GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Cara Promosi di Instagram untuk Pemula

7 Cara Promosi di Instagram untuk Pemula – Bagi para pemilik usaha pemula, penting bagi Anda untuk melakukan promosi di Instagram. Apalagi, berdasarkan dara dari Napoleon Cat, pengguna Instagram di Indonesia per tahun 2020 sendiri sudah mencapai 69,2 juta berdasarkan data dari Napoleon Cat.

Angka ini didominasi oleh pengguna berusia 18-34 tahun. Ini jadi salah satu alasan mengapa Instagram jadi media sosial yang cocok untuk mempromosikan produk Anda.

Cara promosi di Instagram pun tidak begitu sulit. Anda yang seorang pemula pun bisa menerapkan cara promosi produk yang praktis di media sosial yang satu ini. Berikut 7cara promosi di Instagram untuk pemula yang bisa Anda terapkan.

7 Cara Promosi di Instagram untuk Pemula

7 Cara Promosi di Instagram untuk Pemula

1. Beralih ke akun bisnis

Cara promosi di Instagram bisa dimulai jika Anda terlebih dulu beralih dari akun personal ke akun bisnis. Berbeda dengan akun personal, akun bisnis Instagram memiliki lebih banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha, termasuk melakukan promosi.

Hal ini bisa Anda atur dalam menu Setting > Account > Switch to Business Account (Beralih ke Akun Bisnis). Mudah, bukan?

2. Buat konten yang menarik dan konsisten

Sebelum mulai menerapkan cara promosi yang tepat, mulailah dulu dengan konten yang menarik. Pastikan konten yang diunggah menarik secara visual agar bisa mencuri perhatian calon konsumen. Pilih juga tema bahasan yang relevan dengan target pasar serta produk.

Jika konten sudah bisa dikemas dengan menarik, Anda tinggal memastikan konsistensi dari konten tersebut dari segi desain, gaya komunikasi, sampai jadwal unggah dari konten.

3. Beriklan dengan fitur di akun bisnis

Kalau profil dan konten sudah siap, berarti cara promosi di Instagram yang satu ini sudah bisa Anda terapkan. Fitur Promote bisa langsung terlihat setelah Anda mengunggah konten, baik itu di feed atau di story Instagram. Salah satu syarat penting agar dapat beriklan di Instagram adalah akun Anda harus terhubung dengan laman Facebook dengan profil yang sama. 

Berikutnya, Anda tinggal menentukan target audiens dan budget untuk iklan Anda. Lalu, Anda harus mengisi metode pembayaran, baik dengan kartu kredit atau debit. Setelah itu, tinggal tunggu approval dari Instagram dan konten Anda pun berhasil diiklankan oleh Instagram.

4. Manfaatkan jasa paid promote atau endorsement

Cara promosi di Instagram lainnya selain menggunakan fitur adalah memakai jasa paid promote atau endorsement, jenis jasa yang mudah ditemukan di Instagram kini.

Untuk paid promote, Anda bisa memanfaatkan beberapa akun informasi regional yang punya banyak followers untuk berpromosi. Sementara untuk endorsement, Anda bisa bekerja sama dengan beberapa influencer terkenal di Instagram.

Sebelum memilih siapa saja yang akan diajak bekerja sama, baik untuk paid promote maupun endorsement, utamakanlah engagement yang tinggi dibandingkan banyaknya jumlah followers. Cari tahu seberapa engage pemilik akun dengan para followers mereka untuk memastikan Anda mengalokasikan anggaran secara tepat untuk promosi di Instagram.

5. Manfaatkan hashtag

Cara promosi produk di Instagram juga bisa dilakukan dengan optimalisasi hashtag. Dengan kata lain, hashtag dapat mempermudah orang untuk menemukan akun serta produk yang dijual di Instagram.

Cukup dengan mencantumkan hashtag tertentu yang terkait dengan produk tersebut, pengguna Instagram bisa terhubung dengan produk-produk yang Anda jual. 

Untuk itu, sebelum meng-upload konten di Instagram, cobalah untuk riset berbagai keyword yang sekiranya banyak dicari oleh target pasar Anda sehingga apa yang Anda promosikan bisa lebih tepat sasaran.

6. Jadikan giveaway untuk mempromosikan produk

Memberikan potongan harga memang cara promosi yang baik, tetapi cara promosi produk yang satu ini dianggap kurang efektif. Alih-alih memberi diskon harga, Anda bisa memilih untuk memberikan giveaway produk kepada followers.

Giveaway dianggap lebih efektif untuk bisnis karena memungkinkan konsumen untuk memperoleh dan mencoba produk secara gratis. Ini berarti konsumen berkesempatan untuk mencoba sendiri kualitas produk Anda.

Jika kualitasnya memang bagus, konsumen tidak akan segan-segan untuk mempromosikan produk bahkan tanpa Anda minta. Kemungkinan konsumen akan kembali untuk membeli produk yang sama pun jadi lebih tinggi.

7. Bagikan testimoni pelanggan

Cara promosi di Instagram yang terakhir yang juga ampuh adalah dengan membagikan testimoni pelanggan. Jika ada apresiasi dari pelanggan atau pembeli sekadar mengunggah foto produk, jangan ragu untuk membagikannya atau repost ke Instagram Anda. Ini akan menjadi bukti bagaimana orang-orang percaya dan menikmati produk Anda.

Nah, itulah dia 7 cara promosi di Instagram untuk para pemilik usaha pemula. Jangan lupa, bukan cuma urusan promosi saja, lho, yang perlu Anda pikirkan. Operasional yang baik tentu juga akan semakin meningkatkan performa dan kelancaran usaha.

Yuk, gunakan GoBiz untuk memenuhi berbagai kebutuhan usaha Anda! Mulai dari menerima pesanan pelanggan, mencatat laporan pendapatan, menganalisis transaksi penjualan, atau menerima pembayaran nontunai.

Klik di sini untuk cari tahu info selengkapnya tentang GoBiz atau klik tombol di bawah untuk download aplikasi GoBiz sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda – Ketika membaca soal “laporan selengkapnya

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini! – Marhaban ya selengkapnya