GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Tips Cermat Memilih Aplikasi Kasir Gratis Terbaik

Aplikasi kasir atau biasa dikenal dengan istilah Point of Sale (POS) merupakan salah satu inovasi teknologi yang mampu menjawab kebutuhan operasional bisnis di era digital seperti sekarang ini.

Tak hanya smartphone yang semakin canggih, sistem pembayaran pun ikut mengalami pembaharuan. Contohnya saja dengan adanya aplikasi kasir gratis yang bisa membuat proses transaksi menjadi lebih efisien.

Bukan lagi jamannya menghitung satu-satu lewat kalkulator atau bahkan mengingat-ingat harga barang di luar kepala, melalui aplikasi kasir semua bisa Anda lakukan dalam beberapa klik saja. 

Ya, kemudahan ini sangat bisa Anda rasakan hanya dengan menggunakan aplikasi kasir gratis.

Baca juga: Mengenal Mesin Kasir dan Perkembangannya Hingga Sekarang

Mulai dari menghitung total harga, menyiapkan struk, membuat laporan keuangan, hingga menyediakan berbagai metode pembayaran kepada pembeli, semua dapat dilakukan dengan aplikasi POS gratis.

Yuk, ketahui bagaimana cara memilihnya dengan membaca 7 tips cermat memilih aplikasi kasir gratis terbaik berikut ini! 

7 Tips Cermat Memilih Aplikasi Kasir Gratis Terbaik

Kasir toko portable - memilih aplikasi kasir gratis

1. Aplikasi kasir gratis yang sesuai dengan kebutuhan

Aplikasi kasir gratis menawarkan berbagai fitur. Semuanya ditujukan untuk memudahkan perhitungan belanja para pembeli. Namun, tidak semua fitur aplikasi POS gratis itu dibutuhkan oleh penjual.

Beberapa penjual hanya membutuhkan program kalkulasi total harga atau mencetak struk pembayaran. Karenanya, sebelum Anda memilih pastikan terlebih dahulu apa kebutuhan usaha Anda. Kemudian cocokkan dengan fitur yang disediakan oleh program kasir gratis terkait.

Baca juga: 20 Fitur Software Kasir untuk Kelancaran Usaha

2. Aplikasi kasir gratis yang mudah digunakan

Aplikasi kasir gratis seharusnya memudahkan pekerjaan Anda, bukan malah sebaliknya. Oleh karenanya, ada beberapa kriteria yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih satu yang terbaik. 

Pertama, pastikan aplikasi kasir yang dipilih bisa memudahkan Anda dalam mengakses semua fiturnya dengan mudah dan cepat. Pastikan, baik Anda sebagai pemilik usaha, manajer, karyawan, atau bahkan kasir Anda dapat mengoperasikan aplikasi kasir gratis tersebut dengan baik. Jika pengoperasian atau penggunaannya terlalu rumit, berarti program kasir gratis tersebut tidak user-friendly.

Kedua, program kasir harus responsif dalam merespon instruksi Anda. Kalau lemot atau berjalan lambat, bisa jadi versi program tersebut memang tidak layak untuk Anda gunakan. 

Ketiga, carilah program kasir sederhana gratis yang memberikan informasi lengkap mengenai cara penggunaan seluruh fitur dan layanannya. Dengan begitu, Anda sebagai pemilik usaha tidak akan merasa kesulitan untuk memaksimalkan penggunaannya.

3. Aplikasi kasir gratis yang terhubung ke Cloud 

Teknologi komputasi cloud memungkinkan seluruh data dalam aplikasi POS untuk diunggah ke internet. Dengan demikian, data ini bisa Anda akses kapan pun dan di mana pun, bahkan tanpa jaringan internet sekalipun.

Tentunya, aplikasi pos gratis yang sudah terhubung dengan cloud membuat pemilik usaha jauh lebih tenang. Anda bisa melihat dan mengontrol transaksi harian meski sedang berada di rumah.  

