GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Apa Arti Repeat Order dan Tips Jitu Meningkatkannya

Apa Arti Repeat Order dan Tips Jitu Meningkatkannya – Kalau dilihat secara harfiah, arti repeat order berarti pemesanan kembali. Nah, jadi apa pentingnya repeat order dalam usaha Anda sebenarnya? Lalu, bagaimana cara menerapkannya agar membantu usaha jadi lebih lancar dan lebih menguntungkan? Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Arti Repeat Order?

6 Contoh Packaging Makanan yang Ramah Lingkungan - food paper bag

Seperti namanya, repeat order merujuk pada perilaku konsumen yang kembali melakukan transaksi pembelian untuk produk atau berbelanja di tempat yang sama.

Ada banyak alasan mengapa seorang konsumen melakukan repeat order. Salah satunya tentu saja karena produk yang dibeli dirasa berkualitas dan memiliki value yang dibutuhkan oleh pembeli.

Selain alasan tersebut, sebenarnya masih ada beberapa alasan lainnya. Termasuk pelayanan yang baik, sampai layanan berbelanja yang serba memudahkan pembeli. Nilai-nilai tambah pada usaha ini bisa mendatangkan konsumen yang berubah menjadi pelanggan tetap.


Kelebihan Repeat Order untuk Usaha

Contoh Packaging Makanan yang Ramah Lingkungan - paper cup - Arti Repeat Order

Menargetkan repeat order pada usaha Anda bisa mendatangkan banyak manfaat. Manfaat pertama yang paling terasa adalah dapat memangkas biaya pemasaran.

Pada dasarnya, upaya pemasaran dilakukan untuk menargetkan konsumen-konsumen baru. Saat Anda sudah mendapat konsumen yang secara konsisten melakukan repeat order, biaya pemasaran bisa ditekan lebih banyak karena penjualan sudah meningkat dengan adanya pemesanan berulang.

Dengan begini bisa dikatakan arti repeat order juga bisa dikaitkan dengan upaya menghemat biaya operasional. Apalagi jika usaha Anda mengeluarkan biaya untuk menemukan konsumen baru selain biaya pemasaran.

Selain itu, berfokus untuk mencapai repeat order juga dapat membantu Anda menciptakan kelompok konsumen yang loyal pada produk atau brand Anda.


5 Tips Meningkatkan Repeat Order

seorang pelanggan mengambil kopi di cafe (1) - tujuan segmentasi pasar

Sekarang, bagaimana caranya untuk meningkat repeat order itu sendiri? Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

1. Pelayanan ramah jadi nomor satu

Terlepas dari produk berkualitas, cara Anda merepresentasikan kualitas dalam pelayanan toko itu juga penting. Komunikasi dengan pembeli itu penting, tetapi harus ramah dan saling menghargai, ya.

Saat menghadapi konsumen yang bertanya, Anda harus bersabar dan telaten untuk menjelaskan jawaban dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Begitu juga jika sedang menghadapi konsumen yang komplain. Berikan perhatian ekstra dan berusaha mencari solusi terbaik bagi konsumen dan juga usaha Anda. Minta maaf dengan tulus dan coba tawarkan beberapa opsi solusi yang dirasa sesuai.

2. Rajin buat promo menarik

Arti repeat order lainnya adalah mendatangkan keuntungan ekstra bagi usaha Anda. Salah satu caranya adalah dengan memberikan tawaran promosi. Ada banyak promosi usaha yang bisa dilakukan. Misalnya, memberi diskon bagi konsumen yang sudah sering meningkatkan repeat order. Ini akan meningkatkan loyalitas konsumen pada produk.

Cara lainnya juga bisa dilakukan dengan menerapkan penawaran buy one get one. Memberi voucher bebas ongkir untuk pemesanan luar kota juga bisa Anda lakukan. Promo seperti ini dapat menggugah selera membeli lagi dan lagi.

3. Buat kemasan produk yang ciamik

Tidak sedikit usaha yang memperhatikan kemasan produk mereka secara ekstra sekarang. Apalagi jika bisa menciptakan desain kemasan yang multifungsi. Tentunya akan menjadi nilai tambah bagi produk yang dikemas itu sendiri.

Contohnya seperti kemasan jam tangan yang kotaknya bisa difungsikan menjadi celengan koin, kemasa botol minuman yang bisa didaur ulang untuk tempat sabun, dan sebagainya. Ide serupa juga bisa Anda terapkan untuk menarik lebih banyak repeat order.

4. Optimalkan konten di media sosial

Konten-konten media sosial Anda juga bisa dioptimalkan untuk tujuan repeat order. Sesederhana me-repost unggahan konsumen tentang produk Anda misalnya.

Tidak hanya menjadikan media sosial usaha Anda jadi lebih dekat dengan konsumen, tetapi juga bisa memicu konsumen yang sama untuk berbelanja lagi di tempat Anda sekaligus menggaet lebih banyak konsumen baru karena testimoni dari konsumen yang sudah pernah mencoba produk tersebut.

5. Pastikan barang terkirim tepat waktu

Terakhir, salah satu layanan yang bisa membuat lebih banyak konsumen melakukan repeat order adalah memperhatikan proses pengemasan dan pengiriman barang. Pastikan barang dikemas dengan aman dan rapi. Lalu, pilih ekspedisi yang profesional dan tepat waktu dalam mengirim barang. Dengan begini, konsumen tidak akan segan untuk berbelanja kembali.

Itu dia beberapa cara untuk mendapat repeat order lebih banyak. Cara-cara ini bisa Anda terapkan pada usaha Anda. Hal yang sama juga dapat diterapkan untuk bisnis makanan Anda, lho! Agar semakin banyak pelanggan yang repeat order, jangan lupa untuk daftar GoFood, manfaatkan semua fiturnya, dan buat promo menarik untuk para pelanggan, ya!

Selamat mencoba!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya