GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Harga Mesin Kasir Terbaru & Perkembangannya di 2020

Mesin kasir ada banyak jenisnya yang dijual, serta memiliki keuntungan dan kelemahan sendiri, berikut harga terbaru dan perbandingannya dari masa ke masa.

Hal ini berarti bahwa cara pembayaran saat melakukan transaksi juga akan berbeda-beda tergantung jenis perangkat yang digunakan.

6 Harga Mesin Kasir Terbaru & Perkembangannya

Anda bisa melihat sendiri ada berapa banyak jenisnya di pusat perbelanjaan. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Simaklah ulasannya berikut ini!

Jenis Mesin KasirKelengkapan PerangkatHarga
Mesin Kasir Mekanikal
Mesin kasir mekanikal
Cash register
Rp.2jt – 3jt
Mesin Kasir Elektronik
Mesin kasir elektronik
Cash drawer
Rp.2,5jt – 5jt
Komputer KasirPC
Cash drawer
Bluetooth printer
Barcode scanner
Rp.3jt – 10jt
Mesin Kasir AndroidAndroid tablet
Cash drawer
Bluetooth printer
Rp.2,5jt – 3,5jt
Self-kiosk Ordering SystemSelf Kiosk POS deviceRp.15jt
Perangkat Multifungsi dari GoBizPerangkat kasir portableRp.490rb – Free

1. Mesin Kasir Mekanikal/Manual

mesin kasir mekanikal/manual
Sumber gambar: productnation.co

Harga: Rp.2jt – 3jt
Perangkat:
-Mesin kasir mekanikal
-Cash register

Dalam sejarah perkembanganya, mesin kasir mekanikal atau manual adalah yang paling tua diciptakan dan digunakan. Salah satu jenis mesin ini pertama kali diciptakan oleh James Ritty dan John Birch setelah Perang Sipil di Amerika Serikat yang berakhir pada tahun 1865. Setelah itu, diciptakanlah mesin kasir mekanikal atau manual baru yang diberi nama The Ritty Model I pada tahun 1879. 

Dalam sejarah perkembanganya, perangkat kasir jenis ini adalah yang paling tua diciptakan dan digunakan. Salah satu jenis mesin ini pertama kali diciptakan oleh James Ritty dan John Birch setelah Perang Sipil di Amerika Serikat yang berakhir pada tahun 1865. Setelah itu, diciptakanlah mesin kasir mekanikal atau manual baru yang diberi nama The Ritty Model I pada tahun 1879. 

Dalam penggunaannya, perangkat kasir ini digunakan tanpa tanda terima atau biasa disebut dengan kuitansi. Maka dari itu, para kasir diwajibkan untuk memberikan input dalam setiap transaksi dalam register. Hingga pada saat tombol total ditekan, laci yang berisi uang terbuka bersamaan dengan bunyi bel yang berdering. Hal ini bertujuan sebagai tanda agar manajer mengetahui bahwa ada sebuah transaksi sedang terjadi. 

Hingga saat ini, mesin jenis ini masih digunakan dalam beberapa keperluan transaksi. Mesin kasir mekanikal atau manual memang sangat berfungsi pada awal penggunaannya tapi akhirnya tergantikan oleh mesin kasir elektronik yang keluar pada tahun 1906. Meskipun demikian, saat ini sudah ada perangkat kasir modern yang bisa dibeli dengan harga sekitar Rp2 juta saja. Mesin ini masih bisa ditemui di beberapa toko. 

2. Mesin Kasir Elektronik

mesin kasir elektronik
Sumber gambar: productnation.co

Harga: Rp.2,5jt – 5jt
Perangkat:
-Mesin kasir elektronik
-Cash drawer

Pada tahun 1906, sebuah jenis mesin kasir baru diciptakan oleh Charles Franklin Kettering. Ia menciptakan mesin jenis baru yang bernama mesin kasir elektronik. Seperti namanya, jenis mesin satu ini menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya dan bisa dibeli dengan harga sekitar Rp1.8 juta hingga Rp2.5 juta. Lebih lagi, perangkat kasir elektronik adalah salah satu jenis mesin yang digunakan dalam banyak kegiatan perdagangan sehingga bisa ditemukan di mana saja.

Berbeda dengan perangkat kasir mekanikal atau manual, perangkat kasir elektronik bisa mengeluarkan sebuah catatan transaksi atau kuitansi sebagai bukti pembayaran. Plus, perangkat kasir elektronik juga memiliki kemampuan untuk menyimpan data barang atau stock barang.

Biasanya, dalam sektor retail, perangkat kasir elektronik memerlukan produk yang memiliki kecepatan pelayanan. Maka dari itu, penggunaan perangkat kasir elektronik biasanya telah dilengkapi dengan barcode scanner.

Perangkat kasir elektronik mampu melakukan pencatatan penjualan dengan adanya fitur diskon, pengurangan penjualan kredit atau hutang, hingga pembatalan atau penghapusan transaksi.

Selain itu, perangkat kasir elektronik juga dibekali dengan kemampuan menghitung jumlah persentase transaksi, pencatatan nomor kuitansi, hingga pencatatan persediaan uang kas. Selain itu, fitur-fitur dasar seperti penjumlahan penjualan atau penerimaan uang tunai serta pencatatan pengeluaran uang kas juga dimiliki oleh perangkat kasir jenis ini.

3. PC Desktop / Komputer Kasir

komputer kasir
Sumber gambar: bukalapak.com

Harga: Rp.3jt – 10jt
Perangkat:
-PC
-Cash drawer
-Bluetooth printer
-Barcode scanner

PC Desktop Kasir adalah sebuah jenis komputer kasir yang diciptakan oleh IBM pada awal tahun 1970-an. Masing-masing terminal dalam PC Desktop atau Komputer kasir ini tersambung ke komponen utama komputer. Hal ini bertujuan agar mesin tersebut bisa menyinkronisasi data atau informasi mengenai transaksi yang sedang terjadi. Hal ini berlaku pada layar digital pada setiap register.

Meskipun layar dari PC Desktop Kasir ini adalah sebuah monitor, perangkat ini memiliki keunggulan yang dapat meningkatkan pengalaman checkout bagi karyawan serta pembeli. Dengan berjalannya kemajuan teknologi komputer, penjualan perangkat kasir jenis ini juga ikut meningkat.

Kemajuan baru dalam teknologi perangkat kasir ini mampu menghasilkan sebuah jenis sistem operasi yang lebih kuat dan cakupannya semakin luas. Ditambah lagi, integrasi antara sistem komputer serta mesin kasirnya juga memberikan manfaat yang signifikan pada penggunaannya sehari-hari.

Sistem POS pertama yang dipasang pada komputer ini dijalankan pada sistem operasi Windows. Sistem POS pertama ini pertama kali diciptakan pada tahun 1992 dan diberi nama IT Retail.

Harga jual perangkat kasir jenis PC Desktop jenis ini berkisar dari harga Rp3 juta hingga Rp10 juta. Biasanya, satu perangkat PC Desktop Kasir/Early POS System terdiri dari sebuah komputer, cash drawer, serta barcode scanner.

4. Mesin Kasir Android/Apple POS Tablet

mesin kasir android tablet
Sumber gambar: tokopedia.com

Harga: Rp.2,5jt – 3,5jt
Perangkat:
-Android/Apple tablet
-Cash drawer
-Bluetooth printer

Sebuah Tablet POS atau mesin kasir online dengan Android Tablet adalah sebuah jenis perangkat kasir yang menggabungkan kekuatan aplikasi kasir dengan fleksibilitas tablet. Android POS Tablet menggunakan server serta tenaga penjualan yang bisa melakukan pemesanan, pemeriksaan harga, dan memproses pembayaran dari mana saja.

Dan lagi, tablet pos ini juga mampu meningkatkan kecepatan transaksi dan pengalaman pelanggan. Hal ini berbeda Komputer Kasir yang berfokus menggunakan penerimaan pesanan atau menelepon pelanggan pada mesin kasir konvensional pada umumnya.

Sebuah Android POS Tablet memiliki kualitas yang mampu meningkatkan pengalaman penggunaan kasir dalam pekerjaan sehari-hari pada bidang perdagangan. Untuk fungsi spesifiknya, Android POS Tablet ini bisa digunakan untuk mengelola pemesanan hingga reservasi.

Bukan itu saja, Android POS Tablet juga memberikan kemudahan dalam proses pembayaran, pembuatan laporan, manajemen persediaan, manajemen karyawan, hingga pengumpulan data pelanggan. Pada intinya, tablet POS ini memiliki keunggulan pada proses pengolahan data transaksi dan pelaporan.

Adanya Android POS Tablet ini memiliki keunggulan tersendiri dalam perhitungan budget sebuah usaha. Harga dari mesin kasir android ini berkisar dari Rp2.5 juta hingga Rp3.5 juta tergantung pada komponen-komponen dan fitur-fitur apa saja yang ditawarkan.

Selain itu, Android POS Tablet bisa dipasang dalam tablet bersistem operasi Android dan Apple. Tidak hanya itu, mesin kasir android memiliki tambahan berupa cash register meskipun Anda harus membeli printer secara terpisah. 

5. Self-kiosk Ordering System

mesin kasir self kiosk
Sumber gambar: sunmi.com

Harga: Rp.15jt
Perangkat:
– Self Kiosk POS device

Jenis mesin kasir selanjutnya adalah Self-kiosk Ordering System, sebuah teknologi POS yang terkenal akan kemudahan dan efisiensi yang dibawanya. Dengan menggunakan Self-Kiosk, artinya Anda memberikan kesempatan bagi pelanggan Anda untuk melakukan pembayaran sendiri. Dengan menggunakan Self-kiosk Ordering System, Anda bisa mengurangi panjang antrean dalam toko Anda sehingga ruangan dalam toko Anda tidak akan penuh akan orang-orang yang berdesak-desakan. 

Ada beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan Self-kiosk Ordering System. Keuntungan-keuntungan tersebut berupa adanya jaminan ketepatan dalam pemesanan, pembaruan diberikan secara real-time, mampu mengurangi waktu pelayanan, terintegrasi dengan sistem POS.

Dengan adanya mesin kasir satu ini, pelanggan Anda bisa meningkatkan pengalaman dalam bertransaksi serta bisa melakukan kustomisasi berdasarkan transaksi pembelian yang mereka lakukan.

Tidak hanya fasilitas-fasilitasnya saja yang menjadi unggulan dari Self-kiosk Ordering System ini. Harganya bisa dibilang terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri dari jenis yang satu ini karena Anda bisa mendapatkan Self-kiosk Ordering System ini bersama dengan fitur-fitur yang dibawanya.

Untuk satu perangkat Self-kiosk Ordering System memiliki harga jual sekitar Rp15 juta. Jenis Self-kiosk Ordering System satu ini biasanya digunakan di tempat usaha yang memang memiliki skala perusahaan cukup besar yang memungkinkan para pengunjung untuk melakukan pembayaran transaksi secara mandiri.

6. Alat Kasir/Perangkat Multifungsi dari GoBiz

mesin kasir online

Harga: Rp.490rb – Free
Perangkat:
-Perangkat kasir

Alat kasir portable/mesin kasir mini yang satu ini bisa dibilang merupakan inovasi baru dengan jenis yang paling banyak digunakan di berbagai tempat, termasuk pusat perbelanjaan. Dengan harganya yang murah, yakni sekitar Rp490 ribu dan bahkan ada yang gratis, Anda bisa menikmati efisiensi penggunaan dari mesin yang berukuran kecil ini. Pelanggan Anda bisa mendapatkan pengalaman pengguna saat melakukan transaksi menggunakan mesin ini.

Di sisi lain, Anda sebagai pengelola toko juga bisa meningkatkan penjualan, meningkatkan sistem keamanan saat bertransaksi, transaksi yang efisien dan akurat adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh alat kasir. 

Tidak hanya itu saja, Anda bisa mendapatkan keuntungan lain dengan menggunakan Perangkat POS Handheld. Anda bisa menggunakan handheld POS ini untuk pembayaran GoFood sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dan keuntungan.

Bahkan, pelanggan juga bisa menikmati banyak promo potongan harga untuk meningkatkan penjualan Anda. Selain itu, satu perangkat POS Handheld dibekali dengan adanya EDC yang mampu menerima pembayaran non tunai seperti GoPay dan debit beserta dengan layanan cetak resi secara instan.

Perbandingan Alat Kasir GoBiz & Mesin Kasir Konvensional

Alat kasir GoBiz yang dilengkapi dengan aplikasi GoBiz yang mampu mengoperasikan banyak layanan dan fitur hanya dalam satu genggaman saja. Bahkan, Anda juga bisa mengoperasikannya menggunakan smartphone Android yang Anda miliki.

Hal ini tentu berbeda dengan perangkat kasir yang memang sangat berat dan tidak mungkin dibawa ke mana-mana. Tidak hanya itu, biaya bulanan yang perlu dikeluarkan untuk penggunaan Perangkat Multifungsi dari GoBiz ini juga lebih murah daripada menggunakan cash register biasa.

Komparasi Estimasi Biaya yang Diperlukan

Mesin Kasir Android
Tablet: IDR 2jt
Mesin EDC: 2jt
Cash drawer: IDR 500rb 
Printer bluetooth: IDR 500rb
Estimasi total: IDR 5jt

Mesin Kasir Bekas
Estimasi total: 2jt

Sewa Mesin Kasir
Estimasi total: mulai dari 500rb/bulan

Mesin EDC dari Bank
Estimasi total: 300rb – 600rb

Perangkat Multifungsi dari GoBiz
Biaya pendaftaran: IDR 490rb + IDR 4900/hari , IDR 150rb/bulan

Jika dibandingkan antara penggunaan perangkat kasir konvensional dengan Perangkat Multifungsi dari GoBiz, tentunya memiliki perbedaan yang signifikan. Aplikasi GoBiz bisa Anda unduh secara gratis dari Google Play Store bagi smartphone Android sedangkan satu Perangkat Multifungsi dari GoBiz memiliki harga senilai Rp490 ribu saja.

Berbeda dengan Android POS Tablet yang masuk dalam kategori perangkat kasir konvensional, harganya bisa berada pada kisaran Rp2 – 3 juta. Sementara untuk Mesin EDC bisa sekitar Rp2 juta, cash drawer sebesar Rp500 ribu, dan printer bluetooth seharga Rp500 ribu.

Jadi bisa diestimasikan bahwa Anda perlu biaya sebesar Rp5 juta untuk seperangkat kasir konvensional yang digunakan secara umum. Jika dihitung, estimasi biaya untuk membeli mesin kasir bekas ataupun sewa tetap saja membutuhkan biaya yang mahal.

Memilih jenis mesin kasir yang pas untuk digunakan dalam kegiatan perdagangan Anda adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk biaya pembelian seperangkat perangkat kasir. Jadi, Anda bisa memilih perangkat kasir yang multifungsi tapi tetap berharga murah. Semoga bermanfaat!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tips dan Triks agar Belanja Bahan Baku Online Aman

Tips dan Triks agar Belanja Bahan Baku Online Aman – Kesehatan Anda merupakan prioritas selengkapnya

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya