GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Manfaat Menggunakan Software Kasir Gratis

7 Manfaat Menggunakan Software Kasir Gratis – Sistem kasir yang konvensional di mana seseorang harus memasukkan harga produk satu per satu sungguhlah riskan akan kekeliruan.

Kesalahan dalam menginput angka mungkin terjadi karena ketidaktelitian. Bisa saja ada kekeliruan saat memasukkan nama item, harga produk, jumlah stok, atau total belanja. Alhasil, hal ini bisa memengaruhi laporan penjualan harian Anda.

Namun untungnya, sekarang ini sudah ada software kasir gratis yang serba modern dan praktis! Ini dia 7 manfaat menggunakan software kasir gratis untuk usaha Anda. 

7 Manfaat Menggunakan Software Kasir Gratis

1. Catat pesanan toko secara otomatis

Software kasir gratis menawarkan fitur pencatatan menu atau produk yang dijual. Sebagai contoh, Anda memiliki usaha jus buah dengan berbagai menu yang ditawarkan.

Setiap menu tersebut dijual dengan harga berbeda. Lalu, ada juga harga promo untuk produk yang sedang bundling. Pastinya, sebagai penjual akan kerepotan, kalau harus mengingat harga dari seluruh menu ini, bukan? 

Karenanya, dengan software penjualan gratis, Anda dapat memanfaatkan fitur pencatatan pesanan. Pertama, buat daftar menu dengan memasukkan seluruh menu yang Anda jual beserta dengan harganya. Kedua, jika ada pesanan, tinggal klik pada daftar menu dan tambahkan jumlah pesanannya.

Setelah itu, klik tombol “bayar” dan pilih metode pembayaran pelanggan Anda untuk menerima pembayaran. Sungguh praktis dan efektif, ya? 

2. Data laporan transaksi harian dan item terjual

Di dalam aplikasi toko gratis, terdapat fitur yang menampilkan laporan transaksi harian serta item yang terjual. Dari data transaksi harian, Anda bisa mengecek berapa penjualan yang sudah dilakukan hari ini, total pendapatan kotor, dan jumlah produk yang terjual.

Sementara itu, pada menu item terjual, Anda bisa mengetahui produk apa yang laris manis dicari pembeli pada satu hari tersebut. Tak hanya satu hari, aplikasi kasir ini bisa menyimpan data penjualan hingga seminggu atau beberapa bulan ke belakang. 

3. Bisa tersambung ke printer untuk cetak struk

Sebuah toko dengan mesin yang bisa mengeluarkan cetakan struk pembelian pastinya terlihat sangat profesional dan modern, bukan? Meski pada usaha skala mikro, adanya struk akan semakin meningkatkan kredibilitas toko Anda, lho.

Bagaimana cara penggunaannya?. Tinggal sambungkan perangkat aplikasi kasir dengan printer bluetooth untuk mencetak struknya. 

4. Cek transaksi harian lebih mudah dengan software kasir gratis

Apakah Anda pemilik usaha dengan banyak produk jualan? Contohnya seperti warung makan yang menyediakan banyak menu makanan, minuman, snacks, dan lain-lain. Pastinya akan ada banyak menu yang terjual setiap harinya.

Meski begitu, seringkali penjual lupa akan total transaksi yang sudah terjadi selama seharian penuh. Kasus seperti ini malah akan berimbas pada cash flow usaha yang tidak seimbang, bahkan potensi rugi. 

Dengan aplikasi toko gratis, Anda tidak perlu repot lagi menghitung jumlah transaksi harian secara manual. Tinggal buka aplikasi dan lihat laporannya.

Anda bisa mengatur laporan untuk satu hari tersebut, beberapa hari ke belakang, satu minggu, atau beberapa bulan sebelumnya. Jadi, Anda bisa dengan mudah melakukan pembukuan usaha dan mengecek cash flow usaha saat ini. 

Baca juga: 8 Aplikasi Kasir Online & Manfaatnya untuk Usaha

5. Lihat item terjual dan stoknya

Beberapa usaha kadang menjalankan promo di waktu-waktu tertentu. Misalnya saat akhir tahun, setiap tanggal gajian, perayaan anniversary usaha, dan juga saat hari besar keagamaan. Untuk merayakan momen ini, pemilik usaha akan memberikan diskon ke beberapa produknya demi menarik pelanggan lebih banyak.

Namun, apakah produk yang diberi diskon benar-benar terjual lebih banyak, atau justru malah sebaliknya? Untuk menjawabnya, Anda bisa cek item yang terjual lewat aplikasi kasir gratis yang dimiliki. Di dalam software kasir gratis, Anda bisa melihat catatan lengkap produk apa saja yang terjual, sekaligus kuantitasnya. 

6. Minim biaya perawatan dan perbaikan

Dibandingkan mesin konvensional, software kasir gratis biasanya memiliki biaya perawatan dan perbaikan yang lebih rendah. Tidak seperti mesin kasir zaman dulu yang bisa rusak dan harus diperbaiki dengan merogoh kocek lumayan dalam, software kasir zaman sekarang lebih mudah diperbaiki.

Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus karena pada dasarnya ini merupakan aplikasi yang bisa Anda download lewat gadget/device seperti ponsel dan tablet. Kalaupun ada error, perbaikannya bisa dilakukan dengan hanya menelepon customer service. 

7. Meningkatkan keuntungan penjualan 

Dari segala fitur yang ditawarkan oleh software kasir gratis, Anda bisa menganalisis penjualan dan meningkatkan keuntungan agar lebih maksimal.

Dengan melihat transaksi harian, Anda dapat menentukan berapa rata-rata item yang bisa terjual dalam satu hari dan menyiapkan bahan baku yang sesuai, tidak lebih dan tidak kurang. Apabila ada diskon, Anda juga bisa melihat seberapa efektif promo tersebut. 

Nah, itulah dia 7 manfaat menggunakan software kasir gratis untuk usaha Anda. Tak dapat dimungkiri, software ini memberikan berbagai kemudahan untuk usaha apa pun.

Jika Anda ingin merasakan berbagai manfaat di atas, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software penjualan gratis seperti layanan yang disediakan oleh aplikasi GoBiz.

Dengan GoBiz, Anda bukan hanya bisa mengatur operasional usaha lebih mudah, melainkan dapat catat pesanan lebih cepat, membuat laporan penjualan lebih praktis, serta mencetak struk langsung untuk meningkatkan profesionalitas usaha Anda!

 Tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut bagaimana sistem kasir dari GoBiz dapat memudahkan usaha Anda? Silakan kunjungi halaman ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda – Ketika membaca soal “laporan selengkapnya

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini! – Marhaban ya selengkapnya