GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional? Terbuka Lebar!

Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional? Terbuka Lebar! – Bagi Anda yang tengah merintis usaha di Tanah Air, mungkin bertanya-tanya tentang hal ini. Bagaimana caranya agar bisa menembus pasar internasional?

Sebenarnya, ada potensi yang cukup besar dan terbuka lebar bagi produk masyarakat Indonesia untuk menembus pasar internasional. Yuk, simak informasi tentang tips yang bisa Anda lakukan agar produk jualan dapat menembus pasar internasional berikut!

Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional?

Bagaimana peluang produk masyarakat menembus pasar internasional (3)

Anda yang penasaran tentang bagaimana peluang produk masyarakat menembus pasar internasional harus tahu bahwa peluangnya terbuka lebar. Terhitung bulan Mei 2021, data Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan persentase produk UMKM Indonesia yang diekspor ke luar negeri mencapai 15%, lho

Meskipun masih kalah dibanding Malaysia yang mengekspor produk UMKM hampir sebesar 20% atau Thailand yang mendekati 30%, ada peluang besar bagi Indonesia untuk terus meningkatkan peluang produk lokal menembus pasar internasional.

Peluang besar tersebut berhubungan dengan dukungan yang diberikan oleh pemerintah. Saat ini, dukungan pembiayaan dari pemerintah Indonesia bagi UMKM di Indonesia persentasenya mencapai 19,68 dan diprediksi ke depannya akan semakin besar.

1. Teliti potensi pasar

Untuk menjawab bagaimana peluang produk masyarakat menembus pasar internasional, Anda juga harus teliti potensi pasarnya. Ini bisa dilakukan dengan cara melihat potensi sebuah produk untuk diekspor berdasarkan data transaksi ekspor sebelumnya. 

Dengan memiliki segmentasi pasar dan meneliti potensinya, setidaknya Anda akan mengetahui kemungkinan peluang yang bisa dimanfaatkan.

Cobalah fokus pada potensi pasar internasional yang bisa ditembus produk lokal, seperti usaha pakain, kedai kopi, bahan makanan, dan masih banyak lagi!

Baca juga: 6 Tujuan Segmentasi Pasar agar Strategi Bisnis Tepat Sasaran

2. Belajar tentang regulasi ekspor barang

Selanjutnya, Anda juga perlu belajar tentang regulasi ekspor barang, nih. Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam situsnya menyebutkan bahwa ada 4 tahapan yang harus dilewati bagi pengusaha Indonesia jika hendak melakukan ekspor barang ke luar negeri.

  • Sales contract process adalah proses membuat surat kontrak penjualan antara importir dan eksportir.
  • Letter of Credit (L/C) opening process merupakan penerbitan surat jaminan pembayaran importir terhadap eksportir.
  • Cargo shipment process adalah penerbitan dokumen pengiriman.
  • Shipping document negotiation process merupakan proses pencairan dokumen klaim atas barang yang telah dibayar importir.

Semua regulasi ekspor barang ini saat pertama kali didengar mungkin sulit, tetapi itulah yang harus Anda lakukan untuk menembus pasar internasional.

3. Terus tingkatkan kualitas produk

Anda juga harus terus meningkatkan kualitas produk yang hendak dijual ke mancanegara. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas produk ekspor.

Pertama-tama, pastikan Anda menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen dengan cara selalu mendengarkan pendapat konsumen tentang produk-produk yang dibeli. 

Selanjutnya, penting juga untuk rutin melakukan evaluasi kerja guna memperbesar peluang Anda untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan kinerja perusahaan ekspor yang dijalani.

Contoh, Anda bisa melakukan diskusi mendetail dengan karyawan untuk menemukan cara terbaik meningkatkan kualitas barang yang diekspor.

Baca juga: Apa Arti Repeat Order dan Tips Jitu Meningkatkannya

4. Buat situs resmi dan lakukan promosi online

Pembahasan tentang bagaimana peluang produk masyarakat menembus pasar internasional juga tidak bisa lepas dari tips memaksimalkan proses ekspor, salah satunya membuat situs resmi dan melakukan promosi online.

Salah satu manfaat membuat situs resmi adalah meningkatkan kredibilitas usaha sehingga calon pelanggan lebih gampang untuk menaruh kepercayaan.

Anda juga bisa meningkatnya jumlah penjualan produk Anda lewat promosi online. Promosi online berguna memudahkan Anda dalam mencari konsumen dan memberikan informasi yang menarik bagi calon konsumen agar tertarik untuk membeli produk Anda.

5. Gabung ke komunitas bisnis

Terakhir, penting bagi Anda untuk bergabung ke komunitas bisnis. Ini berguna agar Anda bisa mendapatkan insight atau wawasan baru. Di komunitas bisnis yang Anda ikuti, mungkin ada yang sudah berhasil go international sehingga Anda bisa memperoleh tips yang bisa diterapkan untuk usaha ekspor Anda.

Membangun koneksi dengan pengusaha lain juga krusial dalam membuat jalan go international lebih mulus!

Nah, bagi Anda yang menjalani usaha kuliner, jangan lupa daftar KOMPAG dan berjejaring bersama para pemilik usaha lainnya, yuk! Namun, pastikan dulu Anda sudah terdaftar sebagai Partner GoFood dengan daftar GoBiz terlebih dahulu.

Jika sudah bergabung, ada beragam layanan yang bisa Anda manfaatkan juga, salah satunya adalah GoBiz PLUS, perangkat kasir yang akan membantu kelancaran operasional usaha Anda. Dengan GoBiz PLUS, Anda bisa mencatat dan menerima pembayaran nontunai (seperti GoPay/QRIS, serta kartu debit dan kredit), hingga cetak struk secara instan!

Itu tadi informasi tentang bagaimana peluang produk masyarakat menembus pasar internasional yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat menerapkannya dalam bisnis, ya!

Daftar-Komunitas-Partner-GoFood-KOMPAG-1

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya