GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Cara Menghasilkan Uang Sampingan Saat Puasa

Bagi Anda yang sedang mencari cara menghasilkan uang sampingan saat puasa, ada beberapa jenis usaha yang layak Anda pertimbangkan. Dengan memiliki penghasilan tambahan saat puasa, Anda bisa menabung atau memenuhi berbagai kebutuhan lain. Tidak susah, kok, berikut inii beberapa rekomendasi usaha yang bisa jadi cara menghasilkan uang sampingan saat puasa!


7 Ide Cara Menghasilkan Uang Sampingan Saat Bulan Ramadhan

1. Buka Usaha Takjil

Tidak lengkap rasanya berpuasa tanpa belanja takjil. Jika tahun-tahun ke belakang Anda selalu menjadi pembeli, tidak ada salahnya jika tahun ini Anda jadi penjual takjil. Ada banyak jenis takjil yang bisa Anda jual.

Pada umumnya, ada beberapa jenis takjil yang selalu laku, misalnya es cendol, es buah segar, gorengan, dan beragam aneka makanan kecil khas bulan puasa lainnya. Anda bisa menjual takjil di depan rumah atau membuka stan di area yang ramai, seperti alun-alun kota.


2. Buka Usaha Kue Kering

cara menghasilkan uang sampingan saat puasa

Anda juga bisa mempertimbangkan bisnis kue kering rumahan sebagai cara menghasilkan uang sampingan saat puasa. Ini karena banyak orang mempersiapkan kue kering spesial untuk disajikan pada para tamu saat lebaran.

Jika tertarik membuka usaha kue kering, ​​modal yang perlu Anda siapkan tidak terlalu besar, kok, yakni sekitar Rp5 juta. Modal sekitar Rp3 juta untuk membeli satu buah oven gas, Rp300.000 untuk membeli mixer rumahan ukuran kecil, dan sisanya untuk membeli bahan kue. 

Anda bisa membuka pemesanan untuk sekitar 100 toples dengan total modal sekitar Rp5 juta tersebut. Tergantung target pasar Anda, keuntungan yang Anda peroleh bisa berbeda. Jika segmen pasarnya kelas menengah ke bawah, Anda bisa ambil untung per toples sebesar Rp10.000, sehingga keuntungan yang didapat untuk 100 toples adalah Rp1 juta.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran di Bulan Ramadhan untuk Tingkatkan Penjualan


3. Buka Usaha Desain Kartu Lebaran

cara menghasilkan uang sampingan saat puasa

Banyak orang tertarik membeli kartu lebaran karena ucapan selamat Hari Raya Idulfitri akan menjadi lebih berkesan jika lewat kartu khusus. Jadi, bagi yang punya keahlian desain, Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk membuat kartu lebaran digital. Tidak perlu modal, sudah ada banyak aplikasi membuat desain kartu lebaran yang gratis, seperti Picsart, Canva, hingga Muslim Pro. Jika menjual desain kartu lebaran digital, Anda tidak perlu biaya untuk mencetak kartu.  


4. Buka Usaha Kembang Api

Entah bagaimana mulanya, tapi bulan Ramadhan biasanya dengan menyalakan petasan atau kembang api. Tidak sedikit pula orang tua yang membujuk anaknya untuk latihan berpuasa dengan memberikan kembang api sebagai hadiah.

Mempertimbangkan besarnya peluang untuk jualan kembang api, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan bulan Ramadhan untuk berjualan kembang api. Harga kembang api yang lumayan tinggi memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar. Anda bahkan bisa mendapat keuntungan dua kali lipat dari modal awal. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Parcel Lebaran untuk Dijual


5. Buka Usaha Toples Kue

Selain bisnis kue itu sendiri, Anda juga bisa menjalankan bisnis toples kue lebaran yang pasti akan banyak dicari para pebisnis kue kering. Ada banyak jenis toples yang bisa Anda pilih untuk berbisnis, seperti toples plastik, toples akrilik, toples kaca, toples keramik, toples kaleng, hingga toples tema bahan flanel. Setiap jenis toples punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Umumnya, toples plastik atau akrilik lebih laku karena murah dan simpel.


6. Buka Usaha Ketupat

Sampai sekarang, lebaran masih identik dengan ketupat. Ketupat adalah hidangan wajib saat lebaran, tapi tidak semua orang punya waktu dan keahlian membuat ketupat sendiri. Nah, Anda bisa memanfaatkan potensi besar ini untuk membuka usaha ketupat.

Olahan makanan yang terbuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa muda ini membutuhkan modal tidak terlalu besar. Selama Anda punya keahlian menganyam, membuka usaha ketupat bisa Anda pertimbangkan. 

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Online Selama Ramadan


7. Buka Usaha Hampers Lebaran

cara menghasilkan uang sampingan saat puasa

Cara menghasilkan uang sampingan saat puasa yang satu ini selalu jadi favorit. Tidak sedikit perusahaan yang memberikan hampers lebaran untuk para karyawannya. Apabila Anda bisa menjual hampers kepada perusahaan, keuntungan yang Anda dapat akan semakin besar. Jika memungkinkan, Anda bisa memanfaatkan koneksi dengan teman atau keluarga untuk menawarkan usaha Anda. Bisa juga dengan share jualan Anda melalui media sosial untuk menjangkau pelanggan lebih besar dan menawarkan promosi yang menarik agar bisnis Anda dilirik.


Nah, itulah informasi tentang cara menghasilkan uang sampingan saat puasa yang perlu Anda ketahui. Kira-kira cara mana yang akan Anda pilih untuk berjualan? Apa pun pilihannya, pastikan Anda menggunakan GoKasir, aplikasi kasir Android yang bisa mencatat transaksi penjualan secara otomatis. Alhasil, Anda tidak akan pernah lupa melakukan pencatatan, yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis performa usaha saat puasa.

GoKasir juga bisa Anda gunakan secara gratis sehingga cocok untuk semua jenis bisnis!

Saatnya Urusan Operasional Usaha Jadi Makin Praktis dengan GoKasir!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

CUAN Bersama Gojek Lewat Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda

Hai, Mitra Usaha! Selamat datang di CUAN! Ini merupakan Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda selengkapnya

Mie Ayam Bangka Bintaro, Mentor GoFood yang Mentransformasi Bisnis Keluarga Tradisional jadi Digital

Mie Ayam Bangka Bintaro, Mentor GoFood yang Mentransformasi Bisnis Keluarga Tradisional selengkapnya