GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Segarnya Usaha Salad Buah Cup dengan Modal 1,5 Juta Saja

Banyak orang ingin memiliki usaha sendiri. Beberapa dari mereka, atau bahkan Anda juga, ingin memulai usaha yang sederhana, mudah dalam operasionalnya, sekaligus juga menguntungkan.

Namun terkadang, saat akan memulai, beberapa dari Anda masih saja kebingungan akan melakukan usaha apa lebih tepatnya. Salah satu jenis usaha yang akan diulas pada artikel ini akan memberikan Anda ide serta benar-benar bisa membuat Anda akhirnya memiliki usaha sendiri.

Ya, usaha salad buah cup adalah salah satunya. Berbeda dengan beberapa usaha makanan ringan yang lain, memiliki usaha salad buah ini bisa jadi lebih unik dan menguntungkan.

Selain Anda menyajikan olahan makanan ringan, di sisi lain makanan yang Anda jual ini juga memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi para calon pembeli di luar sana.

Kenapa salad buah banyak diminati?

Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan kini cukup tinggi, termasuk dari pola makan juga. Sudah semakin banyak yang mulai tertarik untuk mengonsumsi salad buah, terlebih jika bisa disajikan dengan topping lezat dan desain kemasan yang menarik.

Selain itu pada dasarnya buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan menggunakan buah-buah pilihan yang punya berbagai macam vitamin dan bergizi bagi tubuh, cemilan sehat ini harus diakui memang memiliki daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang.

Apa saja buah yang cocok untuk salad?

Satu fakta yang Anda harus ketahui, bahwasannya tidak semua buah bisa dijadikan bahan utama untuk membuat salad. Berikut ini adalah beberapa jenis buah yang dapat Anda gunakan sebagai bahan. Buah-buahan ini memiliki manfaat dan nutrisi yang saling melengkapi satu sama lain, sehingga cocok dikombinasikan sebagai salad buah cup.

1. Strawberry

Ada buah strawberry yang kaya dengan vitamin C serta antioksidan, bagus untuk kulit dan kesehatan tubuh. Semangka dengan kandungan airnya yang sangat banyak dapat memberi tubuh hidrasi yang cukup, belum lagi rasanya yang menyegarkan. 

2. Pir

Ada juga buah pir yang memiliki banyak kandungan serat serta anthocyanin yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker. Lalu, buah yang memiliki tekstur mirip dengan buah pir seperti buah apel juga bisa ditambahkan ke dalam salad ini yang penuh kandungan antioksidan yang tinggi.

3. Jeruk & Kiwi

Selain itu, ada juga jeruk dengan kandungan vitamin C yang kaya serta buah kiwi dengan kandungan mineral dan ragam vitamin seperti vitamin A, B6, B12, hingga vitamin E. Pepaya juga bisa disertakan dalam mengolah salad karena manfaatnya yang baik bagi proses pencernaan. 

4. Melon

Potongan-potongan melon juga dapat Anda tambahkan karena manfaat kalium serta seratnya yang baik untuk mengurangi risiko akibat tekanan darah tinggi.

Dua buah lainnya yang juga cocok ditambahkan adalah anggur dengan antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan mangga yang juga mengandung antioksidan serta vitamin A, C, serta E.

Modal awal & keuntungan usaha salad buah cup

Setelah memahami manfaat kesehatan yang jadi daya tarik utama usaha salad buah cup ini, berikutnya yang harus Anda siapkan adalah mempelajari serta memahami ulasan mengenai estimasi modal awal serta keuntungan dari usaha yang satu ini.

Estimasi modal di sini adalah perkiraan besaran modal awal yang harus disiapkan agar usaha salad buah cup Anda dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan profit. Berikut ulasannya.

Barang yang dibutuhkanBanyaknyaEstimasi harga
Alat-alat
Cup salad (ukuran 650 ml)100 pcsRp 200.000,-
Sendok plastik 100 pcsRp 20.000,-
Wadah penyimpan makanan 5 pcsRp 125.000,-
Loyang2 pcsRp 40.000,-
Talenan1 buahRp 15.000,-
Pisau2 buahRp 30.000,-
Bahan-bahan salad
Susu kental manis2 kalengRp 20.000,-
Plain yoghurt (ukuran 1000 ml)1 botolRp 40.000,-
Keju (sebanyak 2 kg)1 paketRp 165.000,-
Agar-agar sachet12 sachetRp 40.000,-
Saus mustard (ukuran 255 gr)2 botolRp 64.000,-
Minyak zaitun (ukuran 500 ml)1 botolRp 95.000,-
Telur (sebanyak 1 kg)2 kgRp 48.000,-
Jeruk nipis (sebanyak 500 gr)1 bungkusRp 15.000,-
Buah strawberry2 kgRp 60.000,-
Buah semangka10 kgRp 50.000,-
Buah pir2 kgRp 50.000,-
Buah apel2 kgRp 50.000,-
Buah jeruk2 kgRp 40.000,-
Buah kiwi2 kgRp 100.000,-
Buah pepaya10 kgRp 50.000,-
Buah melon10 kgRp 50.000,-
Buah anggur1 kgRp 60.000,-
Buah mangga2 kgRp 70.000,-
Total Estimasi Modal Rp 1.497.000,-

Dari perhitungan sederhana di atas, Anda sudah dapat memulai usaha ini dengan menyiapkan modal yang dapat dibilang kecil, yakni Rp 1.497.000,-. Dengan belanja kurang dari dua juta rupiah, Anda dapat menjual 100 salad buah cup. 

Mengingat buah-buahan yang Anda pakai ini adalah buah-buahan pilihan, Anda dapat menarik minat banyak orang dengan cepat saat memulai usaha salad buah cup ini. Mari kita coba hitung estimasi keuntungan yang bisa diraup dengan modal sekian.

Harga salad per cupTarget jual per bulanTotal pemasukan
Rp 25.000,-100 pcsRp 2.500.000,-
Estimasi modal awal
Rp 1.497.000,-
Keuntungan bersihRp 1.003.000,-

Dengan begini, jelas bahwa usaha salad buah cup yang nantinya Anda jalankan ini dapat mencapai untung hampir 100% dari modal awal yang dikeluarkan. Selama target penjualan sebulan sebanyak 100 cup dapat terpenuhi, Anda akan meraup untung sebesar Rp 1 juta setiap bulannya. 

Cara membuat salad buah cup

Berdasarkan tabel estimasi modal yang dibutuhkan untuk membuat salad buah cup, ada 10 jenis buah yang perlu disiapkan. Namun, saat diolah menjadi salad, Anda tidak perlu mencampurkan semua jenis buah jadi satu. Cukup olah 4-5 jenis buah dalam satu porsi salad yang Anda punya. Berikut cara membuatnya yang dapat Anda coba terlebih dahulu.

Bahan-bahan salad buah:

  • Buah-buahan segar
  • Susu kental manis
  • Plain yoghurt
  • Keju parut
  • Agar-agar
  • Saus mustard
  • Minyak zaitun
  • Kuning telur
  • Air perasan jeruk nipis
  • Garam

Alat-alat yang dibutuhkan:

  • Loyang
  • Pisau
  • Wadah makanan
  • Talenan

Cara membuat:

  1. Pertama yang harus dibuat adalah saus mayonnaise. Siapkan wadah, lalu masukkan kuning telur serta saus mustard. Kocok campuran ini dengan mixer berkecepatan rendah.
  2. Tambahkan garam secukupnya, lalu kocok lagi sambil perlahan-lahan tuangkan minyak zaitun.
  3. Begitu campuran sudah mengental, tuang air perasan jeruk nipis, lalu mixer lagi sebentar. Setelah selesai tiriskan saus mayonaise.
  4. Berikutnya, cuci bersih buah, lalu potong dengan ukuran dadu kecil-kecil. Tiriskan ke dalam loyang.
  5. Tuang campuran saus mayonaise yang tadi sudah dibuat, tambahkan juga plain yoghurt, serta susu kental manis. Aduk pelan agar buah tidak hancur, hingga semua buah dan saus tercampur merata.
  6. Tambahkan sedikit potongan agar-agar ke dalamnya. Parut keju di atas salad buah yang sudah siap.

Perlu diingat, agar salad buah cup yang Anda sajikan tetap segar saat akhirnya disantap oleh para pelanggan, pastikan semua bahan disimpan di kulkas. Untuk buah-buahan yang sudah dikupas dan dipotong, simpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Campurkan saus mayonaise dengan buah dan parutan keju saat Anda mendapatkan pesanan atau saat ada yang akan membeli. Hal ini untuk menjaga keju serta campuran mayonaise tidak membuat rasa segar buah hilang dengan cepat.

Tips-tips sederhana agar salad buah cup laris manis

Sebagai penutup dari ulasan seputar memulai usaha salad buah ini, ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan agar salad buah cup yang Anda jual semakin laris manis. 

Tips-tips ini dapat membantu mempermudah Anda, baik secara operasional maupun secara pemasaran yang akan segera Anda mulai.

1. Media sosial untuk pemasaran

Pertama, manfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha salad buah cup yang Anda rintis. Beritahu para followers dan teman-teman Anda bahwa buah-buahan yang dipakai pada menu salad Anda bergizi dan berkualitas. 

Ambil juga foto salad buatan Anda yang terbaik untuk diunggah di laman media sosial. Gunakan deskripsi yang jelas pada caption di media sosial Anda, termasuk harga dan cara pemesanannya.

2. Cari supplier buah yang berkualitas

Buah merupakan produk dengan masa kadaluarsa yang bisa dibilang cukup singkat, maka untuk mendukung usaha Anda pilihlah supplier yang profesional untuk usaha Anda. Pastikan Anda selalu mendapatkan pasokan buah segar tepat waktu, dan jika bisa dengan harga yang murah juga. Anda bisa mulai mencari pemasok buah dengan mencari di internet, atau mengunjungi pasar induk dan berbicara langsung dengan pemasoknya.

3. Gunakan aplikasi pesan antar makanan

Ketiga, permudah pembeli untuk dapat memesan salad buah buatan Anda. Salah satu caranya adalah dengan bermitra dengan aplikasi pesan antar seperti GoFood. Pada saat-saat spesial tertentu, jangan ragu untuk memberikan promosi potongan harga pada setiap pesanan yang dipesan melalui GoFood. Dengan adanya potongan harga, semakin banyak pelanggan lain yang tertarik untuk mencoba produk Anda.

4. Manfaatkan teknologi untuk operasional

Keempat, lengkapi usaha yang Anda mulai ini dengan aplikasi yang serbaguna seperti GoBiz. Aplikasi yang satu ini dapat membantu Anda melakukan pemesanan secara online seperti GoFood tadi serta melakukan pembayaran dengan sistem non-tunai.

Karena dengan GoBiz, Anda dapat menerima pesanan salad buah cup dari GoFood dengan lebih efisien dan efektif. Anda juga dapat mencetak resi penjualan dengan sangat mudah menggunakan perangkat tambahan.

Sampai di sini, seharusnya Anda tidak lagi bingung perihal jenis usaha apa yang dapat dilakukan dengan nyaman dari rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat termasuk operasional sehari-harinya yang tidak begitu sulit, tentunya usaha salad buah bisa Anda pertimbangkan. Ditambah lagi untung yang bisa Anda raup juga cukup besar. Selamat mencoba!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Modal Usaha adalah Fondasi Awal Bisnis. Ini 8 Cara Mendapatkannya

Mendapatkan modal usaha adalah hal penting bagi calon pengusaha. Di tengah keadaan selengkapnya

Indikator Kepuasan Pelanggan, Ada 5 Hal yang Perlu Diketahui

Indikator kepuasan pelanggan adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui puas atau selengkapnya