GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Contoh Iklan Produk yang Menarik Perhatian Konsumen

Sedang mencari contoh iklan produk untuk dijadikan inspirasi? Sekarang ini, ada banyak sekali iklan bertebaran di mana-mana. Entah itu berupa iklan di TV, billboard, hingga media sosial. Namun, dari sekian banyaknya iklan yang ada, tidak semuanya menarik. Beberapa seolah hanya sekadar lewat.

Padahal, iklan sendiri punya fungsi untuk memperkenalkan produk jualan Anda kepada calon konsumen. Jika mereka tidak tertarik dengan iklan, bagaimana produk Anda bisa dikenal? Untuk itu, sebisa mungkin iklan harus dibuat menarik. Anda bisa cari inspirasi dari beberapa contoh iklan produk yang menarik dan kreatif berikut ini!


7 Contoh Iklan Produk

cara foto produk makanan. - Contoh iklan produk

1. Contoh iklan produk fast food

Contoh iklan produk yang menarik datang dari bisnis fast food. Gerai fast food terkenal seperti McDonald’s, Burger King, dan KFC memang sering membuat iklan kreatif meski sebenarnya bisnis mereka sudah dikenal banyak orang.

Salah satu contohnya adalah iklan McDonald’s yang memanfaatkan perkakas sehari-hari. Saat diperhatikan, ternyata perkakas tersebut membentuk logo “M” yang merupakan logo McDonald’s. Meski simpel, iklan ini tak hanya ingin menampilkan identitas McDonald’s, tapi juga menunjukkan bahwa McDonald’s ada di mana-mana dan mudah diakses.

Baca Juga: Mau Usaha Fried Chicken? Berikut Modal & Keuntungannya


2. Iklan makanan ringan

Iklan makanan ringan biasanya menampilkan cita rasa produk, misalnya: “Makaroni super pedas, rasanya susah lepas!” Terkadang, ada juga yang menampilkan ciri khas produk, seperti Kripik Balado Shirley, keripik singkong khas Padang.

Selain menonjolkan unsur-unsur khas yang dimiliki produk, biasanya makanan ringan juga beriklan di banyak platform sekaligus, terutama untuk bisnis baru. Contohnya, beriklan di media sosial atau marketplace seperti Tokopedia.

Cara ini banyak digunakan bisnis baru atau UKM karena biayanya relatif terjangkau. Pelanggan pun bisa langsung membeli jika tertarik. Dengan sistem yang mudah dikelola dan biaya terjangkau, Anda yang jualan makanan online bisa coba cara satu ini!


3. Iklan produk kecantikan

Bisnis kecantikan adalah salah satu bisnis yang selalu menghadirkan inovasi kreatif. Bukan hanya dari produknya, tapi juga dari cara mereka beriklan.

Biasanya, produk kecantikan menggunakan warna-warni cerah. Namun, warna-warni tersebut tidak asal pilih, lho. Warna yang dipakai umumnya menandakan identitas brand. Ada juga yang memilih warna sesuai dengan warna produk yang akan diluncurkan. Misalnya saat meluncurkan eyeshadow palette dengan nuansa earth tone, maka iklan pun akan menggunakan warna-warni earth tone.

Ada juga yang memilih jalur berjualan online, seperti Avoskin Care yang berjualan di GoStore. Dengan berjualan online, Anda pun lebih leluasa menggunakan media sosial untuk beriklan. Setelah calon konsumen melihat iklan, mereka bisa langsung diarahkan untuk membeli lewat metode online melalui website atau marketplace. Praktis, bukan?

Baca Juga: 9 Strategi Promosi Penjualan untuk Meningkatkan Profit


4. Iklan sabun mandi

Contoh iklan produk selanjutnya adalah iklan sabun mandi. Anda tentu sudah familier dengan produk yang satu ini. Untuk menarik calon konsumen, biasanya iklan sabun mandi menunjukkan keunggulannya dalam membasmi bakteri hingga kuman penyebab penyakit.

Ada juga iklan sabun mandi yang memberikan klaim terkait kecantikan kulit. Misalnya sabun mandi yang tidak membuat kulit kering, sabun yang mengandung pelembap, hingga sabun mandi yang memberi efek mencerahkan kulit.  


5. Iklan produk jasa

Terakhir ada iklan produk jasa. Pada iklan jasa, hal yang ditampilkan tentu saja adalah jasa yang ditawarkan kepada calon konsumen. Agar audiens lebih mudah membayangkan, biasanya iklan akan disertai ilustrasi yang menggambarkan jasa. Misalnya seperti visual orang sedang menulis untuk jasa content writer atau copy writer.

Contoh iklan produk jasa bisa Anda lihat pada iklan-iklan yang diangkat GoFood. Salah satunya adalah iklan “Breaking News: #RekomendasikGoFood”. Sesuai namanya, iklan tersebut menggunakan format acara berita, bahkan topik yang disampaikan pun benar-benar terjadi, yaitu soal turunnya harga kripto yang memakan korban. Jasa yang ditawarkan GoFood menawarkan solusi dengan menawarkan aneka makanan dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Takut Omzet Turun? Simak 9 Cara Meningkatkan Penjualan di GoFood!


Bagaimana, sudah menemukan inspirasi dari contoh iklan produk di atas? Dalam membuat iklan, hal yang paling penting adalah menyesuaikan target konsumen Anda. Jangan sampai iklan yang Anda buat sulit dipahami dan tidak relate dengan mereka.

Buat Anda yang baru merintis bisnis sendiri, bisa memanfaatkan platform jualan online seperti GoFood. Lewat GoFood, produk Anda bisa dikenal lebih banyak orang, lho. Yuk, kembangkan usaha Anda dengan daftar menjadi Mitra Usaha GoFood!

Aplikasi Gobiz

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya