GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Kartu Debit VS Kartu Kredit: Mana yang Lebih Disukai Pelanggan?

Kartu Debit VS Kartu Kredit: Mana yang Lebih Disukai Pelanggan? – Pandemi COVID-19 ternyata mampu mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat, termasuk dalam hal pembayaran. Kini, banyak masyarakat yang beralih dari pembayaran tunai, ke pembayaran nontunai, termasuk menggunakan dompet digital (seperti GoPay), serta kartu debit dan kartu kredit.

Nyatanya, ketiganya berperan penting dalam membangun cashless society yang sudah digalakkan sejak 7 tahun terakhir. 

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan kartu debit dan kartu kredit dari sudut pandang pelanggan? Simak dulu ulasan berikut.

Baca Juga: Perbedaan Kartu Debit & Kartu Kredit untuk Usaha Anda


Kartu Debit VS Kartu Kredit, Mana Favorit Pelanggan?

apa itu gobiz plus dari gojek - apa itu mesin edc

Mari kita lihat bagaimana tren penggunaan kedua alat pembayaran menggunakan kartu tersebut di masyarakat berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI).

Catatan BI pada bulan April 2021 menunjukkan terjadi peningkatan transaksi kartu debit senilai Rp659,6 triliun yang berasal dari 608,7 juta transaksi. Dibandingkan periode sama tahun 2020, ada peningkatan nilai transaksi sampai 33,4%.

Sementara itu, data BI menyebutkan bahwa nilai transaksi kartu kredit per April 2021 mencapai Rp20 triliun yang diperoleh dari 23,3 juta transaksi. Jika dibandingkan dengan bulan April 2020, nilai transaksi meningkat sampai 25,5%, lho.   

Kedua data alat pembayaran dengan kartu tersebut menunjukkan adanya pergeseran kebiasaan transaksi masyarakat. ArtinyaBoleh dikata, rencana pemerintah membangun cashless society yang sudah digalakkan sejak 2014 mulai berbuah manis. 

Begitu pandemi COVID-19Covid-19  merebak, kesadaran masyarakat untuk beralih ke pembayaran nontunai semakin meningkat. Pasalnya, cara itu dinilai lebih efektif, efisien, dan higienis karena Anda terhindar dari risiko kontak fisik langsung.

Melihat kebutuhan masyarakat akan transaksi nontunai semakin tinggi, banyak pelaku usaha mulai menata ulang sistem pembayarannya. Apakah Anda salah satunya?

Demi memudahkan pelanggan berbelanja, opsi pembayaran non tunai seperti kartu debit, kartu kredit, maupun dompet digital seperti GoPay wajib disediakan oleh pelaku usaha, termasuk Anda.  


Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Bayar pake kartu - Kartu Debit VS Kartu Kredit

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan kartu debit dan kartu kredit di mata pelanggan? Berikut jawabannya.

Kelebihan Kartu Debit

1. Alat pembayaran yang efisien

Begitu melihat mesin Electronic Data Capture atau EDC di tempat yang dituju, tinggal gesek kartu sejumlah nominal transaksi. Praktis dan efisien!

2. Tidak perlu berutang ke bank

Pakai kartu ini membuat pelanggan lebih tenang karena semua pembayaran sudah lunas saat transaksi terjadi. Jadi, mereka tidak perlu berutang ke bank di kemudian hari.

3. Bisa tarik tunai 

Kartu ATM memungkinkan pelanggan menarik tunai sesuai kebutuhan tanpa dikenakan biaya administrasi jika dilakukan di ATM bank penerbit. 

Kekurangan Kartu Debit

1. Jarang ada penawaran promo

Dibanding kartu kredit, promo menggunakan kartu debit relatif jarang. Kalau pun ada, terbatas pada bank tertentu. 

2. Kerap disalahgunakan

Pemakaian kartu demikian berisiko double swipe yang kadang dilakukan kasir merchant. Tentu pelanggan akan merugi karena transaksi tercatat dua kali. 

3. Hanya bisa transaksi sesuai merchant bank bersangkutan

Rata-rata pemilik usaha merchant menyediakan mesin EDC bank besar saja. Jika terpaksa memakai mesin EDC bank lain, pelanggan harus membayar biaya transaksi tambahan.

4. Bergantung pada besaran saldo

Saat saldo rekening sumber pendebitan menipis, pelanggan tidak bisa memakai kartu untuk transaksi. Pendek kata, nominal pembayaran yang diproses tidak bisa melebihi saldo rekening. 


Kelebihan Kartu Kredit

1. Beli Pakai sekarang, bayar nanti

Pelanggan bisa membayar atau membeli sesuatu yang bersifat segera dan mendesak meskipun tidak punya uang tunai. 

2. Banyak promo menarik

Mulai dari cashback, diskon, cicilan dengan bunga 0%, hingga point reward. Semua promo itulah yang kerap jadi magnet bagi pelanggan untuk memiliki kartu kredit.

3. Keamanan lebih terjamin

Sistem keamanan kartu kredit lebih ketat dibandingkan kartu debit. Bank bisa segera memberitahukan transaksi mencurigakan dengan kartu atau menahan transaksi yang diduga dilakukan orang lain. 

4. Membangun riwayat penggunaan kredit 

Pelanggan bisa menunjukkan track record pemakaian yang positif dengan membayar tagihan tepat waktu. Riwayat penggunaan kredit yang baik akan menguntungkan mereka yang ingin mengajukan kartu kredit lagi. 

5. Mudah digunakan untuk transaksi online dan offline

Ada beragam jenis transaksi yang dapat dilakukan dengan kartu kredit, seperti pembayaran tagihan bulanan, pembelian alat elektronik, transaksi online, dan transaksi lintas negara. Lebih praktis karena biaya transaksi lebih murah daripada transfer bank.

Kekurangan Kartu Kredit

1. Syarat pengajuan cukup ketat

Paling tidak pemilik kartu harus punya penghasilan minimum Rp3 juta per bulan, beserta pemeriksaan syarat lainnya, seperti usia, jenis pekerjaan, domisili, dan riwayat pemakaian kredit.

2. Terlambat bayar, kena denda

Bunga kartu kredit tergolong besar, yaitu 2,25% per bulan dan 27% per tahun. Bunga itu dikenakan pada pemilik kartu jika membayar melebihi jatuh tempo, belum termasuk biaya denda keterlambatan sekitar 3%.

3. Ada biaya tahunan

Meski kartu ATM juga dikenakan biaya administrasi, biaya tahunan atau annual fee kartu kredit termasuk besar. Rata-rata mulai Rp125.000 per tahun atau lebih, tergantung limit kartu yang diambil.

4. Mendorong keinginan belanja konsumtif

Jika tidak pandai mengontrol pemakaian, kepemilikan kartu kredit berpotensi menumbuhkan keinginan belanja konsumtif. Maka, pelanggan harus benar-benar bijak menentukan kapan waktu tepat untuk memakai kartu ini.

Baca Juga: Cara Tingkatkan Transaksi Penjualan Usaha dengan GoPay

Demikian kelebihan dan kekurangan kartu debit serta kartu kredit dari sudut pandang pelanggan. Tingginya minat pelanggan bertransaksi kartu memperkuat alasan Anda untuk memfasilitasi pembayaran nontunai.

Solusi terbaik adalah melengkapi usaha Anda adalah dengan menggunakan GoBiz PLUS. Dengan GoBiz PLUS, Anda bisa menerima pembayaran kartu dalam satu perangkat, mulai dari kartu debit, kartu kredit, sampai QRIS untuk segala pembayaran dompet digital, termasuk GoPay. 

Cek menu Pembayaran pada perangkat GoBiz PLUS untuk mencari tahu apakah usaha Anda sudah memenuhi persyaratan. Jika sudah, opsi Pembayaran Kartu akan muncul dan Anda bisa melanjutkan proses pendaftaran.Supaya lebih jelas, yuk, pelajari fiturnya dengan klik tombol di bawah ini!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya