GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Segmentasi Pasar: Definisi, Manfaat dan Cara Membuatnya

Segmentasi pasar merupakan salah satu cara yang dapat Anda pergunakan untuk lebih bisa memuaskan target konsumen Anda dengan lebih efisien.

Segmentasi ini tidak hanya berguna untuk memaksimalkan strategi-strategi pemasaran dan komunikasi, tetapi menentukan segmentasi pasar bahkan merupakan strategi awal pada rencana bisnis Anda yang dapat mempengaruhi produk yang akan Anda kembangkan.

Dengan populasi pelanggan yang semakin banyak dan memiliki kebutuhan serta keinginan yang berbeda-beda, membuat adanya segmentasi pasar sangat dibutuhkan.

Tidak ada satupun produk di dunia ini yang diinginkan atau dibutuhkan seluruh populasi masyarakat. Segmentasi pelanggan ini akan membuat Anda menjadi lebih fokus pada kelompok masyarakat yang berpotensi untuk menjadi pelanggan Anda, dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan Anda secara lebih signifikan.

Apa itu segmentasi pasar?

Segmentasi pasar adalah proses pengelompokkan target pelanggan Anda menjadi kelompok-kelompok segmentasi berbeda dengan faktor pengelompokkan tertentu. Pelanggan-pelanggan yang memiliki karakteristik-karakteristik tertentu akan berada dalam satu kelompok.

Mengapa Anda perlu menentukan segmentasi bagi pasar Anda?

Dengan adanya segmentasi, Anda akan dapat lebih mengenal target konsumen Anda. Karena Anda lebih mengenal pasar Anda, Anda dapat secara lebih fokus merancang strategi pemasaran (termasuk menentukan channel komunikasinya) yang sesuai dengan segmentasinya.

Anda dapat lebih mempersonalisasi usaha pemasaran agar lebih sesuai dengan masing-masing segmentasi. Segmentasi pasar juga dapat memecahkan satu masalah utama dalam pemasaran, yaitu untuk menciptakan lebih banyak konversi.

Lebih banyak konversi dimungkinkan melalui kampanye pemasaran yang dipersonalisasi yang mengharuskan pemasar untuk mensegmentasi pasar dan menyusun strategi produk dan komunikasi yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan segmen.

Konversi pada dasarnya adalah ketika audience pemasaran Anda melakukan sesuatu sesuai call-to-action yang Anda tawarkan. Contohnya, Anda mengirimkan e-mail newsletter pada pelanggan.

Ketika pelanggan membuka e-mail tersebut, itu sudah termasuk bentuk dari konversi. Dan pastinya, pembelian produk Anda merupakan bentuk konversi yang paling utama.

Dengan adanya segmentasi pasar, lebih banyak konversi dimungkinkan melalui kampanye pemasaran yang dipersonalisasi sehingga penyusunan strategi produk dan komunikasinya bisa menjadi lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing segmen.

4 Cara Menentukan Segmentasi Pasar untuk Bisnis Anda

Tentunya, Anda tidak bisa mengelompokkan pelanggan Anda tanpa basis yang jelas. Strategi segmentasi pelanggan ini dibagi menjadi empat (4). Berikut penjelasannya:

1. Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis merupakan salah satu strategi segmentasi yang paling sederhana dan banyak digunakan. Kebanyakan dari perusahaan biasanya menggunakan segmentasi tipe ini untuk menentukan pengguna yang tepat bagi produk mereka. Dengan segmentasi demografis, Anda dapat mengelompokkan para target pelanggan Anda, berdasarkan:

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya