GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

10 Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha

10 Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha – Apa pun industri yang Anda geluti, menjalankan UMKM memang cukup menantang. Selain perlu menetapkan strategi untuk mengatur sumber daya manusia, produksi, serta operasional, sebagai pengusaha, Anda juga perlu mengetahui cara untuk menghadapi persaingan usaha. 

Pengusaha berskala besar, dengan kekuatan modal yang besar, tentu membuat pemilik UMKM sulit untuk menyainginya. Dengan kata lain, bisa kita pahami bahwa

“Setiap usaha adalah kompetisi dan setiap kompetisi merupakan bagian dari usaha.”

Walau persaingan tampak seperti hal yang negatif untuk sebuah usaha, ternyata ada berbagai keuntungan yang bisa dimanfaatkan darinya, lho. Iya, tantangan yang sedang Anda hadapi justru bisa Anda ubah jadi cara untuk menghadapi persaingan usaha yang jitu. 

Penasaran? Cek poin-poin berikut!


10 Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha

Ada berbagai sisi positif dari persaingan usaha yang bisa Anda gunakan sebagai “senjata” untuk melawan kompetitor. Apa saja? Mari simak beberapa cara jitu menghadapi kompetisi usaha di bawah ini!

1. Kenali kompetitor

7 Tips Mitigasi Bencana dalam Usaha - komponen perencanaan usaha - laporan kegiatan usaha

Mengetahui siapa kompetitor Anda dan apa yang mereka tawarkan dapat membantu Anda membuat produk, layanan, dan pemasaran yang lebih menonjol. Cara untuk menghadapi persaingan usaha ini akan memungkinkan Anda menetapkan harga secara kompetitif dan membuat kampanye pemasaran yang bersaing. 

Dengan mengenali kompetitor, Anda bisa membuat strategi pemasaran yang memanfaatkan kelemahan pesaing. Selain itu, Anda juga dapat menilai setiap risiko ancaman yang datang dari pendatang baru dan pesaing saat ini. Dengan demikian, Anda bisa bersikap realistis tentang peluang kesuksesan bisnis Anda di tengah maraknya bisnis online saat ini.

Baca juga: 5 Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha


2. Kenali pelanggan Anda

5 Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha

Tahukah Anda bahwa sebanyak 80 persen usaha tidak punya data yang cukup untuk membangun kampanye pemasaran yang efektif?

Mayoritas pemasar memang mengetahui pola pembelian yang dilakukan oleh pelanggan, yang tentunya sangat berguna untuk diteliti. Namun demikian, sebetulnya masih banyak informasi lain yang bisa Anda gali untuk memperbaiki strategi promosi usaha.

Caranya? Kenali pelanggan Anda lebih mendalam. Bangun hubungan yang baik antara usaha dengan para pelanggan sehingga mereka dapat setia pada brand Anda walau hanya melakukan beberapa kali pembelian.

Menurut pimpinan YesMail Interactive, banyak pemasar yang mengabaikan dan tidak menggunakan data yang ada “di depan mata” mereka. Terutama data-data terkait aktivitas sosial yang memberikan wawasan tentang waktu pembelian dan pencarian produk.

Berkaitan dengan ini, Anda bisa mendapatkan data dan insight tentang konsumen Anda melalui aplikasi penjualan, GoBiz salah satunya. 


3. Pahami situasi dan kondisi persaingan

5 Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha

Bagaimana cara memahami persaingan? Penting untuk memulainya dengan memeriksa pasar.

Pertama-tama, perhatikan apa pun yang kompetitor lakukan dengan cermat dan saksama. Apakah mereka dekat dengan pelanggan sehingga mendorong terjadinya penjualan? Apakah mereka memiliki cara unik dan kreatif dalam mempromosikan brand?

Kedua, lihatlah hal-hal yang tidak dilakukan oleh kompetitor. Lihat itu sebagai kesempatan. Kemudian, cobalah membangun strategi agar usaha Anda bisa mengisi kesempatan tersebut.

Bersaing dengan usaha lain tidak harus dilakukan dengan cara meniru. Anda dapat menciptakan perbedaan atau keunikan yang bisa dijadikan sebagai keunggulan brand di mata pelanggan.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Atasi Usaha Sepi Biar Ramai Pelanggan Lagi


4. Tunjukkan keunikan produk Anda

cara menghitung harga pokok produksi makanan

Keunikan produk dapat membedakan Anda dari para pesaing. Itulah kenapa Anda harus menentukan keunikan produk Anda sendiri. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan mensurvei pesaing, misalnya dengan mengetahui keunikan mereka dan bagaimana bisnis Anda bisa lebih menonjol.

Mulailah dengan memecahkan masalah bagi pelanggan. Misalnya, jika Anda menjalankan usaha kedai kopi, coba pikirkan masalah yang mungkin dihadapi konsumen. Mungkin salah satunya adalah kesulitan pelanggan untuk menikmati kopi di tengah mobilitas mereka.

Dari sini, Anda bisa menyajikan kopi dengan kemasan yang mudah digenggam dan dibawa ke mana pun, sehingga pelanggan tidak akan kesulitan saat menikmati kopi sambil berjalan sekalipun. Dengan menunjukkan keunikan produk, Anda akan mampu menghadapi persaingan usaha di tengah maraknya bisnis online.


5. Lakukan analisis peluang usaha dan tentukan target pasar

proses riset pemasaran - riset pasar adalah

Agar usaha Anda mampu bertahan lama, Anda membutuhkan perencanaan yang matang di awal sehingga tidak akan bingung menentukan langkah selanjutnya. Itulah mengapa Anda perlu melakukan analisis peluang usaha dan menentukan target pasar sebagai cara untuk menghadapi persaingan usaha. Anda bisa melakukannya lewat riset terhadap konsumen dan kompetitor.

Riset konsumen bisa dilakukan dengan cara survei online. Fungsinya banyak, lho, mulai dari membantu Anda mengetahui perilaku pelanggan, apakah bisnis Anda dibutuhkan, hingga berapa besar pelanggan yang bisa Anda jangkau.

Sementara itu, riset terhadap kompetitor membantu Anda menemukan tantangan dalam bidang usaha yang Anda jalankan. Jadi, melakukan analisis peluang usaha dan menentukan target pasar akan memberi pemahaman tentang kondisi pasar dan potensi pertumbuhan usaha Anda ke depannya. Dengan begini, Anda pun bisa menentukan target konsumen dan strategi untuk bersaing.

Baca juga: 6 Langkah Analisis Kompetitor Agar Usaha Tetap Unggul


6. Perhatikan pelanggan lama

cara daftar spots - strategi promosi produk libatkan pelanggan

Segmen pasar baru memang menggiurkan. Apalagi ketika usaha telah siap, pasar baru akan mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.

Walau demikian, jangan sampai Anda melupakan pelanggan yang sudah setia dengan brand Anda! Ketika mendiversifikasi opsi pasar Anda, pertahankan beberapa aspek pemasaran yang dapat berguna bagi usaha dalam melayani pelanggan lama.

Salah satu opsi yang harus tetap bertahan untuk mendukung pelanggan setia adalah pengembangan produk. Sebaiknya, perkenalkan produk baru atau bahkan produk yang lebih baik kepada mereka.

Terus kembangkan produk yang sudah ada, seperti produk-produk populer, agar Anda dapat berkomitmen dalam mengusahakan yang terbaik untuk pelanggan lama. Melalui pengembangan produk, usaha juga mampu mengungguli kompetitor sekaligus memuaskan konsumen setia.


7. Jelajahi peluang kolaborasi

5 Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha

Peluang kerja sama tengah populer di kalangan pengusaha. Kebanyakan usaha mencoba mendekati usaha lainnya dengan harapan bisa memperoleh konsumen atau pasar baru.

Contoh kolaborasi yang bisa Anda coba adalah menggaet seniman yang tengah populer untuk membuat edisi spesial produk Anda. 

Kolaborasi saling menguntungkan tersebut akan membantu masing-masing partner untuk menciptakan peluang yang sebelumnya tidak dapat tercapai.

Perlu diingat! Ketika mempertimbangkan kerja sama, pikirkan hal-hal yang dibutuhkan usaha Anda untuk lebih sukses terlebih dahulu. Setelah itu, barulah bertindak dengan peluang yang sedang terbuka.


8. Tetap berinovasi

risiko bisnis online

Teknik pemasaran di masa kini telah beralih ke dunia online. Bukan berarti teknik lama sudah ketinggalan zaman. Namun, jika tidak bersikap inovatif, Anda akan sulit bersaing dengan kompetitor.

Jika Anda bingung inovasi apa yang perlu Anda lakukan, Anda bisa mencari inspirasi dengan membaca buku atau artikel pemasaran, menonton kanal YouTube yang tengah populer, atau mengikuti tren di media sosial. 

Anda juga bisa coba tengok perusahaan yang sudah lama berdiri untuk mempelajari inovasi mereka. Bagaimana mereka bisa bertahan tanpa ketinggalan zaman? Bagaimana cara untuk menghadapi persaingan usaha ala mereka?

Apakah mereka punya kebijakan yang membuat usaha terus berinovasi dan berkembang selagi mereka memenuhi tanggung jawab terhadap pelanggan? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan membantu Anda untuk memahami logika inovasi.


9. Manfaatkan digital marketing

kata-kata promosi minuman

Tidak seperti TV atau iklan cetak, digital marketing memungkinkan Anda melakukan promosi yang dipersonalisasi. Keuntungan utama digital marketing adalah pelanggan yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang hemat biaya dan terukur. Keuntungan lainnya termasuk meningkatkan loyalitas merek dan mendorong penjualan online. Walau usaha Anda offline, promosi secara online tetap penting dilakukan untuk menggaet pelanggan.


10. Bangun website yang menarik

UMKM online indonesia

Cara untuk menghadapi persaingan usaha yang tak kalah penting di era digital adalah dengan membuat website. Website yang dirancang dengan baik, ramah pengguna, memberikan konten informatif, dan berkualitas sangat membantu dalam membangun kepercayaan pelanggan.

Pastikan juga website Anda memiliki konten yang menarik. Tanpa konten, website tidak lebih dari sebuah iklan. Hal ini tentu saja bukan merupakan strategi promosi online yang efektif. Tujuan utama website haruslah menciptakan sumber daya online bagi audiens sehingga tidak hanya menarik pelanggan, tapi juga memberikan apa yang dibutuhkan oleh mereka.

Baca juga: 7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan


Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha: Manfaatkan Perkembangan Digital 

5 Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha

Satu cara lain yang tak boleh ketinggalan adalah mengikuti tren teknologi digital. Bagaimana pun, cara-cara untuk menghadapi persaingan usaha tadi tetap perlu dilengkapi dengan cara pamungkas ini. Ingat, usaha Anda bisa melesat sukses jika Anda bisa memanfaatkan teknologi terkini.

Salah satu inovasi teknologi bisnis yang perlu Anda coba adalah dengan memaksimalkan pembayaran nontunai di outlet Anda.

Pastikan Anda menawarkan opsi pembayaran aman, mudah, dan nyaman dengan GoPay yang akan memudahkan operasional bisnis Anda, transaksi jual-beli pun jadi semakin efisien. Usaha Anda bisa menerima berbagai metode pembayaran terkini. Alhasil, Anda dan pelanggan Anda pun akan sama-sama lebih nyaman. Praktis!

Nah, itulah cara untuk menghadapi persaingan usaha yang bisa Anda ikuti. Lewat penjelasan di atas, manakah yang ingin Anda terapkan terlebih dahulu? Apakah Anda berminat dengan inovasi berupa sebuah perangkat yang mampu menerima berbagai metode pembayaran, dengan ragam kemudahan bersama GoPay?

GoPat akan sangat cocok bagi Anda yang ingin bersaing dengan kompetitor dan mengembangkan usaha ke arah yang lebih baik.

Mau tahu lebih lanjut seputar perangkat canggih ini? Yuk, pelajari di sini atau klik tombol di bawah untuk mencoba ragam promo menarik yang langsung Anda bisa kelola melalui aplikasi GoBiz Anda!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya