GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Komponen Wajib untuk Cetak Struk Kasir

5 Komponen Wajib untuk Cetak Struk Kasir – Keberadaan struk kasir saat ini menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pasalnya struk belanja tersebut dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan daya saing, sehingga tidak kalah dengan bisnis yang dijalankan perusahaan besar. 

Perlu diingat pula, struk belanja pun bisa menjadi penilaian tingkat profesionalitas usaha Anda. Apalagi, pelanggan sering menggunakan struk kasir untuk menilai tingkat kejujuran pelaku usaha.

Dengan adanya cetak struk kasir, pelanggan dapat mengecek apakah pemilik usaha mencantumkan harga yang sesuai atau tidak. Selain itu, struk dapat pula mereka manfaatkan sebagai acuan harga saat belanja. 


5 Komponen Penting yang Harus Tercantum ketika Cetak Struk Kasir

cetak struk kasir

Dalam menyusun struk, Anda perlu memperhatikan informasi yang harus ada di dalamnya. Setidaknya, ada 5 komponen penting yang harus tercantum ketika Anda ingin cetak struk kasir, yaitu: 

1. Informasi Usaha

Informasi pertama yang perlu Anda cantumkan dalam struk kasir adalah informasi usaha Anda. Anda dapat menempatkan informasi ini di bagian paling atas struk. Di situ, Anda tidak hanya perlu menampilkan nama usaha dan logo, melainkan cantumkan pula informasi tentang alamat, nomor telepon, email, atau pun website

Keberadaan informasi usaha dalam sebuah struk memiliki fungsi yang sangat penting. Informasi ini merupakan identitas usaha yang tengah Anda jalankan. Dengan mencantumkannya di struk, Anda dapat memperkenalkan usaha Anda kepada para pelanggan. 

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Penyebab Usaha Sepi dan Cara Mengatasinya

Memuat informasi usaha pada struk juga merupakan salah satu strategi pemasaran yang baik. Dengan informasi ini, pelanggan bisa dengan mudah mencari tahu usaha Anda. Pelanggan juga bisa melacak riwayat pengeluarannya.

Kemudian, ketika pelanggan memiliki keluhan terkait pelayanan atau produk dari usaha Anda, mereka pun bisa menghubungi kontak yang tercantum pada struk.

2. Detail Transaksi

Setelah mencantumkan informasi usaha, Anda juga perlu memasukkan informasi tentang detail transaksi. Info detail transaksi yang perlu diperhatikan ketika mencetak struk kasir mencakup beberapa data, termasuk tanggal dan jam transaksi, nomor struk, dan bahkan nama pegawai yang bertugas.

Pemuatan informasi tentang tanggal dan jam transaksi juga dapat memudahkan Anda dalam melaksanakan pencatatan penjualan. Demikian pula dengan pencantuman nomor struk. Sementara itu, penulisan nama petugas akan berkaitan erat dengan upaya Anda dalam mengontrol kualitas pelayanan kepada pelanggan. 

Tidak menutup kemungkinan ada pelanggan yang mengajukan keluhan setelah membeli produk tertentu di tempat Anda. Ketika memperoleh keluhan tersebut, Anda bisa segera mengetahui karyawan yang bertugas saat melakukan pelayanan. Dari situ, Anda dapat melakukan tindakan lebih lanjut secara lebih mudah.

3. Daftar Pembelian

Data selanjutnya yang harus dimuat ketika cetak struk kasir adalah daftar pembelian pelanggan. Anda perlu mencantumkan informasi ini secara detail dan lengkap. Cantumkan informasi produk yang dibeli, jumlah produk, harga satuan, serta harga total barang belanjaan. 

Pada kasus tertentu, Anda mungkin melakukan promosi produk tertentu dengan cara memberikan harga diskon. Nah, struk yang Anda buat harus mencantumkan diskon. Tak ketinggalan, cantumkan pula informasi terkait pajak.

