GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Mesin EDC & 8 Manfaatnya Bagi Bisnis

Pembayaran non tunai dengan menggunakan kartu mulai diminati banyak kalangan dan sudah umum dilakukan. Badan usaha yang mengizinkan konsumen menggunakan kartu sebagai alat pembayaran membutuhkan mesin lain sebagai pengaplikasiannya, yakni Mesin EDC atau mesin yang biasa digunakan untuk gesek kartu debit & kredit.

Bagi Anda pemilik bisnis kuliner dan ingin mengelola sistem pembayarannya menjadi lebih praktis, tentu Anda membutuhkan mesin ini.

Mesin EDC memiliki banyak kegunaan yang dapat membantu bisnis Anda, terutama dalam hal transaksi konsumen dan pembayaran. Konsumen jadi lebih dimudahkan dalam urusan pembayaran, sehingga dapat melakukan transaksi hanya dengan alat pembayaran non tunai seperti, kartu ATM atau kartu debit dan kartu kredit.

Dengan mengikuti perkembangan zaman, banyak toko besar maupun kecil yang menerima pembayaran dengan kartu debit maupun kredit untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Contoh bisnis yang menggunakan mesin EDC adalah di supermarket, minimarket, mall, hotel, restoran, café, dan sebagainya. Mesin ini sudah sangat umum digunakan dan sudah diterima dengan baik oleh banyak konsumen.

Apa itu mesin EDC?

Electronic Data Capture atau disingkat EDC adalah sebuah alat penerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank. Mesin ini sendiri diterbitkan oleh perbankan dan dapat terkoneksikan dengan server perbankan. Pada umumnya EDC memiliki bentuk seperti telepon genggam model lama dengan layar yang kecil.

Secara umum mesin EDC menyediakan:

  1. Komponen Graphical User Interface (GUI) untuk memasukkan data.
  2. Komponen validasi untuk mengecek data.
  3. Alat untuk pembuatan laporan untuk mendukung analisis dari data yang telah dikumpulkan.

Bagaimana cara menggunakan mesin EDC?

Bagi Anda yang mengelola usaha seorang diri, mengoperasikan atau menggunakan mesin edc bisa dibilang caranya cukup mudah.

Biasanya saat Anda mesin EDC diantar oleh teknisi Anda akan mendapatkan training bagaimana cara menggunakannya.

Mesin EDC biasa digunakan untuk transaksi kartu debit/kredit dengan cara digesek atau menempel kartu untuk e-money.

Saat ini ada teknologi baru untuk kartu yang sudah menggunakan chip, sehingga tidak perlu digesek(swiping) tapi dimasukkan(dipping) melalui slot dibawah mesin EDC. Cara baru ini bertujuan agar lebih aman dari praktek pencurian data atau skimming.

Berikut cara menggunakan mesin EDC:

  • Pelanggan akan menyerahkan kartu, kasir dapat memasukkan/menggesek kartu pada mesin EDC
  • Kemudian kasir memasukkan nominal uang yang akan dibayarkan
  • Lalu kasir akan meminta pelanggan untuk memasukkan nomor PIN pada mesin, jika transaksi berhasil akan keluar struk bukti transaksi dari mesin EDC
  • Saat gesek berhasil menggunakan kartu debit maka uang di saldo rekening akan langsung terpotong. Sementara dengan menggunakan kartu kredit maka tagihan akan bertambah.

Fungsi yang ditawarkan oleh mesin EDC banyak sekali, antara lain:

  • Digunakan sebagai alat gesek tunai.
  • Untuk memperlancar transaksi pembayaran.
  • Mempermudah konsumen dalam melakukan pembayaran, karena konsumen tidak perlu membawa uang tunai. Bayangkan akan sangat merepotkan jika nominal pembelanjaan konsumen menyentuh angka jutaan dan konsumen harus membayar dengan uang tunai.
  • Digunakan untuk mempermudah kasir karena tidak perlu memberikan uang kembalian kepada konsumen.
  • Meminimalkan resiko negatif dan mencegah terjadinya pembayaran dengan uang palsu.
  • Menghemat banyak waktu dan tenaga kedua belah pihak.

Nah dengan mengetahui fungsi dari mesin EDC tersebut, maka banyak pengusaha yang memutuskan untuk menggunakannya, terutama pengusaha bisnis kuliner, seperti kedai kopi maupun restoran.

Pada umumnya, bisnis kuliner yang tengah digandrungi oleh khalayak luas memiliki banyak pengunjung hingga puluhan bahkan ratusan orang per harinya.

Di antara mereka pasti ada yang tidak membawa uang tunai yang cukup, serta ingin sistem pembayaran yang lebih praktis, disinilah peran penting EDC.

Namun penggunaan mesin EDC sebagai alat pembayaran konsumen harus dilengkapi dengan Sistem Point of Sale (POS). Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan operator / kasir dalam melakukan input data baik ke komputer ataupun ke mesin ini.

Kesalahan input pada EDC akan berakibat fatal, sehingga akan menyulitkan berbagai pihak. Untuk menangani hal tersebut, menghubungkan sistem POS dengan Mesin EDC adalah pilihan yang tepat. Sistem POS diketahui dapat melakukan revisi atas kesalahan input tersebut.

Sistem POS juga sudah lama terkenal sebagai sistem yang telah memperbaharui operasional di bisnis kuliner menjadi lebih modern, praktis, mudah, dan cepat. Jadi Mesin EDC dan Sistem POS merupakan kombinasi yang sempurna untuk mempermudah transaksi pada bisnis Anda.

8 Manfaat Mesin Kartu Debit/Kredit Bagi Bisnis Kuliner

Selain itu penggunaan EDC pada restoran dan kafe tentu memiliki banyak manfaat. Saat ini hampir seluruh bisnis kuliner modern mulai menggunakan EDC karena pengusaha kuliner memahami bahwa hal ini lebih praktis dan berpengaruh pada perkembangan bisnis. Apa sajakah manfaat menerima kartu debit/kredit bagi bisnis kuliner?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya

Lindungi Data Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai di Aplikasi GoBiz versi 3.19

Tahukah Anda? Keamanan data sensitif usaha Anda, seperti total pendapatan, rincian selengkapnya