GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

20 Makanan yang Laris di Bulan Puasa untuk Ide Jualanmu

Mau meraup untuk dari bisnis kuliner? Ketahui dulu ide makanan yang laris di bulan puasa. Ramadan sudah tiba! Saatnya menikmati bulan puasa dengan makanan dan minuman favorit. Pasti Anda dan banyak orang lainnya selalu menanti momen buka puasa sembari memikirkan menu apa yang akan enak nanti, kan?

Terlalu banyak berpikir, akhirnya jadi bingung memilih. Nah, sebetulnya apa makanan dan minuman favorit saat berbuka puasa? Menu apa saja yang sering orang-orang pesan untuk berbuka puasa?

Bagi Anda yang merupakan pemilik usaha kuliner, Anda pun perlu mengenal peluang baik selama Ramadan ini. Yuk, baca dan jadikan informasi soal makanan dan minuman favorit berbuka puasa sebagai referensi untuk menyajikan menu makanan yang laris di bulan puasa.


20 Ide Makanan dan Minuman yang Laris di Bulan Puasa

1. Pizza

Pizza termasuk makanan yang laris di bulan puasa yang menjadi favorit oleh semua orang. Dalam acara makan bareng keluarga, rekan kerja, atau sahabat, pizza menjadi primadona saat berbuka. Saat bingung memilih menu berbuka, pizza selalu jadi pilihan karena rasanya yang enak, mengenyangkan, dan topping yang bisa Anda custom.

Baca juga: 6 Minuman dan Makanan yang Cocok untuk Sahur


2. Pasta

Ringan tapi mengenyangkan. Kira-kira itulah daya tarik pasta. Menu makanan khas Italia ini kerap jadi pilihan bagi mereka yang tidak ingin makan nasi karena takut begah namun masih mau makan kenyang saat berbuka. Variasi pasta juga sangat banyak. Ini bisa Anda jadikan salah satu pilihan menu berbuka di bisnis kuliner Anda.


3. Makanan Ringan

makanan yang laris di bulan puasa

Makanan ringan menjadi pilihan banyak orang yang tidak suka langsung menyantap makanan berat saat berbuka puasa. Anda bisa jual beberapa jenis makanan ringan yang manis-manis. Potensi laris mansinya tinggi karena ada banyak orang yang mencari menu makanan ringan selama Ramadan!


4. Bakmi

Bakmi juga termasuk makanan yang cocok Anda jual saat bulan puasa. Hangatnya semangkuk bakmi dan kuahnya yang nikmat bisa jadi menu berbuka terbaik. Menu makanan ini menyegarkan dan bisa melepas lapar tanpa berlebihan. 


5. Martabak

Anda bisa jual martabak telur atau martabak manis. Menu yang umumnya dijual saat malam hari ini termasuk makanan yang laris di bulan puasa karena bisa jadi kudapan saat berbuka puasa atau setelah tarawih. Anda bisa menjadikan martabak sebagai menu signature usaha kuliner Anda!


6. Air Mineral

Buat yang work from office (WFO) selama Ramadan, air mineral mungkin akan sangat populer. Terjebak macet di perjalanan pulang kantor saat berbuka puasa membuat air mineral banyak dicari. Anda bisa menjual air mineral bersama paket takjil atau dijual terpisah. 

Baca juga: Sediakan 6 Metode Pembayaran yang Digemari Konsumen ini Agar Jualan Laris


7. Brown Sugar Boba

Boba memang tak ada matinya. Minuman kekinian yang manis dan menyegarkan ini paling nikmat saat berbuka. Cocok untuk meredakan dahaga sekaligus rasa lapar! Anda bisa jual minuman populer yang satu ini sebagai menu berbuka.


8. Es Alpukat

makanan yang laris di bulan puasa

Alpukat akhir-akhir ini semakin populer. Es alpukat jadi salah satu menu favorit selama Ramadan untuk berbuka puasa karena enak. Rasanya yang manis dan ringan cocok dijadikan menu pembuka setelah puasa seharian. 


9. Es Kopi Susu

Banyaknya pencinta kopi membuat menu jualan ini bakal laris manis. Es kopi susu termasuk minuman kekinian yang selalu dipesan selama berbuka. Anda bisa jual es kopi susu original, es kopi gula aren, sampai es kopi susu dengan berbagai pilihan topping dan berbagai campuran lainnya.


10. Es cokelat

Buat yang tak suka kopi, biasanya mereka akan beralih ke es cokelat. Minuman ini cukup bervariasi lho, mulai dari ramuan bubuk cokelat asli hingga susu cokelat. Selain segar dan manis, es cokelat juga cocok dijadikan menu berbuka puasa karena bisa membuat tubuh bersemangat setelah lemas seharian puasa.


11. Kurma dan buah-buahan

Kurma adalah makanan khas bulan puasa yang dijamin bakal laris manis. Ada perintah untuk berbuka dengan yang manis, sehingga kurma bisa jadi makanan yang laris di bulan puasa. Selain kurma, Anda juga bisa menjual buah-buahan khas Ramadhan lainnya, seperti blewah yang harum.


12. Cilok

Jajanan yang terbuat dari tepung kanji ini diminati oleh semua kalangan, khususnya selama bulan puasa. Tidak hanya disukai oleh anak-anak, cilok juga jadi favorit orang dewasa. Biar semakin laris, Anda bisa membuat kombinasi saus bumbu kacang yang gurih dan bikin nagih.


13. Jajanan Pasar

Jajanan pasar jadi jenis santapan yang sering kali dicari oleh banyak orang untuk disajikan saat berbuka puasa. Anda bisa jual aneka jajanan seperti makanan ringan, kue tradisional, dan kue jajanan pasar kekinian dengan berbagai macam bentuk dan rasa yang unik. Misalnya klepon, lemper, kue cucur, dan sebagainya.


14. Aneka Gorengan 

Gorengan sudah dikenal sebagai salah satu makanan yang laris di bulan puasa dan pasti akan menghasilkan cuan. Anda bisa jual beragam aneka gorengan, mulai dari tahu isi, pisang goreng, bakwan, dan lain-lain. Agar tak kalah bersaing, Anda bisa bikin saus khusus yang jadi ciri khas usaha gorengan Anda.


15. Kroket Kentang

makanan yang laris di bulan puasa

Hampir semua makanan olahan kentang banyak yang suka karena kentang merupakan salah satu sayuran yang menjadi favorit. Salah satu olahan kentang yang enak dan laris adalah kroket kentang, makanan yang cocok dikonsumsi bersama keluarga tercinta saat buka puasa. 


16. Es dawet dan cendol

Es dawet dan cendol termasuk makanan yang laris di bulan puasa karena enak dan menyegarkan. Jualan ini selalu laris karena banyak yang suka berbuka dengan yang manis-manis.


17. Es pisang hijau

Es pisang hijau adalah hidangan manis dan segar yang cocok jadi ide makanan yang laris di bulan puasa. Salah satu takjil dari olahan pisang ini tidak hanya enak, tapi juga menyehatkan. Pisang punya banyak manfaat, seperti baik untuk kesehatan jantung, kesehatan otot, dan sumber energi.


18. Kolak

Kolak merupakan salah satu menu takjil yang paling favorit untuk hidangan berbuka puasa. Anda bisa jual kolak pisang dengan bahan yang sangatlah sederhana. Selain pisang, mungkin Anda juga bisa menambahkan kolang-kaling di dalamnya.


19. Aneka Es Buah

Aneka es buah bisa menjadi salah satu andalan buat berbuka puasa karena segar dan menyehatkan. Anda bisa jual aneka es buah dengan mencampur berbagai potongan buah seperti semangka, nangka, melon, dan sebagainya. Tidak perlu modal besar, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan dari berjualan es buah.

Baca juga: 7 Jenis Usaha di Bulan Ramadhan yang Mudah Dilakukan


20. Lauk pauk 

Tidak semua orang punya waktu memasak untuk sahur dan berbuka puasa. Itulah mengapa ide menjual lauk pauk untuk buka dan sahur menjadi menarik. Khususnya buat Anda yang suka masak, ide makanan yang laris di bulan puasa ini menarik.


Semua jenis jualan makanan online di atas bisa Anda tambahkan di menu GoFood. Lewat GoFood, Anda bisa lebih mudah mengatur segala transaksi pembelian makanan yang laris di bulan puasa, mengelola layanan pesan antar makanan, pembayaran online, hingga pengaturan promo. Tunggu apa lagi? Mari mulai ambil peluang bisnis makanan dan minuman di bulan puasa bersama GoFood!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Kunci Sukses Jalani Promo di GoFood

Jumlah transaksi di GoFood masih naik turun? Tapi jalani promo rasanya transaksi nggak selengkapnya

Strategi Membuat Halaman GoFood yang Menarik Ala Wakil Ketua KOMPAG Jakarta

Banyaknya kompetitor dengan jenis makanan yang sama menjadi salah satu tantangan selengkapnya