word of mouth (mulut ke mulut) yang sangat efektif dalam sebuah pemasaran.

Baca juga: 5 Cara Memahami Pelanggan dengan Lebih Baik


Mengapa Kualitas Layanan Berpengaruh pada Customer Loyalty?

Layanan pesan antar makanan - 5 Kesalahan Umum Saat Daftar GoFood

Seperti yang sering dikatakan, orang lebih cenderung mengingat orang lain bukan karena apa yang orang lain lakukan, melainkan apa yang dia rasakan atas perlakuan orang lain tersebut. 

Hal ini juga berlaku dalam dunia usaha—bagaimana produk yang Anda tawarkan tak cuma berkualitas, tetapi juga memberi nilai lebih terhadap kepuasan mereka saat menggunakan dan menikmati produk tersebut.

Maka dari itu, untuk membuat pelanggan setia, Anda perlu menawarkan nilai lebih yang dapat mereka rasakan. Berikan pelayanan yang customer friendly sebagai nilai tambah produk kepada pelanggan sehingga mereka merasa nyaman dan puas terutama jika produk yang Anda tawarkan punya banyak kompetitor.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Teknologi, Mana yang Paling Ampuh?


5 Cara Mempertahankan Pelanggan agar Tetap Setia

pesan antar makanan - Cara Mempertahankan Pelanggan agar Tetap Setia

Apabila ingin usaha terus berlanjut dan berkembang, maka Anda perlu memiliki pelanggan setia dengan kuantitas besar. Lantas, apa saja cara mempertahankan pelanggan agar tetap setia?

1. Jaga Kualitas Produk

Menghadirkan produk berkualitas adalah cara mempertahankan pelanggan yang paling utama.

Pikirkan dengan matang dan eksekusi dengan maksimal produk yang akan Anda tawarkan. Pastikan Anda sudah menyesuaikannya dengan target pasar agar tak jauh dari ekspektasi.

Selalu jaga dan tingkatkan kualitas produk untuk menghindari rasa kecewa pelanggan. Kalau urusan kualitas produk sebagai inti dari usaha Anda sudah baik, barulah mulai memikirkan hal lain untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. 

2. Buat Loyalty Program

Cara mempertahankan pelanggan yang satu ini merupakan salah satu bentuk apresiasi yang dapat Anda berikan kepada pelanggan setia. Meski sama sekali bukan cara baru, nyatanya banyak usaha besar yang masih menggunakan metode ini karena efektif.

Berikanlah kupon potongan harga setelah mereka berbelanja mencapai nominal tertentu. Agar turut mempercepat pembelian ulang, beri jangka waktu (batas maksimal) kapan pelanggan dapat menggunakan kupon tersebut.

Alternatif lainnya, Anda bisa memberi poin setiap pelanggan melakukan pembelanjaan. Nantinya, mereka dapat menukar poin tersebut saat mencapai batas tertentu dengan suvenir, produk gratis, kupon diskon, dan sebagainya.

3. Beri Sentuhan Personal

Sentuhan personal membuat seseorang merasa lebih dihargai. Contoh sederhana saja: Anda tentu merasa lebih dihargai saat menerima pesan WhatsApp yang ditulis khusus untuk Anda dibandingkan broadcast, bukan?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memberi sentuhan personal. Hal ini tentu Anda sesuaikan sendiri dengan karakter dan skala usaha yang dilakukan.

Seperti misal, Anda dapat memberi ucapan terima kasih dengan menuliskan nama pelanggan di atas kartu ucapan terima kasih (sertakan pula identitas usaha Anda). Jika memungkinkan, Anda bisa mengirim email ucapan selamat ulang tahun maupun terima kasih atas pembelian yang dilakukan, dan lain-lain.

Bagaimana, sudah pernah menjalankan cara mempertahankan pelanggan yang satu ini?

4. Buka Kanal Komunikasi

Komunikasi yang baik adalah elemen kunci dalam menjaga usaha tetap berjalan dan bertahan. Karena itu, buka peluang komunikasi selebar-lebarnya dengan pelanggan.

Buat usaha Anda mudah ditemukan dan dihubungi oleh pelanggan. Anda bisa memperluas jangkauan komunikasi melalui media sosial, nomor telepon, aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, dan lain-lain.

Tak kalah penting, terbukalah dengan feedback yang mereka berikan dan berikan apresiasi atas upaya mereka memberi feedback tersebut. Selain itu, pastikan pula Anda cukup fast response saat pelanggan menghubungi.

5. Hadirkan Metode Pembayaran Cashless

Tahukah Anda, transaksi pembayaran nontunai makin marak sejak pandemi COVID-19. Pelanggan pun lebih banyak memilih menggunakan pembayaran digital daftar GoPay, ataupun penggunaan kartu debit dan kartu kredit karena dinilai lebih cepat, aman, dan nyaman.

Menyikapi hal ini, Anda pun perlu mengikuti pasar. Jangan sampai Anda kehilangan pelanggan setia lantaran dinilai terlalu kaku dan tak dapat mengadopsi gaya transaksi digital masa kini.

Dengan menyediakan transaksi nontunai, pelanggan Akan lebih senang. Makin senang dan puas pelanggan dengan produk dan layanan yang diberikan, makin besar peluang mereka akan kembali berbelanja di tempat Anda.

Pun di sisi pemilik usaha, pembayaran nontunai tak kalah menguntungkan. Anda tidak perlu lagi melakukan rekap penjualan secara manual, tidak perlu repot menyiapkan uang kembalian, tidak banyak uang yang tercecer sehingga minim risiko dari segi keamanan, dan lain-lain.

Anda bisa memanfaatkan GoPay sebagai solusi pembayaran cashless. Di samping adanya pembayaran digital, GoPay juga memungkinkan pembayaran kartu debit dan kartu kredit lewat perangkat kasir yang disediakan GoBiz, yakni GoBiz PLUS.

Ajak terus pelanggan Anda untuk bertransaksi menggunakan metode pembayaran nontunai ini. Tak cuma lebih aman, transaksi juga jadi lebih praktis dan nyaman. Daftar GoBiz PLUS sekarang juga dan buktikan bagaimana transaksi ini membantu perkembangan usaha Anda!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya