GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan yang Menjanjikan

Sebagai bulan penuh berkah, Anda bisa memanfaatkan momen untuk memulai usaha rumahan di bulan Ramadhan. Ada banyak peluang usaha yang menjanjikan. Tidak perlu sewa tempat atau bayar gaji karyawan, Anda bisa jadi owner bisnis dadakan dengan modal seadanya. Apa saja, sih, peluang usaha rumahan di bulan Ramadhan yang menjanjikan? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Rekomendasi Peluang Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan 2022

1. Usaha Laundry

Jika Anda punya mesin cuci dan tenaga untuk menyediakan jasa cuci pakaian, tidak ada salahnya mencoba usaha laundry. Salah satu usaha rumahan di bulan Ramadhan ini populer dari dulu karena menawarkan peluang yang menguntungkan. Anda bisa menyediakan jasa laundry kiloan untuk cuci kering, cuci dan setrika, atau setrika saja. 

Untuk menguatkan basis pelanggan, coba tawarkan jasa antar-jemput laundry. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu repot mengantar laundry ke tempat Anda dan mengambilnya kembali. Anda bisa meningkatkan loyalitas konsumen dengan menawarkan paket laundry per bulan kepada pelanggan dengan diskon yang masuk akal.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Online Selama Ramadhan


2. Servis dan Cuci Kendaraan

Banyak orang yang mencari adalah kriteria usaha yang menjanjikan , salah satunya servis dan cuci kendaraan. Meskipun Anda bisa melakukan sendiri di rumah, tidak sedikit orang lebih memilih untuk memakai jasa cuci kendaraan karena lebih praktis. Jika punya keahlian, Anda juga bisa sekalian menawarkan jasa servis kendaraan.

Bahkan, sekarang sudah ada bisnis yang menyediakan jasa cuci kendaraan langsung datang ke rumah. Semakin baik dan lengkap jasa yang Anda tawarkan, maka akan semakin besar pula peluang sukses yang bisa Anda dapatkan dari usaha rumahan di bulan Ramadhan.


3. Takjil dan Aneka Minuman

Tidak lengkap rasanya jika membahas usaha rumahan di bulan Ramadhan tanpa menyebutkan takjil dan aneka minuman. Sangat mudah untuk menemukan penjual takjil dan aneka minuman selama bulan Ramadhan karena hampir semua orang jadi penjual makanan dadakan. Jika Anda tertarik ikut jualan takjil dan aneka minuman, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, kok, tergantung dari jenis takjil dan aneka minuman yang dipilih.

Anda bisa main aman dengan menjual aneka gorengan. Jika pandai memasak, Anda bisa fokus pada rasa dan dijamin bakal ada saja orang yang membeli jualan Anda. Beberapa jenis takjil dan aneka minuman yang umumnya laris selama bulan Ramadhan adalah aneka es buah segar, es cendol, es dawet, es pisang ijo, cilok, bubur kolak, jajanan pasar, serta minuman segar lainnya.

Baca juga: 10 Minuman dan Makanan yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa


4. Bisnis Kurma dan Buah-buahan Lainnya

Kurma adalah salah satu makanan ikonik selama bulan Ramadhan. Buah ini memang bukan tanaman asli Indonesia, namun keberadaannya sangat populer di tanah air sebagai salah satu makanan untuk berbuka puasa. 

Usaha rumahan di bulan Ramadhan ini menjadi salah satu ide yang sangat potensial mengingat besarnya permintaan pasar. Selain dianggap sebagai salah satu makanan paling baik untuk dinikmati selama bulan puasa, kurma juga memiliki kalori tinggi dan mudah dicerna, sehingga cocok dikonsumsi setelah seharian berpuasa.

Tidak hanya kurma, Anda juga bisa jualan berbagai jenis buah lainnya. Selain kurma, buah blewah, misalnya, juga populer selama bulan Ramadhan. Buah ini bisa Anda tanam sebelum bulan puasa dan dipanen saat sudah berumur 50-60 hari. Selain disukai karena wanginya yang harum, blewah juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk baik untuk kesehatan kulit, melancarkan pencernaan, hingga rendah kalori sehingga cocok untuk diet.


5. Kue Kering dan Parsel Lebaran

Usaha rumahan di bulan Ramadhan yang terakhir adalah kue kering dan parsel lebaran. Usaha ini dicari karena kue kering dan parcel biasanya dikirimkan kepada keluarga atau teman dekat selama bulan puasa dan menjelang lebaran. Modal usaha yang dibutuhkan bervariasi, tergantung jenis kue kering dan parsel lebaran yang Anda jual.

Anda bisa menyediakan produk dari harga termurah hingga termahal untuk menargetkan konsumen dari berbagai kalangan. Agar makin banyak yang pesan, Anda bisa share jualan Anda melalui media sosial dan menerima request custom agar sesuai permintaan pelanggan.

Baca juga: 7 Jenis Usaha di Bulan Ramadhan yang Mudah Dilakukan


Biar pembeli makin ramai, sediakan alat pembayaran nontunai dengan perangkat kasir GoBiz PLUS supaya bisa terima berbagai metode pembayaran, termasuk GoPay melalui fitur QRIS. Terlebih, biasanya Anda bisa memberikan promo khusus bagi pelanggan yang membayar pakai GoPay. Hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga akan ada lebih banyak pelanggan yang beli produk Anda. Jadi, peluang usaha rumahan di bulan Ramadhan mana yang tertarik untuk Anda mulai?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Kripik Balado Shirley, Oleh-oleh Khas Padang yang Mendunia

Bicara soal oleh-oleh khas Padang, pasti tak lengkap tanpa Kripik Balado Shirley. Snack selengkapnya

Cara Memulai Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan bulan baik untuk memulai bisnis. Cara selengkapnya