4. Detail Pembayaran

Dalam sebuah struk kasir, Anda juga perlu mencantumkan detail pembayaran oleh pelanggan. Di sini, ada beberapa informasi yang bisa Anda masukkan, di antaranya adalah: 

  • Metode Pembayaran. Di dalam struk yang Anda cetak, cantumkan metode pembayaran yang digunakan pelanggan saat melakukan transaksi. Apakah mereka membayar dengan uang tunai, e-money, kartu kredit, atau kartu debit?
  • Uang Kembalian. Informasi ini hanya perlu Anda muat dalam struk kasir saat pelanggan membayar secara tunai.

5. Informasi Tambahan

Hal yang tak kalah penting dan perlu Anda cantumkan pada struk kasir adalah informasi tambahan. Informasi tambahan ini bisa bebas Anda tentukan sendiri sesuai kebutuhan.

Misal, Anda bisa mencantumkan password WiFi, terutama bila Anda merupakan pelaku usaha kuliner dan pelanggan Anda rata-rata membutuhkan koneksi WiFi.

Lalu, Anda bisa pula memilih mencantumkan ucapan terima kasih, layanan pelanggan, atau lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan struk sebagai salah satu strategi pemasaran, seperti mencantumkan promo khusus untuk pemegang struk.


Solusi Cetak Struk Kasir dengan Praktis dan Mudah

cetak struk kasir

Dulu, struk hanya bisa didapatkan pelanggan saat belanja di supermarket atau toko besar. Namun, situasinya kini sudah berubah.

Kecanggihan teknologi kini sudah memungkinkan pelaku UMKM untuk memperoleh manfaat dari pemakaian struk dalam meningkatkan kenyamanan belanja para pelanggan.  

Berkaitan dengan hal ini, salah satu solusi praktis dan murah yang bisa Anda manfaatkan sebagai pelaku usaha adalah dengan menggunakan GoBiz PLUS. Apa itu?

Nah, GoBiz PLUS merupakan layanan tambahan yang ditujukan untuk Mitra Usaha Gojek.  Begini penjelasannya.

Baca juga: Hindari 5 Hal Ini Agar Anggaran Usaha Tidak Membengkak


GoBiz PLUS dan Perangkat untuk Cetak Struk Kasir

Aplikasi Kasir Online - aplikasi kasir gratis - gobiz plus - cetak struk kasir

Saat bergabung sebagai Mitra Usaha Gojek, Anda bisa menggunakan fasilitas aplikasi GoBiz. Kegunaan GoBiz sangat banyak, di antaranya bisa Anda pakai untuk melakukan pencatatan transaksi, mendatangkan pelanggan, dan sarana pembayaran nontunai. 

Berbeda dengan GoBiz, penggunaan GoBiz PLUS disertai dengan adanya perangkat tambahan. Perangkat ini akan Anda peroleh saat melakukan pendaftaran. Fungsinya, untuk membantu Anda mencetak struk kasir secara instan. 

Perangkat GoBiz PLUS mempunyai ukuran mungil. Namun demikian, fitur yang ada di dalamnya cukup lengkap, termasuk built-in printer. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan perangkat ini untuk mencetak struk kasir tanpa harus membeli mesin tambahan. 

Tidak hanya itu. Penggunaan GoBiz PLUS ikut memberi kemudahan dalam melayani pembayaran pelanggan. Alasannya, karena perangkat GoBiz PLUS dapat Anda pakai untuk memproses pembayaran menggunakan kartu kredit atau pun debit. 

Pemakaian layanan GoBiz PLUS relatif jauh lebih hemat dibanding memakai mesin kasir. Pengoperasian GoBiz PLUS juga bisa Anda lakukan cukup dengan ponsel Android. Selain itu, layanan GoBiz PLUS dapat Anda manfaatkan tanpa harus terkoneksi dengan internet. 

Sampai di sini, Anda jadi tahu kalau pakai GoBiz PLUS itu sangat menguntungkan, bukan? Tertarik untuk mencobanya langsung?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya