GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

20 Peluang Usaha Makanan yang Menguntungkan

Bisnis makanan selalu berkembang dan tak akan pernah berhenti. Setiap tahun selalu muncul peluang usaha makanan baru yang diciptakan oleh para wirausahawan. Banyak orang memilih untuk terjun langsung mendalami usaha ini karena memiliki keuntungan besar.

Alasannya sederhana yaitu seluruh manusia butuh makan, sehingga target market usaha makanan sangat luas, tidak terbatas pada usia atau jenis kelamin.

Pada sisi lain ada sebagian orang yang menjadikan aktivitas berburu makanan sebagai hobi yang tak dapat ditinggalkan. Ada kepuasan tersendiri yang didapat ketika sudah mengecap sensasi kuliner unik.

Beberapa kelompok lainnya ada juga yang hobi mengunyah kudapan sebagai teman pengisi waktu luang. Hal itulah yang membuat usaha kuliner selalu berkibar setiap saat.

Usaha kuliner rata-rata tidak membutuhkan modal besar. Dalam proses menjalankan bisnis juga tidak sulit sehingga dapat dijalankan oleh siapa saja.

Peluang Usaha Makanan Menguntungkan

Banyak pemula yang memulai usaha dari bidang kuliner. Bagi anda yang tertarik untuk ikut mencari peluang usaha makanan, berikut jenis-jenis makanan yang dapat menginspirasi anda.

1. Usaha Makanan Nasi Uduk Seribu Lauk

Ini dia ide dan peluang usaha makanan yang digemari banyak orang. Rata-rata para penjual nasi uduk berjualan dengan menu seadanya yaitu tempe orek, telur bulat, telur dadar, dan gorengan. Jika anda ingin membuka usaha makanan nasi uduk, anda harus tampil beda.

Buatlah usaha anda spesial sehingga banyak orang yang mengingatnya. Bagaimana caranya? Cari dan pelajari resep nasi uduk yang lezat. Setelah itu hadirkan aneka lauk sebagai pendamping menu nasi uduk.

Contohnya saja sate ati ampela, ayam goreng, ikan goreng, tuna goreng sambal, sate udang, sate cumi, semur telur, ceker ayam, kerang, gepuk, empal goreng, perkedel daging, kroket, bakwan jagung, peyek udang, aneka gorengan, dan masih banyak lagi.

Kemudian buatlah sambal enak yang akan membuat orang ketagihan untuk kembali makan di tempat anda. Nasi uduk diminati segala usia, sehingga banyak orang yang dapat menikmatinya. Pilih waktu yang tepat dalam menggelar lapak dagangan anda.

Banyak orang yang mencari nasi uduk saat pagi hari dan menjelang malam hari. Inilah saat yang terbaik bagi anda untuk berjualan.

Dari usaha kecil-kecilan yang dijalani dengan serius, siapa tahu kelak anda akan punya restoran sendiri. Jika anda terus menekuninya dan pantang menyerah, bukan tak mungkin jika restoran anda akan memiliki cabang dimana-mana.

Usaha nasi uduk dengan seribu lauk sangat menjanjikan dan menawarkan laba yang cukup besar.

2. Usaha Makanan Aneka Bakso

Bakso masih menjadi makanan kesukaan dari dulu hingga sekarang, sehingga tetap cocok menjadi salah satu peluang usaha makanan yang patut dicoba. Popularitas bakso tak pernah tergantikan. Masih banyak yang tergila-gila dengan hidangan yang satu ini.

Rasanya usaha yang satu ini tidak akan pernah tergilas oleh waktu. Agar menu bakso anda terlihat unik dan berbeda dari yang lainnya, buatlah variasi dari menu bakso yang ada.

Buatlah terobosan baru dalam dunia kuliner. Contohnya saja anda menyajikan bakso sapi yang dilengkapi dengan ceker ayam.

Selain itu anda dapat menjual bakso ayam, bakso keju, bakso telur, bakso telur asin, bakso udang, bakso cumi, bahkan bakso ikan.

Keunikan dari variasi menu anda akan membuat banyak orang ingin kembali. Pelajari resep bakso enak yang cocok di lidah segala kalangan.

Menu anda akan semakin mantap jika anda menyajikan bakso bersama kuah yang lezat, mie yang kenyal, dan sambal yang nendang. Dijamin warung bakso anda akan diburu oleh khalayak.

3. Usaha Makanan Aneka Bubur Manis

Bubur manis selalu menjadi peluang usaha makanan yang menjanjikan. Apalagi menu ini selalu dinantikan saat musim hujan atau saat acara tertentu.

Bubur manis di sini antara lain adalah bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur jagung, bubur sumsum, bubur kampiun, dan masih banyak lagi.

Menjual hidangan ini merupakan langkah positif yang dapat melestarikan kuliner khas Indonesia.

Banyak penggemar bubur manis yang keinginannya teredam karena penjualnya semakin sedikit. Inilah peluang emas anda untuk menarik minat khalayak.

Carilah resep yang sekiranya disukai oleh seluruh lidah orang Indonesia. Untuk komposisinya, perhatikan tingkat kekentalannya.

Jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental. Siapkan pula roti tawar atau roti gandum sebagai pendamping bubur manis.

4. Usaha Makanan Seblak

Seblak bukanlah jenis kuliner yang asing lagi, dengan banyaknya peminat seblak merupakan salah satu peluang usaha makanan yang menarik. Seblak berasal dari tanah Parahyangan yaitu kerupuk yang direndam di dalam air hangat sehingga menjadi lembek.

Setelah itu seblak dimasak lalu dicampurkan dengan aneka bumbu dan topping seperti telur, macaroni, sosis, ayam, bakso, serta bahan-bahan lainnya.

Belakangan ini menu seblak kembali populer dan menjadi santapan favorite di kalangan anak muda.

Ditambah lagi seblak hadir dengan konsep kekinian, yaitu dengan topping modern seperti daging sapi cincang, keju mozzarella, dan sebagainya. Seblak kekinian juga hadir dengan tingkat kepedasan yang dapat dipilih.

Anda dapat mencoba jenis usaha ini karena keuntungannya cukup besar. Selalu hadirkan menu baru setiap saat untuk menghindari kejenuhan konsumen.

Selain itu anda juga harus membuat resep khas anda sendiri. Dengan begitu banyak konsumen yang rindu untuk menyantap seblak di tempat anda.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3 4 5

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] A: Amankan Data Usaha & Data Pribadi

Kang Tipu memiliki seribu satu cara magis (manipulasi psikologis) untuk memakan selengkapnya

30 Peluang Usaha Menguntungkan & Modal Kecil

Tahun 2020 bisa jadi momentum untuk Anda memulai usaha sendiri. Dengan hadirnya berbagai selengkapnya