GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

16 Ide Jualan Online Yang Banyak Dicari Pembeli

Tidak semua orang punya modal dan niat yang cukup untuk membuka bisnis sendiri. Ada banyak prosedur yang harus dilakukan sebelum akhirnya bisa membuka toko untuk berjualan. Oleh karena itu, banyak orang yang malah mengubur dalam-dalam impian untuk menjadi wirausahawan. Kabar baiknya, sekarang Anda pun bisa membuka bisnis sendiri dengan modal yang lebih sedikit dengan berjualan online

Ada banyak cara yang bisa diambil, mulai dari menjadi reseller atau dropshipper hingga membuka toko online / online shop sendiri. Prosedurnya juga sangat mudah, Anda bisa bergabung ke dalam online marketplace dan langsung memasarkan produk-produk yang dijual. Hasilnya juga tidak kalah menguntungkan bila dibandingkan dengan membuka toko fisik, bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa kios.

Mulai jualan online sekarang

Membuka toko online memang mudah, tetapi Anda tetap harus memikirkan sistem operasional bisnis supaya nantinya tidak kewalahan dalam melayani pesanan. Semuanya jadi lebih praktis dan bebas ribet dengan GoBiz, sistem terintegrasi yang mengurus segala kebutuhan bisnis online Anda, mulai dari pemesanan hingga pencatatan keuangan. 

Sistem ini juga sudah terhubung dengan layanan pesan antar. Bisnis online pun jadi lebih menguntungkan dengan GoBiz, jadi Anda hanya perlu fokus memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan kualitas produk yang dijual.

Sebelum memantapkan diri untuk memulai bisnis online, Anda harus mempertimbangkan produk apa yang akan dijual. Tidak perlu bingung mencari ide jualan online, berikut ini 16 produk yang terbukti banyak dibeli orang secara online.

1. Busana muslim

Kebutuhan pasar akan pakaian muslim semakin meningkat, terutama menjelang Hari Raya umat muslim. Belum lagi mengingat kalau Indonesia menjadi negara dengan penduduk beragama muslim terbanyak di dunia, tidak heran kalau jualan online busana muslim, baik untuk pria maupun wanita, menjadi prospek bisnis online yang sangat menguntungkan.

Untuk mencari tahu apakah suatu produk cocok dijual online dan banyak diminati Anda bisa mencari tahu dengan menggunakan Google Trends.  Caranya, akses Google Trends lalu masukkan nama produk sebagai keyword, pilih Indonesia dan sesuaikan rentang waktunya.

Dari hasil data tersebut dapat dilihat bahwa pencarian terhadap produk “baju koko” & “gamis lebaran” di Google mengalami peningkatan drastis setiap tahun, pada saat bulan Ramadhan tentunya. Dengan cara ini Anda bisa mulai mencari tahu produk apa saja yang potensial untuk dijual secara online.

2. Makanan

Makanan yang bisa dijual secara online ini beragam, bisa dalam bentuk produk makanan instan atau delivery makanan. Target pasarnya juga cukup beragam. Mulai dari mie instan, seblak instan, keripik, hingga hidangan utama layaknya restoran. 

Jika Anda tertarik untuk mulai jualan online di bidang makanan, tentukan dulu produk makanan seperti apa yang ingin dijual. Sistem GoBiz sendiri sudah terintegrasi dengan GoFood, jadi Anda bisa dengan mudah melakukan layanan delivery makanan.

3. Produk kecantikan

Berjualan online produk kecantikan terbukti sebagai solusi sukses, karena semakin banyak orang yang lebih memilih untuk membeli barang-barang seperti makeup dan skincare secara online ketimbang harus pergi ke toko. Lagipula, produk kecantikan yang dijual secara online juga lebih bervariasi, mulai dari produk lokal hingga impor. 

Ketahui tren produk kecantikan terbaru dengan melihat video review dari beauty influencer, kemudian segera jualan online produk kecantikan tersebut.

4. Pakaian wanita & pria

Sebagian besar barang yang dibeli secara online adalah pakaian wanita dan pria. Selain lebih praktis, membeli pakaian secara online ini juga merupakan dorongan impulsif ketika melihat pakaian yang menarik saat menjelajahi dunia maya. Ada banyak jenis pakaian wanita dan pria yang tersedia, jadi Anda harus menentukan terlebih dulu jenis dan gaya pakaian jualan online untuk bisnis Anda.

5. Sepatu

Masuk dalam kategori fashion, sepatu menjadi ide jualan online yang sekarang semakin banyak diminati. Mulai dari high heels hingga sneakers, semakin banyak brand lokal maupun dunia yang mulai membuka toko online. Meski begitu, masih ada peluang bagi Anda untuk mendulang keuntungan dari ide jualan online ini, terutama bila Anda berencana menjual sneakers.

Hal terpenting adalah mengetahui tren fashion terkini, sneakers atau sepatu apa yang sedang naik daun dan dicari banyak orang. Menjual sepatu limited edition juga bisa jadi pilihan, bahkan dapat menghasilkan profit jutaan rupiah dalam sekali transaksi.

6. Gadget/smartphone

Tidak perlu datang ke toko, sekarang gadget seperti smartphone dan laptop sudah bisa dibeli secara online. Biasanya, orang membeli gadget baru sekitar 2 tahun sekali. Kemudian, setiap tahunnya akan selalu ada gadget baru yang dirilis dengan spek dan fitur yang lebih canggih, membuat orang semakin tergiur untuk mendapatkannya. Maka dari itu, ide jualan online ini bisa jadi solusi menguntungkan dan berjangka panjang karena bisa dipastikan akan terus laris manis.

7. Tas wanita

Tas memang jadi kebutuhan semua orang, ada banyak juga jenisnya sesuai dengan gaya dan kebutuhan masing-masing. Mulai dari tas ransel, slingbag, totebag, hingga handbag, semua ini bisa jadi produk jualan online untuk Anda coba. Satu wanita akan membutuhkan lebih dari dua tas, untuk bekerja dan untuk bepergian. Anda bisa bermain dengan jenis dan style tas yang akan dijual agar mampu menarik lebih banyak pembeli.

8. Aksesoris handphone

Sejalan dengan ide jualan online sebelumnya, satu gadget memiliki banyak aksesoris. Sebut saja charger, headphone, case, dan tempered glass. Ada juga aksesoris lainnya untuk menunjang pemakaian, seperti tongsis dan phone holder untuk di mobil. 

Memang biasanya aksesoris handphone sudah termasuk dengan gadget yang dibeli, tetapi banyak yang akhirnya rusak setelah dipakai berkali-kali. Semakin tinggi kebutuhan gadget, maka sudah bisa dipastikan kalau kebutuhan aksesoris handphone juga terus meningkat.

9. Perlengkapan bayi

Para orang tua yang sibuk mengurus bayi tentunya tidak punya banyak waktu untuk pergi ke pusat perbelanjaan dan membeli perlengkapan bayi. Melihat masalah ini, membuktikan kalau jualan online perlengkapan bayi merupakan opsi bisnis yang bisa Anda pertimbangkan. Apalagi, semakin banyak generasi milenial yang menjadi orang tua, sehingga mereka lebih melek teknologi. Anda bisa menjual produk kebutuhan bayi seperti stroller, susu, popok, tas, atau pompa ASI.

10. Pakaian anak

Sama halnya dengan jualan online pakaian wanita, kebutuhan akan pakaian anak ternyata juga cukup tinggi. Membeli pakaian anak secara online memang lebih mudah. Tidak perlu pergi ke sana kemari, orang tua dan anak bisa melihat-lihat pakaian dari layar smartphone atau laptop. Jenis pakaian anak yang paling sering dicari adalah dress, kemeja, dan kaos. Jangan lupa untuk mencantumkan detail ukuran jika Anda ingin jualan online pakaian anak.

11. Jam tangan

Jika biasanya membeli jam tangan harus datang langsung ke toko, sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Ini peluang bagi Anda, terutama bila Anda cukup memahami detail jam tangan. Setiap tahunnya, tren jam tangan ikut berubah, menjadikannya salah satu aksesoris wajib bagi pria dan wanita. Berbicara tentang profit, tidak perlu dipertanyakan lagi. Jam tangan bisa dijual dengan harga yang tinggi, tergantung pada tipe dan mereknya.

12. Peralatan olahraga

Daripada pusing mencari dari satu toko ke toko lainnya, lebih baik membelinya secara online. Begitulah anggapan masyarakat Indonesia kini, termasuk juga perihal membeli peralatan olahraga. Semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya olahraga, sehingga kebutuhan akan peralatan olahraga semakin meningkat. Survei juga membuktikan kalau pembelian peralatan olahraga semakin meningkat saat momen menjelang pesta olahraga dunia seperti World Cup atau Olimpiade.

13. Peralatan rumah tangga

Kesibukan menjadi faktor mengapa peralatan rumah tangga jadi ide jualan online yang laris dibeli. Menurut search engine Google, keywordbedcover” selalu mengalami kenaikan yang stabil. Beberapa produk peralatan rumah tangga yang paling banyak dicari orang di antaranya adalah sprei, kompor gas, blender, dan bantal atau guling. Selain itu, Anda juga bisa menjual produk dekorasi rumah.

14. Produk herbal

Anda pasti sering melihat iklan produk herbal yang mengklaim bisa menguruskan badan atau mengobati berbagai macam penyakit. Nyatanya, produk herbal ini cukup laris di pasaran. Jika Anda berencana untuk jualan online produk herbal, tidak perlu sampai memproduksinya sendiri. 

Anda bisa mulai sebagai reseller, sehingga cukup memasarkan produk saja dan menerima pesanan produk herbal. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah produk herbal pelangsing tubuh, produk herbal penambah berat badan, dan produk herbal untuk kecantikan wanita.

15. Barang unik dan lucu

Dalam kategori ini, termasuk barang seperti dekorasi rumah, koleksi, atau barang-barang yang biasanya dijadikan hadiah ulang tahun. Daya tariknya terletak pada desain yang unik atau lucu, membuat siapapun yang melihatnya jadi tertarik untuk membelinya. 

Dari sini, Anda harus pintar-pintar dalam highlight desain uniknya daripada fungsinya jika Anda memutuskan untuk jualan online produk ini. Beberapa contoh yang bisa Anda coba adalah lampu tidur, mug lucu, bingkai foto, dan funko pop.

16. Mainan

Produk mainan merupakan ide jualan online yang cukup menggiurkan. Mainan di sini maksudnya bukan hanya mainan anak saja, tetapi juga termasuk mainan yang digandrungi orang dewasa. Contohnya seperti mainan lego, konsol Playstation, Nintendo, dan lainnya. Anda juga bisa menjual games untuk konsol-konsol tersebut. Untuk mainan anak, tentunya bisa menjual mainan seperti boneka, action figure, mainan edukasi, dan masih banyak lagi. 

Kelebihan menjual mainan secara online adalah kemudahan bertransaksi. Tidak perlu lagi pergi ke toko, semakin memudahkan orang tua untuk membeli mainan. Begitu pula dengan orang dewasa yang sehari-harinya sibuk beraktivitas, mereka tetap bisa membeli konsol games favorit mereka.

Itulah 16 ide produk yang dapat memberikan peluang bisnis online yang besar bagi Anda. Supaya bisa unggul di antara para kompetitor, manfaatkan media sosial sebagai metode pemasaran. Gunakan foto-foto produk beresolusi tinggi dan jangan lupa untuk selalu mencantumkan informasi produk yang rinci untuk semakin meningkatkan kepercayaan pembeli. Dengan begitu, bisnis online Anda akan semakin sukses. Selamat berbisnis!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tips dan Triks agar Belanja Bahan Baku Online Aman

Tips dan Triks agar Belanja Bahan Baku Online Aman – Kesehatan Anda merupakan prioritas selengkapnya

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya