GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

15 Jenis Usaha yang Berpeluang & Laris

Menjadi pengusaha sukses di usia muda mungkin banyak diimpikan oleh sebagian besar orang. Apakah Anda salah satunya? Masih bingung jenis usaha apa yang akan ditekuni? Berikut beberapa inspirasi usaha yang berpeluang menjanjikan dan selalu laris manis di pasaran. Penasaran apa saja? Yuk, simak dan catat baik-baik!

15 Jenis Usaha yang Berpeluang & Laris

1. Warung kopi

Aktivitas ngopi sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tidak heran kalau warung kopi bisa memberikan peluang usaha yang menjanjikan untuk Anda. Ingin membuka usaha warung kopi? Pastikan Anda memilih lokasi strategis yang terletak di area kampus atau dekat jalan besar. Dengan begitu, warung kopi Anda lebih mudah dikunjungi oleh pelanggan.

2. Toko kelontong

Di tengah persaingan minimarket dan supermarket yang ada di sekitar Anda, ternyata toko kelontong masih bisa bertahan membuktikan eksistensi dirinya. Belum terlambat jika memang Anda ingin membuka toko kelontong di teras rumah. Sediakan kebutuhan pokok yang umum dicari oleh pelanggan, seperti sembako, sabun mandi, pasta gigi, deterjen dan sebagainya.

3. Jasa cuci mobil atau motor

Jumlah pemilik kendaraan bermotor yang terus meningkat, terutama di kota-kota besar, membuat peluang usaha jasa cuci mobil atau motor yang cukup menjanjikan. Untuk memulai jenis usaha di bidang jasa ini bahkan modal yang Anda butuhkan relatif terjangkau. Peralatan yang dibutuhkan juga terbilang cukup sederhana. Mulai dari pompa air, kain lap, sabun khusus untuk bodi kendaraan bermotor, dan vacuum cleaner.

4. Les privat

Pendidikan sudah tentu menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Oleh karena itu, membuka usaha di bidang ini bisa memberikan peluang kesuksesan. Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan yaitu menyediakan jasa les privat untuk anak-anak dari berbagai jenjang pendidikan. Mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA.

5. Katering rumahan

Anda hobi memasak? Bergelut di bidang kuliner tentu menjadi jawaban tepat untuk jenis usaha yang dapat Anda geluti. Mulailah dari katering berskala kecil yang melayani menu makanan untuk rumah tangga maupun kantor-kantor. Apabila usaha katering ini sudah berkembang pesat, Anda bisa menawarkan katering untuk acara penting, seperti pesta pernikahan, ulang tahun, dan sebagainya.

6. Laundry

Sebenarnya jenis usaha yang satu ini sudah semakin menjamur, terlebih di kawasan dekat area perkantoran atau kampus. Hal ini dikarenakan usaha laundry terbilang cukup mudah dilakukan oleh pengusaha pemula sekali pun.

Namun, persaingan yang cukup ketat membuat Anda harus pandai-pandai mencari celah demi memenangkan pasar. Misalnya dengan menetapkan tarif yang bersaing maupun fasilitas layanan lebih baik.

7. Salon kecantikan

Memiliki keahlian dan pengetahuan yang cukup di bidang kecantikan, dapat Anda manfaatkan untuk memulai jenis usaha yang satu ini. Terlebih peminat jasa salon kecantikan masih cukup tinggi. Manfaatkan media sosial untuk memperkenalkan dan mempromosikan  salon kecantikan ini kepada masyarakat secara meluas.

8. Apotek

Melihat fakta kesehatan menjadi perhatian khusus bagi semua orang, maka usaha Apotek tentu bisa berpeluang dan laris. Sediakan jenis obat-obatan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk obat yang harus dibeli dengan menggunakan resep dokter. 

9. Day care

Beberapa ibu rumah tangga memilih untuk berkarier demi membantu ekonomi keluarga dan terpaksa meninggalkan anak-anaknya di rumah. Peluang ini tentu bisa Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya, melalui jasa penitipan anak atau day care. 

10. Pet shop

Belum banyak dilirik padahal jenis usaha pet shop sangat berpeluang dan laris. Toko yang secara khusus menyediakan makanan, perlengkapan, hingga mainan untuk binatang peliharaan ini bisa Anda tekuni dengan baik. Terlebih jika di kota Anda masih jarang ada pet shop. Tentu hal ini menjanjikan keuntungan bagi para pelaku usaha pet shop.

11. Jual – beli kendaraan bekas

Siapa bilang Anda tidak bisa melakoni jenis usaha jual – beli kendaraan bekas dengan modal terbatas? Tentu saja bisa! Salah satu caranya yaitu dengan menawarkan kendaraan bekas yang dijual oleh seseorang.

Anda bisa mendapatkan komisi dari penjualan tersebut, bukan? Jika modal telah terkumpul Anda bisa membeli kendaraan bekas untuk kemudian dijual kembali dengan persentase keuntungan tertentu.

12. Jasa fotografi

Jasa fotografi belakangan semakin memiliki banyak peminat. Tidak hanya untuk mengabadikan momen pernikahan saja. Saat ini banyak sekali momen-momen penting yang membutuhkan jasa fotografer. Termasuk pre-wedding, honeymoon, babymoon, hingga momen kelahiran. Gunakan Instagram sebagai platform online terbaik dalam memamerkan portofolio Anda.

13. Event organizer

Apabila Anda terbilang cukup aktif dan memiliki banyak koneksi vendor, mencoba jenis usaha event organizer tentu berpeluang sukses. Tawarkan jasa event organizer untuk berbagai kebutuhan pelanggan, mulai dari acara pentas seni, konser musik, hingga pesta pernikahan sekali pun.

14. Makeup artist

Tidak semua orang bisa mengaplikasikan makeup dengan baik dan benar. Inilah yang membuat jasa makeup artist sangat dibutuhkan. Jenis usaha yang satu ini umumnya dilakoni oleh wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk pria yang memang memiliki keahlian di bidang tata rias.

15. Dropshipper

Satu lagi jenis usaha yang tidak boleh Anda lewatkan kesempatannya begitu saja, yaitu usaha dropship. Melalui usaha ini Anda bahkan tidak membutuhkan modal yang besar. Pengiriman barang bisa dilakukan secara langsung dari produsen atau vendor ke pelanggan langsung tanpa perantara.

Artinya, Anda tidak perlu susah payah untuk menyediakan stok atau mengirimkannya ke pelanggan.

Jadi, sudahkah Anda menemukan jenis usaha yang tepat untuk ditekuni? Semoga beberapa ide usaha yang sudah disebutkan tadi bisa menginspirasi Anda, ya. Good luck!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya

Lindungi Data Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai di Aplikasi GoBiz versi 3.19

Tahukah Anda? Keamanan data sensitif usaha Anda, seperti total pendapatan, rincian selengkapnya