GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

30 Usaha Makanan Kekinian yang Tren & Dijamin Ramai

Sekarang ini, rasa yang lezat bukan lagi jadi satu-satunya kunci kesuksesan bisnis kuliner. Anda harus memanfaatkan tren yang sedang populer ke dalam usaha makanan Anda. Terutama di tengah pandemi ini, Anda harus mencari ide usaha makanan yang juga bisa dengan mudah dijual online dengan layanan pesan antar seperti GoFood.

Cari ide usaha makanan kekinian?

Supaya operasional bisnis tetap mudah dan bebas ribet, percayakan saja dengan sistem mutakhir dari GoBiz yang mengatur segala kebutuhan bisnis Anda, mulai dari pencatatan pesanan hingga laporan keuangan. GoBiz juga sudah terintegrasi dengan GoFood. Berikut ini 30 ide usaha makanan kekinian yang bisa Anda coba sekarang juga.

1. Salted egg chicken

Tren makanan kekinian dengan saus telur asin atau salted egg ini sudah begitu populer selama beberapa tahun, namun tetap ramai diserbu masyarakat Indonesia. Salted egg chicken yang lezat juga sangat mudah untuk dihidangkan, cukup dengan ayam goreng tepung di atas nasi dengan lumuran saus salted egg yang menggiurkan.

2. Keripik salted egg

Kalau biasanya dijual keripik kulit ikan salmon dengan bumbu salted egg, Anda bisa memilih untuk menjual keripik kentang atau keripik singkong salted egg yang harga produksinya lebih murah.

Anda bisa menjualnya dengan sistem pre-order atau delivery di tengah pandemi ini melalui aplikasi layanan pesan antar GoFood, sehingga para pembeli bisa dengan mudah mendapatkan keripik salted egg Anda.

3. Cireng

Anda bisa menyulapnya menjadi makanan kekinian dengan memasarkan cireng beraneka rasa, sebut saja cireng isi smoked beef dan cireng keju. Cara membuatnya yang mudah dengan bahan-bahan ekonomis menjanjikan keuntungan yang lebih besar bagi Anda.

Anda juga bisa menjual frozen food seperti cireng beku selama pandemi ini agar para pembeli bisa tetap merasakan cireng kekinian Anda dengan hangat. Jangan lupa untuk manfaatkan layanan pesan antar GoFood, ya!

4. Rujak cireng

Berbeda dengan menu cireng sebelumnya, olahan cireng ini disantap dengan sajian saus rujak yang gurih, asam, dan manis. Jadi, Anda cukup siapkan adonan cireng dari tepung kanji dan saus rujak andalan.

Anda bisa memilih untuk menjualnya dalam bentuk frozen food selama pandemi. Begitu keadaan sudah kembali normal, Anda bisa berjualan di area sekolah, perkantoran, kampus, hingga pusat perbelanjaan.

5. Donat Indomie

Daya tarik makanan kekinian ini adalah bentuknya yang instagramable, cocok sekali untuk menarik perhatian pembeli. Apalagi, olahan mie instan ini akan sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Bermodalkan mie instan, Anda sudah bisa meraup keuntungan dari menjual donat Indomie ini. Bisa juga ditambahkan dengan isian smoked beef atau mozarella.

6. Makaroni pedas

Buat para pecinta makanan pedas, sudah tidak asing lagi dengan makanan kekinian yang satu ini. Umumnya dijual dengan dua pilihan, yakni makaroni kering atau makaroni basah. Anda bisa menyediakan berbagai aneka pilihan bumbu pedas, mulai dari yang sedang hingga ekstra pedas. Karena sifatnya yang digoreng kering, makaroni pedas ini memiliki shelf life yang cukup lama, sehingga bisa diproduksi dalam jumlah besar dan tetap tahan lama.

7. Kebab goreng

Siapa yang tak kenal dengan kebab Turki? Makanan kekinian ini sudah disulap menjadi kebab goreng yang ukurannya lebih kecil dari kebab biasa. Ditambah lagi dengan lelehan keju serta berbagai isian daging yang menggoyang lidah. Cocok sekali untuk disantap saat sedang bosan di rumah. Jadi, ini adalah peluang terbaik Anda untuk memulai usaha kebab goreng.

8. Pizza goreng

Sempat viral karena bentuknya yang mini dan menyerupai pastel, pizza goreng ini bisa jadi ide usaha makanan kekinian yang menguntungkan. Anda hanya perlu menggoreng kulit lumpia dengan isian daging, saus tomat, dan keju. Makanan kekinian ini pasti sangat disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Harganya yang jauh lebih murah dibanding seloyang pizza juga jadi daya tarik tersendiri.

9. Bola ubi

Bola ubi dijual dalam berbagai varian rasa dan warna, seperti green tea, hazelnut, taro, dan oreo. Rasanya yang manis dipadukan dengan tekstur gurih, membuat siapapun yang memakannya jadi ketagihan. Olahan berbahan dasar ubi ini sangat mudah untuk dibuat, Anda juga hanya memerlukan modal kecil untuk bisa memulai usaha makanan kekinian ini.

10. Churros

Makanan ringan asal Spanyol ini ternyata juga sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, teksturnya renyah di luar namun begitu lembut di dalam. Lengkap juga dengan taburan gula halus serta saus coklat yang semakin menambah rasa manisnya. Mudah dan cepat untuk dibuat juga, sehingga tidak memerlukan operasional bisnis yang merepotkan.

11. Roti kukus panggang

Agak mirip dengan roti panggang atau roti bakar, tetapi roti kukus panggang ini menggunakan roti pandan khusus yang lebih wangi. Roti yang diberi topping manis atau asin ini dikukus terlebih dahulu, kemudian dipanggang. Tekstur roti tetap lembut dengan sensasi smokey, semakin enak dengan lelehan keju serta topping-topping kekinian.

12. Long fries

Sebetulnya sama saja dengan kentang goreng lainnya, namun ukurannya jauh lebih panjang. Sehingga, para pembeli pun lebih puas dengan porsinya. Ukurannya yang tidak biasa ini juga lucu untuk dijadikan unggahan di media sosial. Tambahkan dengan cocolan saus tomat, atau bisa juga Anda jual dengan pilihan bumbu menarik, seperti keju atau balado.

13. Takoyaki

Makanan kekinian khas Jepang ini sudah digandrungi sejak lama. Tekstur kulit luarnya yang renyah terasa semakin nikmat dengan isian yang lembut dan potongan daging gurita yang kenyal. Cara memasaknya juga sangat unik, sehingga mampu menarik perhatian banyak orang. Rasanya semakin lezat dengan baluran mayonnaise dan taburan bonito flakes.

14. Ayam crispy

Olahan ayam crispy ini bisa Anda temukan di mana saja, terutama sajian ayam goreng ala Taiwan. Memang rasanya sangat enak, ditambah dengan taburan bumbu yang bisa dipilih pembeli. Selain itu, porsinya juga cukup banyak dan mengenyangkan. Tidak repot juga untuk dimakan sambil berjalan-jalan. Pilihan bisnis yang menguntungkan bagi Anda, bisa dijual melalui layanan pesan antar GoFood selama pandemi berlangsung.

15. Corn dog

Makanan kekinian ini begitu populer di Amerika dan Korea Selatan. Apalagi bagi para pecinta drama Korea, pasti tertarik untuk mencobanya. Cara membuatnya juga sangat mudah, tinggal mencelupkan sosis yang sudah ditusuk ke adonan dan goreng hingga berwarna keemasan. Biasanya ditambahkan dengan keju mozarella atau potongan kentang, kemudian dioleskan saus tomat atau sambal.

uwau

16. Martabak manis topping kekinian

Bukan sembarang martabak manis, tetapi martabak manis dengan topping dan rasa kekinian. Contohnya seperti selai coklat nutella, kitkat green tea, hingga rasa red velvet. Selain rasanya yang enak, tampilannya yang cantik juga jadi pilihan tepat bagi orang-orang yang aktif di media sosial. Walaupun sudah ada selama bertahun-tahun, tetapi pasar martabak manis ini tetap laris manis.

17. Sate taichan

Tidak seperti sate ayam dengan saus kacang yang biasa ditemui, sate taichan ini berpenampilan sederhana tanpa baluran saus apapun. Tusukan daging ayam dibakar hingga matang, kemudian disajikan dengan perasan jeruk kunci dan sedikit taburan garam. Lengkap dengan sambal pedas yang membuat sate taichan jadi makanan kekinian favorit pecinta kuliner pedas.

18. Ayam geprek

Bukan sekadar makanan ringan, ayam geprek jadi salah satu pilihan utama banyak orang sebagai menu makan siang atau makan malam mereka. Makanan kekinian ini begitu digandrungi karena porsinya yang mengenyangkan serta pilihan sambal dalam berbagai level pedas. Dalam satu porsi, ada nasi, telur dadar, potongan ayam geprek, sambal pedas, serta lelehan keju mozarella.

19. Egg cheese tart

Paduan keju yang gurih dengan tekstur creamy dari telur membuat makanan kekinian yang satu ini sangat disukai masyarakat Indonesia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bisa dibeli satuan atau dalam satu box, egg cheese tart juga jadi pilihan baru sebagai kue ulang tahun atau bingkisan saat bertamu. Tetap enak disantap walau sudah disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari juga.

20. Telur gulung

Biasa ditemui di depan sekolah, telur gulung kini juga dijual di mana saja. Mulai dari mall, perkantoran, kampus, hingga area perumahan. Harganya yang sangat terjangkau juga menjadi alasan mengapa makanan kekinian ini tetap ramai pembeli dan mampu bertahan di tengah tren makanan yang terus berubah.

21. Seblak

Makanan kekinian yang berasal dari Bandung ini begitu terkenal karena rasa pedasnya. Kuah berwarna merah menyala ini disajikan dengan berbagai topping pilihan, seperti daging ayam, ceker ayam, bakso, mie, kerupuk, dan makaroni. Cocok di lidah masyarakat Indonesia yang memang gemar makanan pedas.

22. Jasuke

Jagung susu keju memang sudah lama dijual di pasaran, tetapi kini semakin dikenal karena telah diubah menjadi olahan jagung dengan susu kental manis dan lelehan keju. Tekstur renyah dari jagung melebur menjadi satu dengan lelehan keju yang gurih serta susu kental manis yang creamy. Makanan kekinian yang tidak lekang oleh waktu, sekaligus menguntungkan.

23. Sate pisang

Olahan makanan kekinian dengan pisang memang tidak ada matinya. Sate pisang ini sesuai namanya berbentuk serupa dengan sate pada umumnya. Pisang dibalut dengan adonan telur dan tepung roti, kemudian digoreng hingga renyah. Disajikan dengan lumuran saus dan topping, mulai dari saus coklat, saus stroberi, saus matcha, dan topping kacang.

24. Banana nugget

Banana nugget ukurannya lebih kecil dibanding dengan sate pisang, tetapi cara membuatnya tetap sama. Anda bisa buat sedemikian rupa dengan topping dan saus yang menarik. Umumnya dijual per porsi dalam box, bisa dijual langsung maupun dengan layanan pesan antar GoFood supaya lebih praktis.

25. Tteokbokki

Anda pecinta drama Korea? Pasti sudah tidak asing dengan tteokbokki, olahan dari tepung beras ini cukup sederhana dengan saus pedas kental. Bisa Anda variasikan juga dengan tambahan topping keju, mie instan, atau fish cake. Tidak perlu khawatir, makanan kekinian yang satu ini cepat untuk disajikan dan tidak rumit.

26. Cheese toast

Roti dengan isian keju dipanggang hingga lumer, terdengar sangat lezat ya. Makanan kekinian ini lagi populer, terutama di kalangan muda-mudi. Rasanya yang enak serta tampilan yang instagramable menjadikannya makanan ringan yang cocok untuk disantap saat sedang bersantai.

27. Roti john

Sudah populer di negara tetangga, roti john kini siap mendobrak pasar Indonesia. Roti john memiliki ukuran yang panjang dengan isian telur dadar. Tentu saja akan semakin lezat dengan tambahan topping yang bisa dipilih oleh pembeli, serta pilihan saus mayonnaise. Cocok sekali untuk dijadikan ide usaha baru bagi Anda.

28. Jamur crispy

Jamur crispy cocok disantap bagi orang yang vegetarian atau sedang diet karena menggunakan bahan jamur yang rendah kalori. Rasanya tidak kalah enak, tetap gurih dengan taburan bumbu seperti keju, balado, atau pizza. Bisa Anda jual sebagai makanan ringan dalam kemasan juga.

29. Bakso aci

Bakso aci memiliki bahan dasar yang jauh lebih murah dibanding dengan bakso sapi. Hanya menggunakan tepung tapioka, Anda sudah bisa menyiapkan bakso aci yang kini tengah digandrungi banyak orang. Modal kecil dengan keuntungan besar buat Anda.

30. Kue cubit

Kue tradisional ini nyatanya jadi makanan ringan yang masih sangat disukai oleh banyak orang. Apalagi jika Anda jual dengan rasa yang lebih kekinian, seperti kue cubit rasa matcha, red velvet, atau coklat nutella. Rasa manis dan tekstur lembutnya dijamin akan membuat semakin banyak orang menjadi pembeli setiap usaha kue cubit Anda.

Read more about:

Artikel Terkait

16 Ide Usaha Jualan Online Yang Banyak Dicari Pembeli

Tidak semua orang punya modal dan niat yang cukup untuk membuka bisnis sendiri. Ada selengkapnya

7 Inspirasi Usaha Kuliner Home Industri Modal Kecil

Memulai usaha kuliner dengan menjalankan usaha rumahan atau home industri bisa jadi selengkapnya