GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Jenis Usaha di Bulan Ramadhan yang Mudah Dilakukan

Memasuki Ramadhan, muncul berbagai peluang usaha untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Namun, jenis usaha di bulan Ramadhan seperti apa yang bisa memberikan Anda keuntungan maksimal? Nah, membaca artikel ini bisa memberikan jawaban.

Momen Ramadhan memang tak boleh disia-siakan bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan bisnis. Agar bisa raup keuntungan besar, yuk pertimbangkan tujuh jenis usaha di bulan Ramadhan berikut ini.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Online Selama Ramadan


7 Ide Jenis Usaha di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan 2022

1. Jual Bahan Pokok

Tentunya, barang yang layak jual selama Ramadhan adalah yang berkaitan dengan bulan penuh berkah ini. Bisnis-bisnis yang berhubungan dengan situasional Ramadhan idealnya akan meraup keuntungan, salah satunya dengan menjual bahan pokok.

Harga beberapa kebutuhan pokok atau sembako yang merambat naik menjelang bulan suci bisa Anda manfaatkan sebagai jenis usaha di bulan Ramadhan yang menguntungkan. Sejumlah ​​komoditas yang harganya kemungkinan naik menjelang Ramadhan adalah cabai rawit, daging sapi, minyak goreng, telur, dan gula pasir. 

2. Usaha Makanan

Bisnis makanan cukup menjanjikan selama Ramadhan karena bulan ini identik dengan makanan untuk bersantap sahur dan buka puasa. Anda bisa menargetkan orang-orang yang tidak bisa masak atau tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan sahur dan berbuka. Jika memungkinkan, Anda bisa juga, lho, menawarkan jasa antar makanan agar semakin memudahkan pelanggan yang terlalu sibuk atau tidak bisa menyiapkan makanannya sendiri. 

Baca juga: 10 Minuman dan Makanan yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa


3. Jual Perlengkapan Ibadah

Jenis usaha di bulan Ramadhan

Perlengkapan ibadah termasuk jenis usaha di bulan Ramadhan yang berpotensi meraup keuntungan. Anda bisa menjual mukena, sarung, sajadah, dan perlengkapan ibadah lainnya. Untuk meningkatkan penjualan, coba sediakan perlengkapan ibadah untuk semua anggota keluarga inti, mulai dari istri, suami, hingga anak-anak. Jangan lupa tawarkan diskon jika pelanggan membeli paket perlengkapan ibadah untuk menarik perhatian mereka.


4. Jual Produk Fesyen

Menjual produk fesyen saat Ramadhan juga bisa sangat menguntungkan karena biasanya orang-orang beli baju baru untuk lebaran. Anda bisa menjual gamis, jilbab, baju koko, dan sebagainya

Jika tidak punya modal besar untuk jualan produk fesyen, tidak ada salahnya Anda menjadi dropshipper atau reseller. Anda hanya perlu menawarkan produk kepada pelanggan dan proses pengiriman barang akan dilakukan oleh pemasok. Namun, kalau punya modalnya, Anda bisa membeli produk fesyen lebaran yang Anda pilih sendiri untuk kemudian Anda jual dan dikirim langsung kepada pelanggan.


5. Usaha Parsel Lebaran

Jenis usaha di bulan Ramadhan selanjutnya adalah parsel lebaran. Parsel lebaran selalu jadi favorit karena biasanya dikirimkan kepada keluarga atau teman dekat selama bulan puasa dan menjelang lebaran. Selain itu, banyak pula perusahaan yang memberikan parsel lebaran untuk para karyawannya. Jadi, jika Anda bisa menjual parsel kepada perusahaan, keuntungan yang didapat akan semakin besar.

Coba manfaatkan koneksi dengan teman atau keluarga untuk menawarkan usaha parsel lebaran Anda. Atau, cukup share jualan Anda melalui media sosial untuk menjangkau pelanggan lebih besar dan tawarkan promosi yang menarik agar bisnis Anda dilirik.

Baca juga: Cara Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan


6. Buka Jasa Penukaran Uang

Menjelang lebaran, banyak sekali orang yang membutuhkan uang dalam nominal kecil untuk dijadikan THR (tunjangan hari raya). Berhubung tidak semua orang bisa meluangkan waktu untuk menukar uang langsung ke bank, Anda bisa membuka jasa penukaran uang dadakan dengan keuntungan Rp10.000 hingga Rp20.000 per gepoknya. Modalnya mungkin besar, namun jenis usaha di bulan Ramadhan ini tidak mungkin rugi. Jika seandainya tidak laku, uang tersebut bisa Anda simpan dan pakai sendiri nantinya. 


7. Usaha Rental Mobil

Jenis usaha di bulan Ramadhan

Jenis usaha di bulan Ramadhan terakhir yang bisa bantu Anda raup keuntungan adalah jasa rental mobil. Hampir semua orang merencanakan pulang kampung menjelang lebaran, tapi tidak semuanya memiliki kendaraan sendiri, terutama mobil, untuk pulang kampung.

Anda bisa membuka usaha rental mobil untuk membantu mereka yang ingin pulang kampung, tapi tidak memiliki kendaraan sendiri. Dengan biaya sewa mulai dari Rp500.000 per hari atau lebih, keuntungan yang mungkin akan Anda dapatkan bakal cukup besar, kan?


Nah, itulah tadi beberapa jenis usaha di bulan Ramadhan yang bisa memberi Anda keuntungan maksimal. Biar makin menguntungkan, gunakanlah aplikasi kasir gratis GoKasir yang bisa catat transaksi penjualan secara otomatis dan memaksimalkan penghasilan. Menariknya lagi, Anda bisa mengakses laporan transaksi tersebut lewat smartphone! Praktis sekali, bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan aplikasi GoKasir untuk maksimalkan cuan usaha selama Ramadhan!

Saatnya Urusan Operasional Usaha Jadi Makin Praktis dengan GoKasir!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

CUAN Bersama Gojek Lewat Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda

Hai, Mitra Usaha! Selamat datang di CUAN! Ini merupakan Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda selengkapnya

Mie Ayam Bangka Bintaro, Mentor GoFood yang Mentransformasi Bisnis Keluarga Tradisional jadi Digital

Mie Ayam Bangka Bintaro, Mentor GoFood yang Mentransformasi Bisnis Keluarga Tradisional selengkapnya