GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Strategi Bisnis dari Kesuksesan Pemilik Kopi Kenangan

Menyusun strategi yang matang sangatlah penting dalam bisnis. Anda bisa mempelajarinya dari pelaku bisnis yang sudah terjun lebih dulu. Salah satunya adalah strategi bisnis yang diterapkan oleh pemilik Kopi Kenangan, sebuah bisnis minuman dengan konsep grab-and-go.

Saat ini, Kopi Kenangan berhasil menjadi brand yang dikenal luas dan mampu bersaing dengan brand luar negeri. Mari simak strategi bisnis yang diterapkan pemilik Kopi Kenangan berikut ini!

5 Strategi Penting Bisnis dari Kesuksesan Pemilik Kopi Kenangan

1. Nama yang simpel dan kekinian

Salah satu strategi bisnis yang diterapkan oleh pemilik Kopi Kenangan adalah pemilihan nama. Agar mudah diingat oleh masyarakat, Edward Tirtanata selaku pemilik Kopi Kenangan pun memilih nama yang simpel sekaligus kekinian.

Baca juga: 10 Tips Memilih Nama Toko yang Bagus dan Unik

Alih-alih menggunakan bahasa asing, Edward justru memilih kata-kata dalam bahasa Indonesia yang umum digunakan masyarakat sebagai nama brand.

Selain unik, penggunaan kata “Kenangan” pun menimbulkan kedekatan bagi masyarakat. Pemilihan nama tersebut memberikan kesan yang familier dan membuat konsumen tidak ragu untuk mencoba.

Dari sini, bisa diketahui bahwa pemilihan nama produk sangat berpengaruh. Anda bisa meniru trik yang digunakan Kopi Kenangan ini saat mencari nama produk. Kuncinya terletak pada penggunaan kata yang simpel dan dekat dengan masyarakat

2. Manfaatkan kecanggihan teknologi

Selanjutnya, Kopi Kenangan juga tidak ragu memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mengembangkan jaringan bisnisnya. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mendaftarkan bisnis di aplikasi online delivery seperti GoFood. Dengan mendaftarkan bisnis di aplikasi online delivery, maka jangkauan usaha pun lebih luas.

Selain itu, Kopi Kenangan juga merancang aplikasinya sendiri. Lewat aplikasi tersebut, pelanggan bisa menemukan beberapa penawaran menarik sekaligus mendapatkan informasi produk. Untuk menjaga kualitas produk, Kopi Kenangan juga mengadopsi pemakaian mesin kopi modern yang canggih.

3. Konsisten menjaga kualitas produk

Berbicara soal kualitas produk, Kopi Kenangan memang tidak main-main. Bukan cuma menghadirkan mesin modern untuk meracik kopi, pemilik Kopi Kenangan juga memberikan pelatihan khusus bagi setiap barista baru.

Lewat Kenangan Academy, Kopi Kenangan memberikan training bagi para barista sebelum terjun langsung meracik kopi di gerai mereka. Jadi, barista tidak akan kesulitan dalam mengoperasikan mesin yang digunakan Kopi Kenangan.

Pusat training yang hadir sejak 2020 lalu tersebut juga memberikan pelatihan mengenai sistem pembayaran, operasional gerai, hingga customer service.

4. Berinovasi dengan produk

Untuk bisa bertahan, bisnis harus melakukan inovasi produk. Hal ini juga diterapkan di Kopi Kenangan. Kedai kopi yang satu ini terus-menerus hadir dengan berbagai inovasi yang mampu menarik konsumen. Misalnya dengan meluncurkan seri minuman baru atau merchandise yang mendukung kegiatan minum kopi seperti tumbler.

Inovasi lainnya hadir dalam bentuk variasi produk. Saat ini, Edward selaku pemilik Kopi Kenangan telah mengembangkan usahanya. Tidak hanya fokus pada minuman saja, tetapi juga produk makanan.

Pada 2020 lalu, Kopi Kenangan melalui Kenangan Group meluncurkan Cerita Roti yang menawarkan produk camilan pendamping kopi. Kemudian pada awal 2021, Kenangan Group kembali meluncurkan produk makanan baru, yaitu Chigo.

5. Memasang harga dengan mementingkan konsumen

Salah satu ciri khas Kopi Kenangan adalah harga yang relatif ramah di kantong. Ini karena Kopi Kenangan sendiri memang membidik kalangan menengah sebagai target utama.

Selain itu, Kopi Kenangan juga menerapkan produksi untuk mass market sehingga harga produk disesuaikan dengan standar yang berlaku bagi masyarakat luas, bukan untuk golongan tertentu saja.

Dengan begitu, konsumen akan selalu melirik produk-produk yang diluncurkan oleh Kopi Kenangan. Menariknya lagi, penetapan harga yang mementingkan keinginan konsumen ini juga diterapkan pada cabang bisnis lain milik Kenangan Group, yakni Cerita Roti, Chigo, dan bisnis baru lainnya.

Merancang strategi usaha sangat memengaruhi kelangsungan usaha yang sedang Anda jalankan. Tanpa adanya strategi yang matang, usaha akan rentan mengalami kerugian. Strategi yang diterapkan oleh pemilik Kopi Kenangan di atas bisa dijadikan inspirasi untuk menyusun strategi usaha Anda sendiri.

Anda bisa dapat inspirasi usaha lebih banyak lagi dengan bergabung ke komunitas bisnis. Melalui komunitas bisnis, Anda bisa mendapatkan wawasan dari pemilik usaha yang sudah lebih dulu memulai.  Daftar  Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) sekarang juga untuk dapatkan semua manfaat komunitas bisnis, yuk!

*) Sumber foto: @kopikenangan.id

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Danke Cafe: Saat Seorang Dokter Tak Hanya Ingin Menyembuhkan tapi Juga Ingin Menyajikan Makanan & Minuman

Danke Cafe: Saat Seorang Dokter Tak Hanya Ingin Menyembuhkan tapi Juga Ingin Menyajikan selengkapnya

Piutang Usaha Adalah: Pengertian, Jenis, dan Bedanya dari Utang

Piutang usaha adalah uang yang harus pelangkan bayarkan kepada perusahaan atas barang selengkapnya