4. Aplikasi kasir gratis yang terjamin tingkat keamanannya

Aplikasi kasir online menyimpan banyak data transaksi dan stok barang. Karena itu, tidak seharusnya aplikasi kasir online ini diakses oleh semua orang. Pastikan hanya Anda dan orang kepercayaan saja yang bisa menggunakan software penjualan ini.

Sebagai tambahan, tingkatkan keamanan tersebut dengan menggunakan software kasir yang menawarkan fitur audit stok barang dan membuat catatan penjualan terintegrasi dengan stok barang. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol antara jumlah barang yang laku dan jumlah stok di gudang. 

5. Aplikasi kasir gratis yang memiliki berbagai metode pembayaran

Sekarang ini, orang-orang lebih senang dengan pembayaran digital daripada tunai. Oleh sebab itu, demi meningkatkan kenyamanan pembeli berbelanja di toko Anda, pilihlah aplikasi kasir terbaik yang bisa mengakomodasi berbagai metode pembayaran.

Sebagai contoh, sediakan fasilitas pembayaran dengan dompet digital, kartu debit, dan kartu kredit. Semakin banyak metode yang ditawarkan oleh aplikasi kasir online tersebut, semakin praktis pelanggan melakukan pembayaran, semakin mudah pula mereka mendapatkan produk Anda. 

6. Aplikasi kasir gratis yang menyediakan layanan customer service

Dikarenakan Anda menggunakan aplikasi atau software, pasti ada kalanya Anda harus menghadapi sistem error atau trouble. Contohnya aplikasi pos kasir tiba-tiba berhenti mendadak, tidak bisa diakses, blank, lemot, atau ada beberapa fitur yang tidak berjalan. Atau, Anda juga membutuhkan informasi lebih lanjut terkait penggunaan layanan tersebut.

Untuk itu, pilih aplikasi kasir terbaik dengan dukungan customer service yang cepat dan responsif. Semakin cepat customer service merespons, akan semakin cepat kendala Anda teratasi. Dengan begitu, kapan pun muncul kendala, Anda bisa segera melaporkannya dan mendapatkan bantuan. 

7. Aplikasi kasir gratis yang punya review dan reputasi bagus 

Tips terakhir, pilihlah aplikasi kasir gratis dengan review dan reputasi yang bagus. Caranya, Anda bisa bertanya ke sesama pemilik usaha, aplikasi kasir apa yang bagus dan yang sedang mereka gunakan.

Lalu, cari tahu bagaimana pengalaman mereka selama menggunakan software tersebut. Apakah fiturnya lengkap, mudah diakses, sederhana, dan minim kendala?

Anda juga bisa melihat review program kasir sederhana gratis ini sebelum mengunduhnya. Tidak masalah kalau mau membandingkan beberapa terlebih dulu sebelum memutuskan pakai yang mana. 

Dengan aplikasi kasir gratis, pencatatan transaksi harian Anda pun jadi lebih mudah, apalagi kalau menggunakan aplikasi GoBiz.

GoBiz adalah aplikasi serba bisa dengan sistem kasir yang terintegrasi langsung ke laporan keuangan serta tambahan fitur-fitur lainnya. Mulai dari pemesanan bahan baku, pengelolaan bisnis kuliner di GoFood, pengaturan promosi bisnis, penerimaan transaksi cashless lewat GoPay, hingga pengajuan modal pinjaman dari GoModal bisa dilakukan langsung secara praktis dengan aplikasi GoBiz!

Mengatur menu tinggal klik pada aplikasi, tidak perlu pencatatan manual untuk pembayaran, cetak struk tinggal sambungkan ke printer, lalu buat laporan transaksi harian secara otomatis. Yuk, permudah operasional usaha Anda dengan menggunakan GoBiz

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda – Ketika membaca soal “laporan selengkapnya

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini! – Marhaban ya selengkapnya