GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk merupakan salah satu hal yang perlu dipikirkan matang-matang oleh para pelaku usaha. Tujuannya, tentu tidak lain adalah untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Namun, Anda tidak bisa memberikan diskon, bonus, atau strategi promosi lainnya kepada pelanggan tanpa pertimbangan yang mendalam. Alih-alih mendapat keuntungan, Anda bisa rugi kalau terus mengeluarkan biaya promosi tanpa mempertimbangkan hal lainnya.

Untuk itu, mari kenali cara menerapkan strategi promosi produk yang tepat supaya Anda tidak mengalami kerugian.

Baca juga: 5 Cara Meminimalkan Risiko Bisnis di Tahun Pertama


Pentingnya Strategi Promosi Produk untuk Usaha Anda

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

Secara umum, strategi promosi produk bisa dilakukan dengan memberikan informasi kepada publik terkait keunggulan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan begitu, mereka pelan-pelan akan tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda. 

Efek selanjutnya, jelas, semakin banyak orang yang akan mengenal produk atau jasa Anda. Kemudian, pasti akan makin tinggi pula potensi penjualan dan keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Lebih lanjut, Anda perlu ingat bahwa promosi tidak hanya penting untuk menarget calon konsumen baru, melainkan juga bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan begitu, usaha Anda tetap unggul dan bisa bersaing dengan kompetitor.

Baca juga: 6 Langkah Analisis Kompetitor agar Usaha Tetap Unggul


Media dalam Strategi Promosi Produk

Saat ini, sudah ada banyak jenis dan metode promosi yang bisa digunakan para pelaku usaha untuk memasarkan produk atau layanannya. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengenal media apa saja yang bisa dijadikan sarana untuk mempromosikan produk Anda.

Secara umum, ada dua jenis media yang biasa digunakan dalam strategi promosi produk, yaitu:

  1. Media tradisional yang mencakup media cetak seperti koran, majalah, atau tabloid; media elektronik seperti radio dan televisi; atau media luar ruangan seperti brosur atau banner promosi yang dipasang di luar atau di dalam outlet Anda.
  2. Media digital yang mencakup seluruh elemen yang dapat diakses oleh perangkat digital, seperti website, media sosial, atau email.

7 Strategi Promosi Produk Antirugi yang Bisa Anda Coba

keuntungan membuat promo

Apa pun jenis usaha yang Anda jalankan, sangat penting untuk menerapkan strategi promosi produk yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa mencapai target penjualan sesuai rencana bisnis.

Nah, selain meningkatkan produk dan layanan yang Anda tawarkan, Anda juga perlu melakukan hal-hal berikut agar strategi yang Anda terapkan tidak malah mengakibatkan kerugian.

1. Sediakan bujet promosi

Kegiatan promosi tentu berpengaruh terhadap biaya yang Anda keluarkan. Supaya biaya produksi tidak berkurang akibat promosi, Anda perlu menyediakan anggaran khusus untuk biaya promosi sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan optimal tanpa membebani harga jual produk.

2. Pastikan keuntungan lebih besar daripada biaya promosi

Sebelum menentukan besaran diskon, bonus, atau promosi lainnya, pastikan Anda sudah menghitung dengan benar keuntungan yang akan diperoleh dari bentuk promosi tersebut.

Jangan sampai, perkiraan keuntungan yang akan Anda dapat justru lebih kecil daripada biaya promosi yang hendak dikeluarkan.

3. Pilih waktu yang tepat untuk menerapkan strategi promosi

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

Jangan sembarangan memberikan promo kepada pelanggan! Cari tahu kapan waktu terbaik untuk memanfaatkan strategi promosi ini.

Selain melihat kebiasaan belanja pelanggan, Anda juga bisa mengadakan promosi di hari-hari besar, tanggal kembar, atau momen khusus seperti Ramadan dan tahun baru.

Baca juga: 9 Strategi Promosi Penjualan untuk Meningkatkan Profit

4. Bagikan ke berbagai channel

Mengandalkan satu channel saja tidak cukup! Anda perlu membagikan informasi terkait promosi yang Anda jalankan supaya makin banyak orang yang mengetahui produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Oleh karenanya, jangan ragu untuk membagikan materi promosi di media sosial atau channel bisnis lainnya yang Anda punya. 

5. Pasang materi promosi di tempat strategis

Sebisa mungkin pasang materi promosi di tempat strategis. Kalau Anda memasangnya di meja kasir, pastikan promo tersebut terlihat jelas dari arah pelanggan sehingga mereka bisa melihatnya dan tertarik untuk melakukan transaksi sesuai syarat dan ketentuan.

6. Libatkan pelanggan dalam aktivitas strategi promosi

Selain aktif menawarkan promo kepada pelanggan, Anda juga bisa melibatkan pelanggan dengan cara mengajak mereka menyebarkan informasi terkait promosi yang Anda jalankan.

Misalnya, dengan memberikan bonus kepada pelanggan yang berhasil menarik pelanggan lain dengan kode referral mereka.

7. Hubungi pelanggan dan tawarkan promo

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

Pelanggan mungkin tidak selalu memantau aktivitas usaha Anda. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi pelanggan agar berbelanja kembali di toko Anda dengan menggunakan promo yang Anda sediakan.

Itulah 7 strategi promosi produk yang bisa Anda lakukan agar penjualan meningkat tanpa mengakibatkan kerugian.

Jika pada pelaksanaannya Anda kewalahan untuk melakukan semuanya sendiri, jangan khawatir, karena Anda bisa bergabung dengan GoBiz untuk mengadakan promosi secara mudah dan efektif. Super App dari Gojek yang satu ini memiliki fitur yang bakal memudahkan Anda untuk membuat promo bagi pelanggan.

Selain itu, GoBiz juga telah menghadirkan perangkat kasir GoBiz PLUS yang bisa Anda gunakan untuk mencetak struk belanja dan menerima pembayaran dari banyak jenis kartu, tanpa harus melakukan permintaan mesin EDC secara khusus ke bank.

Melalui satu perangkat GoBiz PLUS, Anda juga akan otomatis terhubung ke berbagai solusi usaha lainnya dari Gojek, seperti GoPay, GoKasir, GoFood, dan beragam fitur lainnya.

Tentu saja, beragam fitur menarik ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menawarkan promo khusus bagi pelanggan yang melakukan pembayaran melalui GoPay, langsung di outlet Anda. Hal ini tentunya akan menguntungkan baik bagi usaha Anda maupun pelanggan Anda.

Jadi, bagaimana? Mulai tergiur dan tertarik menikmati fitur tersebut? Yuk, daftar GoBiz PLUS sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya