GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Cara Tingkatkan Transaksi Penjualan Usaha dengan GoPay

Cara Tingkatkan Transaksi Penjualan Usaha dengan GoPay – Menurut hasil riset Ipsos Indonesia pada 2020, GoPay merupakan dompet digital paling favorit di Indonesia. Riset tersebut menyebutkan bahwa 58 persen milenial dan gen Z lebih mengenal GoPay dibandingkan dengan dompet digital lainnya.

Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha yang ingin meningkatkan penjualan dengan menggunakan GoPay. Nah, jika Anda termasuk salah satunya, jangan ragu untuk menerima pembayaran dengan GoPay!


Cara Menerima Pembayaran dengan Stiker Kode QRIS

Ada 2 cara yang bisa Anda gunakan untuk menerima pembayaran GoPay, yaitu dengan menggunakan stiker kode QRIS di toko Anda (outlet) atau menggunakan stiker kode QRIS di aplikasi GoBiz.

1. Terima pembayaran GoPay di toko Anda

Jika Anda sudah mendapatkan kode QRIS, lakukan langkah-langkah berikut untuk menerima pembayaran GoPay dan uang elektronik lainnya di toko Anda:

  • Informasikan nominal transaksi yang harus dibayar pelanggan.
  • Arahkan pelanggan untuk membuka aplikasi Gojek, lalu pilih menu Pay/Bayar.
  • Arahkan pelanggan untuk scan Kode QRIS pada sticker outlet. Aplikasi Gojek pelanggan akan membuka halaman pembayaran Mitra Usaha Gojek secara otomatis.
  • Arahkan pelanggan untuk memasukkan nominal transaksi, lalu tekan Confirm/Konfirmasi.
  • Pastikan nominal dan nama outlet sudah benar. Lalu, arahkan pelanggan untuk menekan Pay Now/Bayar Sekarang.
  • Persilakan pelanggan untuk memasukkan PIN GoPay.

Jika pembayaran berhasil, Anda akan menerima notifikasi di aplikasi GoBiz dan rincian transaksi usaha akan tercatat otomatis pada halaman Transaksi.

2. Terima pembayaran GoPay melalui aplikasi GoBiz

Lakukan langkah-langkah berikut untuk menerima pembayaran GoPay melalui aplikasi GoBiz:

  • Buka halaman Bayar atau POS (untuk Mitra Usaha GoPay yang sudah mengaktifkan POS) di aplikasi GoBiz.
  • Masukkan nominal transaksi yang perlu dibayar pelanggan, lalu pilih Lanjutkan Pembayaran. Untuk memasukkan nominal transaksi di halaman POS, pilih Custom terlebih dulu.
  • Pilih menu pembayaran GoPay – QRIS dan kode QRIS usaha Anda akan muncul.
  • Arahkan pelanggan untuk scan kode QRIS usaha Anda. Kode QRIS akan otomatis mengecek status pembayaran dalam 60 detik.
  • Jika pembayaran sudah melewati batas waktu 60 detik, akan muncul keterangan pembayaran belum selesai. Pilih Cek Status untuk memuat ulang status pembayaran.

Jika pembayaran berhasil, Anda akan menerima notifikasi di aplikasi GoBiz dan rincian transaksi usaha akan tercatat otomatis pada halaman Transaksi. Muat ulang halaman untuk melihat transaksi yang baru masuk. Anda juga bisa mencetak struk pembayaran dengan pilih Cetak Struk.


5 Cara Tingkatkan Transaksi Penjualan Usaha dengan GoPay

Bayar di kasir pake HP

Tingginya penggunaan GoPay di kalangan masyarakat dapat menjadi “pintu masuk” bagi Anda untuk mempromosikan usaha atau produk Anda. Dengan begitu, jangkauan pelanggan jadi lebih luas dan potensi penjualan pun meningkat.

Apa saja cara yang bisa Anda lakukan untuk tingkatkan transaksi penjualan usaha dengan GoPay? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Tawarkan langsung pada pelanggan untuk membayar dengan GoPay

Ketika pelanggan hendak membayar produk atau jasa yang mereka beli, tawarkan mereka untuk membayar menggunakan GoPay, yuk! Letakkan kode QRIS di meja kasir agar pelanggan dapat lebih mudah menemukan dan memindai kode QR tersebut.

2. Edukasi pentingnya bertransaksi nontunai

Bagi sebagian orang, membayar dengan uang tunai masih dirasa nyaman. Akan tetapi, membayar secara nontunai lebih praktis dan aman, lho! Kok, bisa?

Nah, hal inilah yang perlu Anda edukasi kepada semua pelanggan Anda. Agar transaksi penjualan usaha Anda bisa meningkat, Anda bisa membuat konten di media sosial mengenai manfaat membayar secara digital, kemudahan membayar dengan GoPay, atau mungkin memberi imbauan langsung di outlet offline.

3. Tawarkan berbagai diskon pada pelanggan

Tingkatkan penjualan usaha dengan memberikan beragam diskon, mulai dari potongan harga untuk setiap pembelian menu andalan Anda, potongan harga dari total belanjaan, atau gratis ongkos kirim dengan menetapkan nilai minimum belanja. Potongan harga yang diberikan bisa berupa cashback, lho!

4. Gunakan fitur Rekomendasi Promo GoPay

Datangkan pelanggan baru dan manjakan pelanggan lama dengan promo, yuk! Anda bisa membuat sendiri promo yang Anda inginkan atau gunakan fitur Rekomendasi Promo yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Sudahkah Anda mencobanya?

5. Bagikan promo di media sosial

Nah, setelah membuat promo usaha di GoPay, jangan lupa bagikan di media sosial, ya! Buatlah visual dan caption yang menarik supaya para konsumen tertarik untuk membeli produk dan jasa dari usaha Anda. Bukan cuma transaksi penjualan usaha saja yang meningkat, brand usaha Anda pun bisa semakin dikenali!

Tunggu apa lagi? Yuk, tingkatkan transaksi penjualan usaha Anda dengan GoPay dan raih sebanyak-banyaknya pelanggan! Tentu Anda juga ingin merasakan semua kemudahan dalam hal pembayaran bukan?

Jangan lupa untuk follow Instagram @gopaypartners untuk dapatkan info-info menarik lainnya, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Mau Jadi yang Pertama Dapat Informasi Seputar GoBiz? Ke BizTips Aja!

Memanfaatkan teknologi pendukung seperti GoBiz demi kelancaran operasional tentu bisa selengkapnya

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya