GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Aplikasi Kasir Gratis GoKasir, Solusi Catatan Penjualan Akurat

Aplikasi Kasir Gratis GoKasir, Solusi Catatan Penjualan Akurat – Beberapa tahun belakangan, penjualan melalui online delivery telah menjadi jauh lebih masif, terutama pada masa pandemi. Maklum, aktivitas di luaran sendiri pun sangat dibatasi. Jadi, pilihan satu-satunya memesan barang, ya, adalah lewat online.

Bagi Anda yang punya usaha online sekaligus offline, mungkin akan sedikit rumit. Pasalnya sering kali harga yang ditetapkan berbeda antara layanan online delivery dan offline. Hal ini pun kerap membuat catatan laporan penjualan membingungkan. Padahal, laporan penjualan sangat penting karena bisa membantu mengatur strategi penjualan jangka panjang. 

Sayangnya, tak jarang para pemilik usaha, barangkali termasuk Anda cukup merasa kesusahan dalam membuat laporan keuangan yang rapi dan akurat. Ditambah lagi, membuat laporan keuangan sebetulnya memakan cukup banyak waktu. 

Kabar baiknya, kini telah hadir aplikasi kasir gratis GoKasir sebagai solusi atas hal tersebut. pa, sih. GoKasir itu?

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol


Apa itu Aplikasi Kasir Gratis GoKasir?

kertas printer thermal - apa itu mobile printer - aplikasi kasir gratis

Pada dasarnya, GoKasir adalah aplikasi kasir gratis dari GoBiz yang bisa membantu Anda, para pemilik usaha, untuk mencatat dan memonitor transaksi penjualan. GoKasir bisa dipakai untuk semua jenis usaha, entah itu jualan di toko secara offline ataupun online.

Selain mudah digunakan, aplikasi kasir gratis GoKasir juga tidak membutuhkan biaya sepeser pun. Jadi, hal ini benar-benar bisa menjadi solusi dalam mencatat transaksi penjualan secara akurat.

Baca juga: Cara Memilih Provider EDC Terbaik untuk Usaha Anda


Langkah-Langkah Aktivasi Fitur Promo Diskon (Persentase dan Nominal)

aplikasi kasir gratis

Salah satu fitur menarik yang bisa Anda temukan di aplikasi kasir gratis GoKasir adalah fitur diskon persentase dan nominal. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa membuat sistem diskon untuk pelanggan dengan tetap mencatat laporan keuangan usaha seakurat mungkin. 

Cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan membuka halaman GoKasir di aplikasi GoBiz, lalu masukkan pesanan pelanggan dan klik tombol ungu. Pada halaman daftar pesanan, klik tombol “Diskon” untuk menambahkan diskon.

Selanjutnya, pilih jenis diskon yang mau diterapkan. Anda bisa memilih diskon dalam bentuk persentase atau nominal. Setelah itu, masukkan jumlah diskon, lalu klik “Pasang”. Keterangan diskon akan muncul di bagian detail transaksi pada halaman “Daftar Pesanan”.


Mencatat Transaksi dengan Aplikasi Kasir Gratis GoKasir

Tidak hanya mengatur diskon, Anda juga bisa melakukan pencatatan penjualan dan pengeluaran dengan GoKasir, serta mengakses laporan keuangan. Fitur pengeluaran ini bisa mencatat berbagai pengeluaran toko.

Misalnya biaya pembelian bahan baku, kasbon, utilitas, gaji pegawai, sewa toko, dan lain-lain. Untuk mulai mencatat pengeluaran, Anda bisa mengakses fiturnya dengan membuka halaman utama GoKasir di aplikasi GoBiz, lalu tekan menu “Pengeluaran”.

Fitur menarik lain yang disediakan aplikasi kasir gratis GoKasir adalah akses ke berbagai laporan keuangan.

Laporan keuangan bisa diakses melalui laman laporan pada tab GoKasir di dalam aplikasi GoBiz yang berisi Ringkasan, Transaksi Harian, Pengeluaran, Item Terjual, dan Tipe Pesanan. Anda juga bisa melihat laporan keuangan Anda hingga hingga H-7 ke belakang.

Sedangkan untuk laporan yang lebih terperinci, Anda bisa akses melalui GoBiz Dashboard dengan periode yang dapat dipilih. Fitur Laporan dalam GoBiz Dashboard bisa mengetahui total pendapatan, total pengeluaran, penjualan terlaris, metode pembayaran terlaris, dan tipe pesanan.

Baca juga: Cara Merangkai Kata-kata Promosi Jualan Makanan


Pentingnya Mencatat Penjualan secara Akurat

Aplikasi Kasir Gratis GoKasir

Laporan keuangan adalah salah satu bagian yang penting dalam usaha Anda. Jika Anda memiliki laporan keuangan yang akurat, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Pertama, Anda dapat melihat bagaimana kondisi perkembangan usaha Anda dengan melihat laporan keuangan, sehingga bisa merencanakan langkah selanjutnya yang terbaik bagi usaha Anda.

Dengan memiliki laporan keuangan, Anda juga dapat mengetahui posisi keuangan usaha Anda setiap bulannya. Pergerakan aset, modal, dan utang akan terpantau dengan jelas. Hal ini jugalah yang akan memudahkan Anda mengontrol biaya, karena semua pengeluaran dan pemasukan tercatat secara terperinci dalam laporan keuangan Anda.

Manfaat lainnya adalah jika Anda membutuhkan pinjaman dari bank, memberikan laporan keuangan yang jelas dan akurat akan memudahkan Anda mendapatkan pinjaman tersebut. Sebab, biasanya bank akan meminta laporan keuangan yang lengkap sebagai salah satu syarat pinjaman.

Dengan adanya aplikasi kasir gratis GoKasir, persoalan laporan keuangan dijamin tuntas. Jualan online dan offline pun lancar dan bebas rasa khawatir. Laporan keuangan tidak akan berantakan lagi, kondisi keuangan pun terpantau dengan baik.

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai gunakan aplikasi kasir gratis GoKasir sekarang!

CTA Banner GoKasir

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya